PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV UPT SPF SDI GALANGAN KAPAL I KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.30559Keywords:
Learning outcomes, Social Studies, Crossword Puzzle Learning MediaAbstract
The main problem in this study is how the influence of Crossword Puzzle learning
media on the learning outcomes of fourth grade students of UPT SPF SDI Galangan
Kapal I Makassar City. This study aims to determine the influence of Crossword
Puzzle learning media on the learning outcomes of fourth grade students of UPT
SPF SDI Galangan Kapal I Makassar City. This type of research is quantitative
research with a Pre-Experimental research design in the form of One Group Pretest-
Posttest research. The subjects in this study were 17 fourth grade students of UPT
SPF SDI Galangan Kapal I Makassar City. The data collection technique used
learning outcome tests and observation data. The collected data were analyzed
quantitatively using descriptive statistics and inferential statistics. The results
showed that the average pretest score was 52.59 and the posttest was 92.00. Based
on the results of the Independent Samples Test hypothesis test, the sig. (2-tailed)
value <0.05, which indicates that (H0) is rejected and (H1) is accepted. Data on the
success of learning social studies using Crossword Puzzle learning media has
increased, students are very enthusiastic about learning when using Crossword
Puzzle media.
Downloads
References
bdullah. (2022). Lembaga Pendidikan
Suatu sistem Sosial (Studi tentang
Peran Lembaga Pendidikan di
Indonesia dalam Perspektif Undang-
Undang Nomor 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional).
18, No. 1, 38–48.
Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022).
Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian
Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu
Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango
Utara Kabupaten Bone Bolango.
Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan
Nonformal, 8(2), 1553.
https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1
553-1560.2022
Amin, & Sumendap, S. Y. L. (2022). Model
Pembelajaran Kontenporer. LPPM
Universitas Islam 45.
Amruddin, Prianda, R., & Agustina, T. S.
(2022). Metodologi Penelitian
Kuantitatif.PradinaPustaka.https://boo
ks.google.co.id/books?id=B5t1EAAA
QBAJ&lpg=PA1&hl=id&pg=PA1#v=o
nepage&q&f=false
Azizah, A. A. M. (2021). Analisis
Pembelajaran IPS di SD/MI dalam
Kurikulum 201. JMIE (Journal of
Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1),
1.
https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266
Dantes, N. (2023). Desain Eksperimen dan
Analisis Data. Depok: PT
RajaGrafindo Persada.https://books.g
oogle.co.id/books?id=m2zdEAAAQB
AJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onep
age&q&f=false
Fadilah. (2023). Pengertian Media, Tujuan,
Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media
Pembelajaran Sulis Putri Hidayat
STAI DR. KHEZ Muttaqien
Purwakarta. Journal of Student
Research (JSR), 1(2), 11.
Fauzi, A. S., & Mustika, D. (2022). Peran
Guru Sebagai Fasilitator Dalam
Pembelajaran Di Kelas V Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan dan
Konseling, 4.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses
Pendidikan bagi Rakyat sesuai
dengan amanat Undang-undang
Nomor 20 Tahun 2013 Tentang
Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech,
2(1).
Hibatulloh, H. M. (2024). Pengaruh
Aktivitas Fisik Terhadap Kemampuan
Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran,
Bimbingan, dan Pengelolaan
Pendidikan, 4(2), 18.
https://doi.org/10.17977/um065.v4.i2.
2024.18
Hidayat, I. (2019). 50 Strategi
Pembelajaran Populer. DIVA Press.
irmayanti, & Amalia, R. (2022). Pengaruh
media crossword puzzle terhadap
minat dan hasil belajar kognitif siswa
materi klasifikasi makhluk hidup kelas
X SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran Sains,
1, 12.
Januari, S. T. (2014). Penggunaan Media
Crossword Puzzle Untuk
meningkatkan Hasil Belajar siswa
pada mata pelajaran IPS di Sekolah
Dasar (Vol. 01).
Lomu, D., & Widodo, S. A. (2018).
Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Ular Tangga Terhadap
Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan
Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 4, 745.
Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil
belajar IPS melalui model Guided
Discovery dalam materi kerja sama
pada siswa kelas V SD Negeri 133
Halmahera Selatan. 3(1).
332
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 02, Juni 2025
Murti, I. (2021). Pengaruh Media
Pembelajaran Teka-teki Silang (TTS)
Terhadap Hasil Belajar Kognitif
Pembelajaran IPS Kelas III. VI Nomor
2, 2477–2143.
Muryaningsih, S. (2021). Media
pembelajaran berbahan loose part
dalam pembelajarann eksak di MI
Kedungwuluh Lor. 15, 85–86.
Nawir, Muhammad. (2023). Penerapan
Model Pembelajaran Quantum
Teaching Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPS murid kelas V SD Inpres
Sarudu V Kabupaten Pasangkayu
Provinsi Sulawesi Barat (Vol. 2,
Nomor 2).
Nidawati. (2020). Penerapan Peran dan
Fungsi Guru dalam Kegiatan
Pembelajaran.
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M.
(2020). Pengaruh Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Peserta Didik. Science, and Physics
Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–
75.
https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992
Novita, D. (2022). Penggunaan Media
Puzzle untuk meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar IPS pada materi
tokoh yang berpengaruh pada
kerajaan Hindu Buddha. Sebelas April
Elementary Education (SAEE), 1, No.
2.
Nurlina, Nurfadilah, & Aliem Bahri. (2021).
Teori Belajar dan Pembelajaran
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam
Pembelajaran. Alarcity : Journal Of
Education, 2(3).
http://lpppipublishing.com/index.php/a
lacrity
Oktarika, D. (2023). Pengembangan Media
Crossword Puzzle Pada Materi
Membuat Dokumen Pengolahan
Angka Sederhana Dikelas VIII SMP
Negeri 1 Ketapang. Dalam Jurnal
Cendekia Sambas.
Permana. (2021). Pemanfaatan Media
Teka-Teki Silang (Teka-teki Silang)
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 1–7.
Rahayu, F. (2023a). Pengaruh
Penggunaan Media Crossword Puzzle
Bergambar Terhadap Kemampuan
Menulis Siswa Kelas III SD Negeri 78
Palembang. Journal Of Social Science
Research, 3, 5600–5612.
Rahayu, F. (2023b). Pengaruh
Penggunaan Media Crossword Puzzle
Bergambar Terhadap Kemampuan
Menulis Siswa Kelas III SD Negeri 78
Palembang.
Rahayu, S. (2021). Strategi Pembelajaran
Interaktif dalam Meningkatkan Hasil
Belajar di Kelas. Jurnal Pendidikan.
Rahman, S. A. (2022). Pengaruh
Penggunaan Media Kartu Bergambar
Terhadap Hasil Belajar Ilmu
Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah
Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu
Pendidikan Dasar Indonesia, 1(4),
243–249.
https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i4
.751
Rismayani, L. D., Kertih, I. W., &
Sendratari, L. P. (2020). Penanaman
Sikap Sosial Melalui Pembelajaran
IPSPada Siswa Kelas VII SMP Negeri
2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS
Indonesia, 4(1), 8–15.
https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.316
4
Rukminingsih, Adnan, G., Mohammad, A.,
& Latief, M. A. (2020). Metode
Penelitian Pendidikan Erhaka utama
Yogyakarta. www.erhakautama.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















