URGENSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF QUIZIZZ PADA PELAJARAN IPA KELAS V: STUDI ANALISIS KEBUTUHAN DI SD NEGERI 7 LAHAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30813Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Analisis Kebutuhan, IPAAbstract
IPA seringkali dianggap sulit karena melibatkan banyak konsep dan teori. Fenomena ini sejalan dengan penelitian yang menyoroti pentingnya pengembangan kemampuan komunikasi matematika peserta didik di sekolah dasar yang masih kurang baik. Hal ini mengindikasikan bahwa kesulitan dalam memahami konsep dasar mungkin berlaku juga pada IPA. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan inovatif untuk mengatasi hambatan tersebut dan menjadikan pembelajaran IPA lebih menarik. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan infrastruktur teknologi sekolah sangat memadai. Mayoritas peserta didik (60-80%) melaporkan ketersediaan dan kualitas baik hingga sangat baik untuk jaringan listrik, laboratorium komputer, Chromebook, LCD, speaker aktif, dan WiFi. Kesiapan infrastruktur ini menjadi fondasi kuat implementasi teknologi pembelajaran. Namun, wawancara guru dan angket peserta didik mengidentifikasi keterbatasan media konvensional (gambar, buku teks, YouTube, PowerPoint) dalam menyajikan visual interaktif dan meningkatkan motivasi. Sebanyak 93,3% peserta didik membutuhkan media tambahan, menyatakan media berbasis teknologi lebih menarik, dan fitur animasi, suara, serta interaktif sangat membantu pemahaman mereka. Aplikasi Quizizz mendapat respons positif signifikan dari kedua belah pihak. Sebanyak 73,3% peserta didik merasa Quizizz meningkatkan pemahaman dan motivasi, didukung pengakuan guru atas efektivitasnya dalam menarik minat dan antusiasme. Temuan ini selaras dengan konsep gamifikasi, teori konstruktivisme, dan prinsip multimedia learning. Urgensi pengembangan media interaktif berbasis Quizizz, terintegrasi video pembelajaran, menjadi sangat jelas. Proyek ini didukung penuh oleh fasilitas sekolah yang memadai serta kebutuhan nyata peserta didik dan guru untuk menghadirkan pengalaman belajar IPA yang lebih menarik, partisipatif, dan efektif.Downloads
References
Afifa, K., & Astuti, T. (2024). The Effect of Digital Learning Media on Motivation and Learning Outcomes of IPAS. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3155–3165. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7513
Aini, N., M, A. F., Aldiansyah, A. M., & Haslinda. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MINAT BELAJAR SISWA SD. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 16(12), 50–54.
Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905
Bagus, C., & Prakasa, A. (2020). Aplikasi Technology Acceptance Model ( TAM ) Terhadap niat Menggunakan Personal Computer ( PC ) Tablet. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, 1512–1524.
Çeken, B., & Taşkın, N. (2022). Multimedia learning principles in different learning environments: a systematic review. Smart Learning Environments, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40561-022-00200-2
Dharmayani, N. P. A. G., Agung, A. A. G., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Efektif Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 317–327. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i2.54767
Ernawati, E., Nurwahidin, M., & Yuliyanti, D. (2023). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Penilaian Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 339. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6462
Eti Tamsiyati, Riza Kurnia, Amilda, & Junaidah. (2024). Kesiapan Guru Menyongsong Era 5.0. Indonesian Journal Of Education, 1(3), 63–67. https://doi.org/10.71417/ije.v1i3.161
Gunawan, A., Inaaroh, D., Fajrian As-Syawal, M., Azti, N., Savitri, P., & Pratiwi, S. A. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri 3 Siraman. PENA INSPIRASI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.24127/penainspirasi.v1i1.8152
Gusti, I., Agung, N., Putra, D., Tegeh, M., Komang, I., Jurusan, S., Pendidikan, T., & Pendidikan, I. (2013). Pengembangan Video Pembelajaran: Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/741
Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 131–147. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344
Munawir, Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 9(1), 63–71.
Nurhasanah, A., Handoyo, E., Widiyatmoko, A., & Rusdarti, R. (2025). Digital-Based Learning Media Innovation: Improving Motivation and Science Learning Outcomes. International Journal on Social and Education Sciences, 7(2), 185–194. https://doi.org/10.46328/ijonses.723
Pangaribuan, M. T., & Nugroho, O. F. (2024). Pengaruh Media Quizizz terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Duri Kepa 03. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 41–47. https://doi.org/10.59632/edukasitematik.v5i1.438
Razali, N., Nasir, N. A., Ismail, M. E., Sari, N. M., & Salleh, K. M. (2020). Gamification Elements in Quizizz Applications: Evaluating the Impact on Intrinsic and Extrinsic Student’s Motivation. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 917(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/917/1/012024
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–172. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Saputra, W., & Muqowim, M. (2024). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran SKI: Studi Kasus pada Madrasah Aliyah di Kota Pekanbaru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 4048–4056. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7143
Sarah, S. (2024). Analisis Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menengah Pertama Kelas IX SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 1852–1860.
Sihotang, C. P., Simanjuntak, T. A., & Purba, L. (2024). Efektivitas Aplikasi Quizizz Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Swasta Taman Siswa Pematangsiantar. 4, 7430–7439.
Sinta Kusuma Pertiwi, D., Setyo Wardhani, I., Raya Telang, J., Kamal, K., Bangkalan, K., Timur, J., & Penulis, K. (2024). PT. Media Akademik Publisher KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARN INTERAKTIF UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Jma), 2(11), 3031–5220.
Siti Aisyah, Ayu Fitriya Ramadani, Anggita Eka Wulandari, & Choli Astutik. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 388–401. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565
Sofwatillah, Risnita, Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Teknik Analisis Data Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 79–91.
Sulistiani, I., Santoso, S., & Ulya, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2057–2066. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1109
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/10044/pdf
Syarifah Alawiyah, Y. G. (2025). Penggunaan Media Berbasis Quizizz Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Motivasi Siswa Di Sekolah Dasar. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(2), 11576–11584. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu
Wang, L. H., Chen, B., Hwang, G. J., Guan, J. Q., & Wang, Y. Q. (2022). Effects of digital game-based STEM education on students’ learning achievement: a meta-analysis. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-022-00344-0
Wardi, L. Z., Wasis, Widodo, W., Satriawan, M., & Nisa, K. (2024). Trends and Development in Digital Learning Research for Enhancing Scientific Literacy in Physics Learning: Literature Review and Bibliometric Analysis. Jurnal Pendidikan MIPA, 25(3), 1051–1066.
Windartati, S. E. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran. Primary, 2(1), 25–35.
Zaeni, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Dirasah, 5(1). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Zulkarnaen, R., & Ruli, R. M. (2023). Efektivitas Self-Determination Theory Dalam Perilaku Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(4), 1547–1640. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17962
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.