Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Mengenal Geometri Dan Pengukuran Di Kelas IV Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia

Authors

  • Regita Azzahra Gultom Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Dewi Kesuma Nasution Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30837

Keywords:

Penggunaan media pembelajaran Geoboard, Pemahaman siswa, geometri dan pengukuran.

Abstract

Studi ini dimaksudkan untuk melihat dampak pemanfaatan media pembelajaran geoboard terhadap pemahaman siswa dalam mengenal konsep geometri dan pengukuran di kelas IV Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong, Malaysia. Latar belakang penelitian ini adalah terbatasnya variasi Strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru, salah satunya adalah metode ceramah masih mendominasi. Situasi ini mengakibatkan siswa menjadi kurang terlibat secara aktif dan berpengaruh terhadap rendahnya pemahaman terhadap materi Matematika, khususnya geometri dan pengukuran. Studi ini dilakukan memakai pendekatan kuantitatif dengan rancangan one group pretest-posttest, yang melibatkan 15 siswa kelas 4 sebagai peserta penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan berupa 20 soal Matematika, dan setelah uji validitas, sebanyak 14 soal dinyatakan valid. Data dikumpulkan menggunakan metode pretest dan posttest, yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test untuk mengidentifikasi perbedaan hasil belajar sebelum dan setelah perlakuan diberikan. Penelitian ini memberikan indikasi bahwa peningkatan pemahaman siswa yang signifikan terlihat setelah penerapan media Geoboard, dengan nilai signifikansi dua arah sebesar 0,000 (kurang dari 0,05) menandakan efektivitas media tersebut dalam meningkatkan penguasaan materi geometri dan pengukuran secara konkret, visual, dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. D., Dewi, A. P., & Rifqi, M. (2025). Analisis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 397–408. https://doi.org/10.61722/jmia.v2i1.3364.

Andriliani, L., Amaliyah, A., Prikustini, V. P., Daffah, V., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Pada Materi Geometri. Sibatik Journal : Jurnal Ilmiah Bdiang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi Dan Pendidikan, 1(7), 1169–1178. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.138

Anggraini, Kiki. (2023). “Analisis Kemampuan Mengenal Konsep Geometri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Husna Pekanbaru.” Journal Of Social Science Research 3: 8959– 70.

Destri, D., Kesumawati, N., & Dedy, A. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Case (Creative, Active, Systematic, and Effective) Pada Materi Pengukuran Di Kelas Iv Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(2), 107–122. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.11881

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Qiara Media.

Gejard, Gabriella, and Helen Melander. (2020). “Mathematizing in Preschool.” Innovative Approaches in Early Childhood Mathematics, 33–49. https://doi.org/10.4324/97804293312444.

Gaol, L. J. (2022). Pendidikan dan pembangunan karakter bangsa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Harahap, H. E., Magdalena, Suparni, B. E., & Nursyaidah. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas IV-A MIN 1 Padangsidimpuan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 239–248.

Laily, Azizah, Fasli Jalal, and Karnadi Karnadi. (2019.) “Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Semat.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (2): 396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.214.

Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, and Eri Juliawati. (2022). “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3 (2): 167–75. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335.

Pujawati, S., Saleh, Y. T., & Habibie, A. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas V SDN Leuwikidang. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 602–615. https://doi.org/10.57235/hemat.v2i1.5156

Rizki Ananda, V. M., Putri, R. A., , Adrian Rahmadhansyah, L., & Cahyati. (2021). Studi Literatur Kompetensi Sosial Dan Kepribadian Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. 10.

Safrida Napitupulu, A. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas III SD. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2, 103–113. https://doi.org/10.51178/cjerss.v2i4.318.

Sesa, E. L., Victor, T., & Saputro, D. (2025). Implementasi Media Geoboard Di SD : Bagaimana Dampaknya Terhadap Pemahaman Matematis Dan Minat Belajar Siswa. 22, 159–174. https://doi.org/10.63976/jimat.v6i1.821

Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5923.

Solihah, T. H., Mugara, R., & Aprianti, E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pengenalan Bentuk Geometri berbantuan Media Geoboard pada Kelompok B. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(4), 394–399. https://doi.org/10.22460/ceria.v4i4.p%25p

Wartini, Uar, Dewi Siti Aisyah, and Nancy Riana. (2022). “Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Papan Monopoli Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8 (14): 346–54.

Downloads

Published

2025-08-01