Keefektifan Penggunaan Media Komik Digital Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Idi Tello Baru Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30746Keywords:
Keefektifan, Media Komik Digital, Membaca Pemahaman, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media komik digital dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Muhammadiyah Idi Tello Baru Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskripti dan inferensial. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta angket respon siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 3,4 kategori baik, aktivitas siswa 3,3 kategori baik, rata-rata hasil belajar siswa 3,3 kategori baik, dan respon siswa terhadap media komik digital sebesar 3,5 kategori sangat baik. Hasil analisis inferensial melalui uji normalitas menunjukkan nilai signifikan 0,134> 0,05 yang berarti data berdistribusi normal, uji homogenitas menunjukkan nilai signififikan 0,673>0,05 yang berarti data berdistribusi homogen. Selanjutnya uji hipotesis memperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang menunjukan adanya perbedaan signifikan dan nilai rata-rata keefektifan penggunaan media komik digital dengan nilai 3,3 pada kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik digital cukup efektifif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia.Downloads
References
Arima, M., Amaliyah, N., Abustang, P., & Alam, S. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.
818
Bistari, B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan (Vol. 1, Issue 2, p. 13). https://doi.org/10.26418/jurnalkpk. v1i2.25082
Damayanti, F., Sofyan, D., & Siti Sundari, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Tema 7 Subtema 4 Perkembangan Teknologi Transportasi Pembelajaran 2. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5427–5433. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1229
Damayanti, M. I., Pd, S., & Pd, M. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendongeng Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Abstrak. 2670–2684.
HS, E. F., Satriawati, & Salemuddin, M. R. (2024). Pendampingan mendesain media pembelajaran berbasis etnomatika pada guru sekolah dasar. 8(September), 2930–2935.
Khadar, R. S. F., Rahmat, D., & Saepuloh, L. (2022). Pengembangan Media Komik Digital Mata Pelajaran Ipa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah Sukabumi. Berajah Journal : Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(3), 647– 660.
Marliana, L., & Subrata, H. (2023). Keefektifan Penggunaan Media Komik Digital Dalam Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jpsd, 11(6), 1274–1283.
Meidyawati, S., WS, R., & Hodidjah. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Membaca Pemahaman di Kelas V SD Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283–295.http://ejournal.upi.edu/index.php/p edadidaktika/index
Priyawati, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tenoyasa, xx(xx), 13– 16.
MRizky, A. (2020). Ilmu Pengantar Pendidikan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26. Priyawati, D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tenoyasa, xx(xx), 13– 16.
Sabillah, B. M., Supardi, R., & Indrabudiman, M. (2019). Pengaruh Penggunaan MultimediaPembelajaran TerhadapHasil Belajar IPS Di SD. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(2), 698–708.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.