PENERAPAN MEDIA KARTU MAJAS TERINTEGRASI DENGAN KUIS JEOPARDY MELALUI MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MAJAS SISWA KELAS V SD ISLAM WALISONGO BRONDONG

Authors

  • Halimatus Halimatus Sakdiyah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia
  • Badri Atul Fikriyah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30836

Keywords:

Learning outcomes, metaphor cards, Jeopardy quiz, TGT, cooperative learning.

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of fifth-grade students at SD Islam Walisongo Brondong in the subject of types of figurative language, namely metaphor, personification, and hyperbole. The main problem faced is the low level of student engagement during the learning process, which has an impact on low learning outcomes. Out of 22 students, only 6 were able to achieve the Learning Objective Achievement Criteria (LOAC) with a minimum score of 75. This study employed a Classroom Action Research (CAR) approach conducted in two cycles through the stages of planning, implementation, observation, and reflection. The research subjects consisted of 22 students, with a composition of 8 female students and 14 male students. The data collection techniques used included tests and observations. The results of the study showed a significant increase in learning outcomes and learning activities. Student learning completeness increased from 59.09% in cycle I to 81.82% in cycle II. Teacher activity, which was initially categorized as “good” with a percentage of 71.87%, increased to 93.75% and was categorized as “very good.” Similarly, student activity increased from 72.40% to 88.96%. These findings demonstrate that the application of metaphor cards combined with Jeopardy quizzes in the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learning model can enhance students' understanding of the material and encourage their active participation in Indonesian language learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fenty Tiara Junika, Siti Dewi Maharani, dan Vinencia Ika Indralin. 2024. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.” Cendekiawan 6(1):72–78. doi: 10.35438/cendekiawan.v6i1.443.

FS Sundari, S. Nurjanah DN Sumirat. 2024. “FEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIKE PADA KETERAMPILAN MENULIS LAGU GUBAHAN MENGGUNAKAN RIMA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV B SD NEGERI BONDONGAN KOTA BOGOR Dede.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 4(1):1–23.

Hakim, A. R., D. Rusidana, A. F. C. Wijaya, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Current English. 2013. “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbasis Permainan Kuis Jeopardy dan Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP.” WePFi 1(3):1–10.

Hamzah, Muhammad Zuhdy, dan Muhamad Alfi Khoiruman. 2021. “PROBLEMATIK PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KAJIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Syntax Transformation 2(6):6.

Kabupaten Aceh Besar Muzkiati, Angan, dan Linda Vitoria. 2024. “Pengaruh Penerapan Media Papan Musi (Multi Fungsi) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi FPB Kelas IV Di SD Negeri Cot.” Februari 9(1):43–55.

KURNIASIH, PURI. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.” SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah 3(2):105–10. doi: 10.51878/secondary.v3i2.2206.

Kusumawati, Eti, Sururudin Muhammad, dan Mijahamuddin Alwi. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD IV Apitaik.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(5):12465–71.

Masita, Kessy, Fahdian Rahmandani, dan Teguh Santosa. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn ) Melalui Model Problem Based Learning ( PBL ).” 8(April):37–45.

Musyaffa, Irsyad Fadhil, Ida Zulaeha, dan Panca Dewi Purwati3 Universitas. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran MABAJEMA: Mari Belajar Jenis Majas Berbasis Model Circ Upaya Peningkatan Pemahaman Materi Majas pada Siswa Kelas V SD Negeri Tambangan 02 Kota Semarang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(4):117–129.

Najikhah, Fatikhatun, Siti Masfuah, Siti Fatimah, Ririn Anggraini, dan Mawar Setyaningsih. 2024. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Peningkatkan Keterampilan Berfikir Siswa Dalam Materi Majas Metafora.” Js (Jurnal Sekolah) 8(2):228. doi: 10.24114/js.v8i2.55100.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., &. Suhayati. 2022. “Efektivitas penggunaan media papan musi (multi fungsi) pada materi KPK dan FPB kelas IV SD.” Jurnal Ilmiah Telaah 7(1):61–65.

Nurhikmawati, Alisya Putri, Iksanti Alfan, dan Etty Ratnawati. 2024. “Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Metode Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” JSPH : Jurnal Sosial Politik Humaniora 1(2):35–41. doi: 10.59966/jsph.v1i2.1310.

Nurlaila, Nurlaila, dan Istiyati Mahmudah. 2023. “Efektivitas Penggunaan Media Papan Musi (Multi Fungsi) Materi KPK dan FPB pada Pembelajaran Matematika.” Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4(2):48–55. doi: 10.35508/fractal.v4i2.13209.

Nurpratiwi, Rahma Tisa, Sigid Sriwanto, dan Esti Sarjanti. 2015. “Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung.” Geoedukasi 4(2):1–9.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 3(1):171–87. doi: 10.51878/academia.v2i3.1447.

Putri, Fatma Nuraini. 2020. “Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 8(1):16. doi: 10.30659/j.8.1.16-24.

Simbolon, Astuty, Nursia Simanjuntak, Rut Ayzta Pardede, Sarah Gultom, Natalia Widya Pasca Tarigan, dan Rinci Simbolon. 2022. “The Effect of Jeopardy Game on Students’ Reading Comprehension.” Jurnal Basataka (JBT) 5(2):472–76. doi: 10.36277/basataka.v5i2.203.

Siregar, L. F., &. Hasanah. 2023. “Penerapan media pembelajaran matematika papan musi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB di kelas V SD Negeri 064986 Medan Amplas.” Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA 7(2):191–198. doi: 10.32696/jp2mipa.v7i2.1909.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning Model). In CV Eureka Media Aksara (Cetakan Pe, Vol. 2, Nomor 1). CV Eureka Media Aksara. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36

Teguh Nugroho, Rian, dan Farida Nugrahani. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pada Kelas V.” 1(1):12.

Ummah, Masfi Sya’fiatul. 2019. “PENERAPAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP KELAS IV MIN 3 ACEH BESAR.” Sustainability (Switzerland) 11(1):1–14.

Vijay, Mohamad, Indriati Nurul Hidayah, dan Dolfi Harsadi. 2024. “Pengembangan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe Make a Match untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Majas Metafora Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal of Language, Literature, and Arts 4(12):1220–28.

Wahyuni, dan Helminsyah. 2016. “Contextual Teaching and Learning ( CTL ).”

Wahyuningsih, Sri. 2021. “Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Himpunan.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1(1):10–21. doi: 10.53299/jppi.v1i1.19.

Yael, Arnesti, Fitrah Yuridka, dan Herlina Apriani. 2022. “Pengaruh Penerapan Model Class-Wide Peer Tutoring (Cwpt) Menggunakan Media Permainan Joepardy Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid.” Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia 5(1):1–5. doi: 10.31602/dl.v5i1.6453.

Yajie, Muhammad Ulfa, dan Nila Lestari. 2024. “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achevement Division) pada Tema 4 ‘Berbagai Pekerjaan’Kelas IV UPT SPF

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>