PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV UPT SPF SDI GALANGAN KAPAL I KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nurhalis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Nawir, Syarifah Aeni Rahman Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.30559

Keywords:

Learning outcomes, Social Studies, Crossword Puzzle Learning Media

Abstract

The main problem in this study is how the influence of Crossword Puzzle learning

media on the learning outcomes of fourth grade students of UPT SPF SDI Galangan

Kapal I Makassar City. This study aims to determine the influence of Crossword

Puzzle learning media on the learning outcomes of fourth grade students of UPT

SPF SDI Galangan Kapal I Makassar City. This type of research is quantitative

research with a Pre-Experimental research design in the form of One Group Pretest-

Posttest research. The subjects in this study were 17 fourth grade students of UPT

SPF SDI Galangan Kapal I Makassar City. The data collection technique used

learning outcome tests and observation data. The collected data were analyzed

quantitatively using descriptive statistics and inferential statistics. The results

showed that the average pretest score was 52.59 and the posttest was 92.00. Based

on the results of the Independent Samples Test hypothesis test, the sig. (2-tailed)

value <0.05, which indicates that (H0) is rejected and (H1) is accepted. Data on the

success of learning social studies using Crossword Puzzle learning media has

increased, students are very enthusiastic about learning when using Crossword

Puzzle media.

Downloads

Download data is not yet available.

References

bdullah. (2022). Lembaga Pendidikan

Suatu sistem Sosial (Studi tentang

Peran Lembaga Pendidikan di

Indonesia dalam Perspektif Undang-

Undang Nomor 20 Tahun 2003

tentang Sistem Pendidikan Nasional).

18, No. 1, 38–48.

http://simkeu.kemdikbud.go.id

Ali, S., Moonti, U., & Yantu, I. (2022).

Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian

Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu

Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango

Utara Kabupaten Bone Bolango.

Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan

Nonformal, 8(2), 1553.

https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.1

553-1560.2022

Amin, & Sumendap, S. Y. L. (2022). Model

Pembelajaran Kontenporer. LPPM

Universitas Islam 45.

Amruddin, Prianda, R., & Agustina, T. S.

(2022). Metodologi Penelitian

Kuantitatif.PradinaPustaka.https://boo

ks.google.co.id/books?id=B5t1EAAA

QBAJ&lpg=PA1&hl=id&pg=PA1#v=o

nepage&q&f=false

Azizah, A. A. M. (2021). Analisis

Pembelajaran IPS di SD/MI dalam

Kurikulum 201. JMIE (Journal of

Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1),

1.

https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.266

Dantes, N. (2023). Desain Eksperimen dan

Analisis Data. Depok: PT

RajaGrafindo Persada.https://books.g

oogle.co.id/books?id=m2zdEAAAQB

AJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onep

age&q&f=false

Fadilah. (2023). Pengertian Media, Tujuan,

Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media

Pembelajaran Sulis Putri Hidayat

STAI DR. KHEZ Muttaqien

Purwakarta. Journal of Student

Research (JSR), 1(2), 11.

Fauzi, A. S., & Mustika, D. (2022). Peran

Guru Sebagai Fasilitator Dalam

Pembelajaran Di Kelas V Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan dan

Konseling, 4.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses

Pendidikan bagi Rakyat sesuai

dengan amanat Undang-undang

Nomor 20 Tahun 2013 Tentang

Pendidikan Nasional. Jurnal EduTech,

2(1).

Hibatulloh, H. M. (2024). Pengaruh

Aktivitas Fisik Terhadap Kemampuan

Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran,

Bimbingan, dan Pengelolaan

Pendidikan, 4(2), 18.

https://doi.org/10.17977/um065.v4.i2.

2024.18

Hidayat, I. (2019). 50 Strategi

Pembelajaran Populer. DIVA Press.

irmayanti, & Amalia, R. (2022). Pengaruh

media crossword puzzle terhadap

minat dan hasil belajar kognitif siswa

materi klasifikasi makhluk hidup kelas

X SMA Negeri 9 Makassar. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Sains,

1, 12.

Januari, S. T. (2014). Penggunaan Media

Crossword Puzzle Untuk

meningkatkan Hasil Belajar siswa

pada mata pelajaran IPS di Sekolah

Dasar (Vol. 01).

Lomu, D., & Widodo, S. A. (2018).

Pengaruh Penggunaan Media

Pembelajaran Ular Tangga Terhadap

Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan

Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 4, 745.

Marlina, Y. (2021). Peningkatan Hasil

belajar IPS melalui model Guided

Discovery dalam materi kerja sama

pada siswa kelas V SD Negeri 133

Halmahera Selatan. 3(1).

332

Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,

ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950

Volume 10 Nomor 02, Juni 2025

Murti, I. (2021). Pengaruh Media

Pembelajaran Teka-teki Silang (TTS)

Terhadap Hasil Belajar Kognitif

Pembelajaran IPS Kelas III. VI Nomor

2, 2477–2143.

Muryaningsih, S. (2021). Media

pembelajaran berbahan loose part

dalam pembelajarann eksak di MI

Kedungwuluh Lor. 15, 85–86.

Nawir, Muhammad. (2023). Penerapan

Model Pembelajaran Quantum

Teaching Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPS murid kelas V SD Inpres

Sarudu V Kabupaten Pasangkayu

Provinsi Sulawesi Barat (Vol. 2,

Nomor 2).

Nidawati. (2020). Penerapan Peran dan

Fungsi Guru dalam Kegiatan

Pembelajaran.

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M.

(2020). Pengaruh Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Matematika

Peserta Didik. Science, and Physics

Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–

75.

https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Novita, D. (2022). Penggunaan Media

Puzzle untuk meningkatkan keaktifan

dan hasil belajar IPS pada materi

tokoh yang berpengaruh pada

kerajaan Hindu Buddha. Sebelas April

Elementary Education (SAEE), 1, No.

2.

Nurlina, Nurfadilah, & Aliem Bahri. (2021).

Teori Belajar dan Pembelajaran

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam

Pembelajaran. Alarcity : Journal Of

Education, 2(3).

http://lpppipublishing.com/index.php/a

lacrity

Oktarika, D. (2023). Pengembangan Media

Crossword Puzzle Pada Materi

Membuat Dokumen Pengolahan

Angka Sederhana Dikelas VIII SMP

Negeri 1 Ketapang. Dalam Jurnal

Cendekia Sambas.

Permana. (2021). Pemanfaatan Media

Teka-Teki Silang (Teka-teki Silang)

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 1–7.

Rahayu, F. (2023a). Pengaruh

Penggunaan Media Crossword Puzzle

Bergambar Terhadap Kemampuan

Menulis Siswa Kelas III SD Negeri 78

Palembang. Journal Of Social Science

Research, 3, 5600–5612.

Rahayu, F. (2023b). Pengaruh

Penggunaan Media Crossword Puzzle

Bergambar Terhadap Kemampuan

Menulis Siswa Kelas III SD Negeri 78

Palembang.

Rahayu, S. (2021). Strategi Pembelajaran

Interaktif dalam Meningkatkan Hasil

Belajar di Kelas. Jurnal Pendidikan.

Rahman, S. A. (2022). Pengaruh

Penggunaan Media Kartu Bergambar

Terhadap Hasil Belajar Ilmu

Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah

Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu

Pendidikan Dasar Indonesia, 1(4),

243–249.

https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i4

.751

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., &

Sendratari, L. P. (2020). Penanaman

Sikap Sosial Melalui Pembelajaran

IPSPada Siswa Kelas VII SMP Negeri

2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS

Indonesia, 4(1), 8–15.

https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.316

4

Rukminingsih, Adnan, G., Mohammad, A.,

& Latief, M. A. (2020). Metode

Penelitian Pendidikan Erhaka utama

Yogyakarta. www.erhakautama.com

Downloads

Published

2025-07-18