Bait al-Hikmah ke Smart Classroom: Evolusi Gagasan Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah dan Teknologi
pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah library research dengan pendekatan historis-kritis dan hermeneutik
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30778Keywords:
Pendidikan Islam, Bait al-Hikmah, Smart Classroom, TPACK, Pemikiran Islam Klasik, Teknologi Pendidikan, Evolusi Pendidikan.Abstract
ABSTRAK Pendidikan Islam mengalami puncak kejayaan pada masa Bait al-Hikmah, yang menjadi pusat intelektual dan ilmiah dunia Islam. Namun, dalam konteks era digital saat ini, transformasi nilai dan metode pendidikan Islam klasik ke dalam bentuk pembelajaran modern, seperti smart classroom, belum banyak dikaji secara mendalam. Penelitian ini bertujuan menelusuri evolusi gagasan pendidikan Islam dari masa klasik menuju era teknologi, serta mengkaji relevansinya terhadap pengembangan sistem pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah library research dengan pendekatan historis-kritis dan hermeneutik. Tahapan penelitian meliputi telaah literatur klasik, identifikasi prinsip pendidikan dari tokoh seperti Al-Ghazali, Ibnu Sina, dan Al-Farabi, serta analisis integratif terhadap teori pembelajaran modern seperti constructivism dan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Hasil penelitian menunjukkan adanya kesinambungan nilai seperti kesatuan ilmu dan akhlak, pentingnya peran guru, dan pendekatan holistik yang tetap relevan dalam konteks pendidikan berbasis teknologi. Pembahasan menunjukkan perlunya model pendidikan Islam yang transhistoris, yang tidak hanya mempertahankan nilai-nilai esensial warisan klasik, tetapi juga responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual terhadap desain pendidikan Islam yang berbasis nilai, adaptif, dan berkelanjutan. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Bait al-Hikmah, Smart Classroom, TPACK, Pemikiran Islam Klasik, Teknologi Pendidikan, Evolusi Pendidikan.Downloads
References
Ahaya, Hartati, Ibnu Rawandhy N Hula, Ratni Bt, and Hj Bahri. 2025. “Penerapan Technological Pedagogical and Content Knowledge ( TPACK ) Dalam Memenuhi Kebutuhan Guru Penggerak PAI.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2413.
Ariani, Rina, and Mahyudin Ritonga. 2024. “Analisis Pembinaan Karakter: Membangun Transformasi Insan Kamil Menurut Pemikiran Imam Al-Ghazali.” Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 2: 174–87. https://doi.org/10.38073/jimpi.v3i2.1649.
Azhari, M R, S Mashuri, and ... 2022. “Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Teknologi Di Era Society 5.0.” (Kiiies 5.0) 1, no. 2: 212–17. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1069%0Ahttps://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/download/1069/630.
Dwi Cahyanita Adiningsih. 2016. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menggunakan SMART CLASSROOM Di SMPN 5 Mrebet Purbalingga Tahun Pelajaran 2024/2025.” UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Fahrozi, Fajar, Amelia Habibatur Rahmah, and Bakti Fatwa Anbiya. 2024. “Mengintegrasikan Teori Pembelajaran Konstruktivis Melalui Teknologi Digital Dalam Pendidikan Islam.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 16, no. 1: 82–89. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2813.
Faizah Nurrahma, Muhammad Fahmi, Fathur Rohman. 2024. “Transformasi Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Membangun Generasi Muslim Yang Melek Teknologi.” In , 210–22.
Fazlur Rahman. 2017. Modernity, Islam and Tradition, Transformation of an Intellectual. University of Chicago Press.
Hajri, Muhammad Fatkhul. 2023. “Pendidikan Islam Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Pada Abad 21.” Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 4, no. 1: 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3006.
Lintang Ardiansyah, Muhammad Andika, Apriansyah, Izmi Nurul Azizah, Aisyah munadiya khoiroh, Nurdin. 2022. “Optimalisasi Pengelolaan Kelas Berbasis Nilai-Nilai Islam Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Sekolah.” AL-IMAN : Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 6, no. 2: 160–82. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/4441.
M Mahbubi, Nurul Aini. 2024. “Konstruktivisme Peggunaan Media Sosial Dalam Menunjang Pemahaman Peserta Didik Tentang Ajaran Agama Islam.” Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Islam 11, no. 4: 426–39.
Nelly. 2024. “Sejarah Pendidikan Islam Mengulas Perjalanan Dari Masa Klasik , Pertengahan Hingga Masa Modern.” Journal on Education Vol. 06, no. 02: 535–1539.
Nola Ariesta Elvan, Duski Samad, Zulheldi. 2024. “Sejarah Pendidikan Islam Periode Klasik Dan Modern.” Qouba, Jurnal Pendidikan 1, no. 2: 130–40. https://doi.org/https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba.
Nur Iftitahul Husniyah, Nur Hakim Nur Salim. 2023. “KONSEP IDEAL PENDIDIKAN ISLAM PRESPEKTIF IMAM AL GHOZALI.” Studia Religia, Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 7, no. 2. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/sr.v7i2.20588.
Rahman, Fathur, and Adelia Wahyuningtyas. 2023. “Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Sina Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Digitalisasi.” Journal on Education 05, no. 02: 2353–68. https://doi.org/http://jonedu.org/index.php/joe.
Rofiq, Noor, Imam Sutomo, and Mushbihah Rodliyatun. 2022. “Perbandingan Pemikiran Kurikulum Al-Farabi Dengan Ibnu Sina Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Masa Kontemporer.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 12: 5765–74. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1274.
S., M. Ikhlashul Omar. 2025. “Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Teknologi Dalam Pembelajaran PAI Di PTKI: Menjawab Kesenjangan Teori Dan Praktik.” Maharah: Journal Of Islamic Education Teaching and Learning 2, no. 1: 65–79.
Saidah, Zahrotus. 2021. “Meningkatkan Kebermaknaan Belajar Di Era Digital.” Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2: 163–75.
Siswa, Dan Religius, and Afi Parnawi. 2023. “Penerapan Metode Konstruktivisme Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 12/NO: 04 November 2023, no. November: 361–70. https://doi.org/10.30868/ei.v12i04.7570.
Suharjo, Alizar, Andi Peta Wahyu Cahyono. 2024. “Model Pembelajaran Berbasis TPACK Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mapel PAI Dan BP Di SMAN 1 Kinali.” Educatioanl Journal: General and Specific Research 09, no. 2: 466–77.
Sumiarti, Sumiarti, Usman Usman, Muhammad Hadi, Novizal Wendry, and Meki Johendra. 2021. “Tujuan Pendidikan Islam Menurut Al-Ghazali Ditinjau Dari Perspektif Hadis.” El-Sunnah: Jurnal Kajian Hadis Dan Integrasi Ilmu 1, no. 2: 148–61. https://doi.org/10.19109/elsunnah.v1i2.8917.
Suwanto, Jahrul Sihotang, Anisah Sari Lubis, Solihah Titin Sumanti, and Yusnaili Budianti. 2024. “Evolusi Institusi Pendidikan Islam Klasik : Masjid, Kuttab Dan Madrasah.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 23, no. 2: 1121–30. https://doi.org/10.47467/mk.v23i2.3626.
Tri Wahyudi Ramdhan. 2016. TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. Bangkalan: Press STAI Darul Hikmah Bangkalan.
Ummul Khair, Lukman Asha. 2023. “Evolusi Pendidikan Islam: Dari Tradisi Klasik Ke Pembaruan Kontemporer.” Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Penddikan 19, no. 2: 197–208.
Utari, Anggie Sri, Misra Nova Dayantri, and Fatma Yulia. 2024. “Konsep Metodologi Pendidikan Islam Klasik Dan Relevansinya Dengan Masa Modern.” Reflektika 19, no. 1: 141. https://doi.org/10.28944/reflektika.v19i1.1719.
Zamani, D. A., & Hamami, T. 2023. “Pendekatan TPACK Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor.” Jurnal Unida Gontor 2: 347–54. https://doi.org/https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/11013/10998.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.