Peningkatan Hasil Belajar menggunakan Model PBL berbasis Culturally Responsive Teaching pada Materi Pecahan Kelas V SDN 55 Palembang

Authors

  • Efryanty Universitas Sriwijaya
  • Saparini Universitas Sriwijaya
  • Putri Mindarti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30518

Keywords:

Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching (CRT), Hasil Belajar, Pecahan, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Fokus materi adalah operasi pecahan, yang sering menjadi kendala dalam proses belajar di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas V.B SD Negeri 55 Palembang dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan melalui observasi, asesmen formatif, dan refleksi kolaboratif dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada persentase ketuntasan klasikal, dari 55,56% pada siklus I menjadi 77,78% pada siklus II. Penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam model Problem-Based Learning terbukti efektif dalam membuat pembelajaran lebih nyata dalam kehidupan sehari-hari, partisipatif, dan relevan dengan latar belakang budaya peserta didik. Selain mendorong pemahaman konsep secara lebih mendalam, pendekatan ini juga memperkuat keterlibatan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan demikian, kombinasi PBL dan CRT dapat secara signifikan meningkatkan pengajaran matematika di tingkat dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, F. (2025). Efektivitas Teknik Jarimatika dalam Meningkatkan Berhitung Perkalian Peserta Didik pada Materi Pecahan. Jurnal Cahaya Edukassi, 3(2), 27-31. https://doi.org/10.63863/jce.v3i2.45

Asmaliyah, F., Keriyani, N. M., & Nugroho, S. (2025). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 840-850. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3136

Girsang, B., Indra, M., & Nasution, U. (2025). Penerapan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan CRT. JMES (Journal Mathematics Education Sigma), 5(2), 162-169. https://doi.org/10.30596/jmes.v5i2.20786

Hastuti, I. D., Ahyansyah, Mawaddah, S., & Sutarto. (2022). Development of Student Books Characterized by Indonesian Realistic Mathematics Education to Support Mathematics Problem Solving Ability. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 6(1), 36-50. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i1.5338

Hidayah, K. A., Pratiwi, D. E., & Hastungkoro, H. N. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(5), 94-102. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1187

Imami, N., Zain, M. I., & Muslehudin. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas V/B SDN 7 Cakranegara Tahun Ajaran 2024/2025. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 431-436. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.2930

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. Vocational : Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310-319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Malikah, S., Winarti, Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912-5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549

Maulani, B. I., Hardiana, H., & Jamaluddin. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2632 – 2637. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1728

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99-107. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/43123/14334

Navitri, R. Y., Untari, M. F., & Kanitri, N. (2025). Pembelajaran dengan Pendekatan CRT Berbasis PBL untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 100-107. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.778

Rahmaini, N., & Chandra, S. O. (2024). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1). https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.420

Ulfah, M., Karim, & Budiarta, I. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Matematika Siswa Islam Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(2), 75-81. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article/view/47131

Usman, & Muttaqin, M. Z. (2024). Implementasi Ptk Berbasis Lesson Study Melalui Penerapan Model Think-Pair-Share dengan Menggunakan Komik Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tingkat Madrasah Aliah. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 2(1), 37-42. https://doi.org/10.61924/jasmin.v2i1.28

Yeo, S., & Webel, C. (2022). Elementary students’ fraction reasoning: a measurement approach to fractions in a dynamic environment. Mathematical Thinking and Learning, 26(1), 20-46. https://doi.org/10.1080/10986065.2022.2025639

Downloads

Published

2025-08-04