UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS TENTANG WARISAN BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA SMART BOX KELAS 5 DI SDN SIRAPAN 01

Authors

  • Rindy Eka Pratiwi Universitas PGRI Madiun
  • Ima Kusumaningrum Universitas PGRI Madiun
  • Ade Eva Aprilia Universitas PGRI Madiun
  • Melik Budiarti, S.Sos., MA Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30786

Keywords:

Learning Outcomes, IPAS, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sirapan 01 pada mata pelajaran IPAS materi Warisan Budaya Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media Smart Box untuk mengatasi rendahnya hasil belajar akibat metode mengajar yang kurang menarik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 20 siswa dan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi. Persentase siswa yang mencapai nilai KKM meningkat dari 25% pada prasiklus menjadi 50% di siklus I dan 100% di siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantu media Smart Box efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi warisan budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arumsari, Dina Maharani. "Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPAS." LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3.1 (2023): 111-119.

Abidin, Zaenal. "Efektivitas pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek literasi, dan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis." Profesi Pendidikan Dasar 7.1 (2020): 37-52.

Cahyaningtyas, Tiara Intan, et al. "Pengembangan media pembelajaran smart box untuk anak tuna grahita." Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 15.1 (2024): 66-72.

Farhaeni, Mutria, and Sri Martini. "Pentingnya pendidikan nilai-nilai budaya dalam mempertahankan warisan budaya lokal di Indonesia." Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 3.2 (2023).

Ilham, Ilham, et al. "Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPAS di SDN 27 Dompu." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4.3 (2024): 919-929.

Indrawati, Mamik, and Yuli Ifana Sari. "Memahami warisan budaya dan identitas lokal di Indonesia." Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS 18.1 (2024): 77-85.

Masril, Mardhiah, et al. "Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang." Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 12.1 (2020): 12-25.

Maradika, Alya Putri, et al. "Pengaruh media smart box dengan model project based learning terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas II SD Negeri Tugurejo 02 materi penerapan nilai Pancasila." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9.5 (2023): 2206-2220.

Maulidiana, Firli, Ludfi Arya Wardana, and Faridahtul Jannah. "Pengembangan Media Smart Box Pada Pembelajaran Tumbuhan dan Energi Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN Curahgrinting 1 Probolinggo." Innovative: Journal Of Social Science Research 4.2 (2024): 1664-1675.

Nasution, Sari Rezky, and Abdul Mujib. "Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran berbasis masalah." Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6.1 (2022): 40-48.

Noho, Yumanraya, Meilinda L. Modjo, and Tazkiya N. Ichsan. "Pengemasan Warisan Budaya Tak Benda †œPaiya Lohungo Lopoli†Sebagai Atraksi Wisata Budaya Di Gorontalo." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 4.2 (2020): 179-192.

Putra, Dedy Dwi, et al. "Preservasi Digital Warisan Budaya: Sebuah Ulasan." Jurnal Pustaka Ilmiah 9.2 (2023): 85-95.

Rahman, Rahmania, and Muhammad Fuad. "Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar." DISCOURSE: Indonesian Journal of Social Studies and Education 1.1 (2023): 75-80.

Safitri, Irma Sintiya, et al. "Analisis kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS muatan IPAS di Sekolah Dasar." Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5.1 (2024): 77-81.

Suswati, Umi. "Penerapan problem based learning (PBL) meningkatkan hasil belajar kimia." TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1.3 (2021): 127-136.

Saputra, Hardika. "Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning)." Jurnal Pendidikan Inovatif 5.3 (2021): 1-9.

Sukaryanti, Ayu, Murjainah Murjainah, and Sylvia Lara Syaflin. "Pengembangan media pembelajaran kotak pintar keragaman di Indonesia untuk siswa kelas IV SD." Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual 7.1 (2023): 140-149.

Viqri, Denada, et al. "Problematika Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka." Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4.2 (2024): 310-315.

Wibawati, Desi, and Adhiningasih Prabhawati. "Upaya indonesia untuk mempromosikan wisata kuliner sebagai warisan budaya dunia." Journal of Tourism and Creativity 5.1 (2021): 36-44.

Downloads

Published

2025-07-31