Efektivitas Model Project-Based Learning dalam Meningkatkan Literasi Bencana Tanah Longsor Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30752Keywords:
Disaster Literacy, Landslides, Project-Based Learning, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dalam meningkatkan literasi bencana tanah longsor pada siswa sekolah dasar kelas lima. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimental dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Subjek penelitian adalah 60 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner literasi bencana tanah longsor berdasarkan empat tingkat literasi Brown dkk. (2014). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kedua kelompok, dengan kelas eksperimen mencapai skor rata-rata dan N-Gain yang lebih tinggi. PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan literasi bencana tanah longsor pada siswa sekolah dasar.Downloads
References
Amanda, D., & Masita, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas V SDN 30 Mattirowalie. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 160–171. https://doi.org/https://doi.org/10.54065/pelita.4.2.2024.516
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Atmojo, M. E. (2020). Pendidikan Dini Mitigasi Bencana. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 118–126. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.6475
Brown, L. M., Haun, J. N., & Peterson, L. (2014). A proposed disaster literacy model. Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 8(3), 267–275. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/dmp.2014.43
Kamariah, Muhlis, & Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 209. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925
Maulida, R., & Ginting, E. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Mahasiswa Prodi PGSD Dalam Mengembangkan Silabus Pembelajaran. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 14(2), 247–256. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v14i2.58190
Mazni, D. I., Irawan, B. B., & Yossyafra. (2020). Asesmen Penyebab Kelongsoran Lereng Di Ruas Jalan Nasional Batas Sumatera Barat – Riau. Rang Teknik Jurnal, 3(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/rtj.v3i1.1671
Melfinna, Fitriyanti, P. S., & Indriyati, R. (2024). Kajian Analisis Pergerakan Tanah di Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan. urnal BDI: Bekasi Development Innovation, 3(2), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/bdijournal.v3i2.127
Purba, J. M., Sinaga, R., & Tanjung, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV. Elementary School Journal, 10(4), 216–224. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v10i4.23701
Rahmat, H. K., & Wahyuningtyas, A. (2024). Tingkat Literasi Kebencanaan pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Tangerang: Sebuah Studi Pendahuluan dalam Membangun Resiliensi Sekolah melalui Mitigasi Bencana. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 7(3), 702–718. https://doi.org/https://doi.org/10.59027/alisyraq.v7i3.856
Rozi, F., & Sianipar, E. (2025). Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap literasi sains siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 066048 Helvetia. Inovasi Pendidikan Nusantara, 6(2), 120–131. https://ejurnals.com/ojs/index.php/ipn/article/view/1671
Tanjung, D. S., & Juliana. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(1), 37. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i1.27405
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, 50 (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Details/39901/uu-no-24-tahun-2007
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.