Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Bencana Tanah Longsor Siswa Kelas V

Authors

  • Raihan Naufal Azhar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Resa Respati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Pidi Mohamad Setiadi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30752

Keywords:

Disaster Literacy, Landslides, Project-Based Learning, Elementary School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan literasi bencana tanah longsor pada siswa sekolah dasar kelas lima. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Subjek penelitian adalah 60 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner literasi bencana tanah longsor berdasarkan empat tingkat literasi Brown dkk. (2014). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua kelompok, dengan kelas eksperimen mencapai skor rata-rata dan N-Gain yang lebih tinggi. PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan literasi bencana tanah longsor pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, D., & Masita, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN 30 Mattirowalie. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 160–171. https://doi.org/https://doi.org/10.54065/pelita.4.2.2024.516

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Atmojo, M. E. (2020). Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475

Brown, L. M., Haun, J. N., & Peterson, L. (2014). A proposed disaster literacy model. Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 8(3), 267–275. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/dmp.2014.43

Kamariah, Muhlis, & Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 209. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925

Maulida, R., & Ginting, E. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Mahasiswa Prodi PGSD Dalam Mengembangkan Silabus Pembelajaran. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 14(2), 247–256. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.58190

Mazni, D. I., Irawan, B. B., & Yossyafra. (2020). Asesmen Penyebab Kelongsoran Lereng Di Ruas Jalan Nasional Batas Sumatera Barat – Riau. Rang Teknik Jurnal, 3(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1671

Melfinna, Fitriyanti, P. S., & Indriyati, R. (2024). Kajian Analisis Pergerakan Tanah di Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan. urnal BDI: Bekasi Development Innovation, 3(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/bdijournal.v3i2.127

Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. Elementary School Journal, 10(4), 216–224. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i4.23701

Rahmat, H. K., & Wahyuningtyas, A. (2024). Tingkat Literasi Kebencanaan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tangerang: Sebuah Studi Pendahuluan dalam Membangun Resiliensi Sekolah melalui Mitigasi Bencana. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 7(3), 702–718. https://doi.org/https://doi.org/10.59027/alisyraq.v7i3.856

Rozi, F., & Sianipar, E. (2025). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap literasi sains siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 066048 Helvetia. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(2), 120–131. https://ejurnals.com/ojs/index.php/ipn/article/view/1671

Tanjung, D. S., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(1), 37. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.27405

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, 50 (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Details/39901/uu-no-24-tahun-2007

Downloads

Published

2025-08-04