PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 16 PADANG

Authors

  • Mifthahhul Jannah Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Suryadi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Joni Adison Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30492

Keywords:

family environment, bullying behavior, junior high school students

Abstract

This study aims to describe and analyze the influence of the family environment on the bullying behavior of seventh grade students at SMP Negeri 16 Padang. The background of this study is the high number of bullying cases in schools that can have a negative impact on the psychological and social development of students. This study uses a quantitative method with a simple linear regression approach. The sample consisted of 68 students selected through a total sampling technique. The instrument used was a questionnaire. The results of the study indicate that: (1) the students' family environment is in the low category, (2) bullying behavior is in the fairly high category, and (3) there is a significant influence between the family environment and bullying behavior by 15%. These results indicate the importance of the family's role in shaping students' social behavior.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alparizi, A. S. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pelaku Bullying Siswa Kelas Ix Di SMPn 2 Praya Timur. Al-Tazkiah, 6(1), 1–16. Https://Journal.Uinmataram.Ac.Id/Index.Php/Altazkiah/Article/View/108

Amalia, M. (2021). Hubungan Karakteristik Anak Dan Lingkungan Keluarga Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa. Idea Nursing Journal, Xii(3), 47–54. Http://Www.Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Inj/Article/Download/22469/15422

Amin, N. F. (2023). Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Anisa, Z. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Ix Pada Mata Pelajaran Ppkn Di SMP N 5 Kota Jambi. Skripsi, 36–106.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Rineka Cipta.

Budiman, A. (2021). Perilaku Bullying Pada Remaja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jawa Tengah: CV. Pena Persada

Fatmawati. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Manajerial Pada Pedagang Pakaian Pasar Pusat Pasar Kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1).

Febriansyah, D. R., & Yuningsih, Y. (2024). Fenomena Perilaku Bullying Sebagai Bentuk Kenakalan Remaja Di Smk-Ti Pembangunan Cimahi. Jurnal Ilmiah Perlindungan Dan Pemberdayaan Sosial, 1, 33.

Fredy. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 314–320.

Hasnawiyah. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Desa Panincong Kec. Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi.

Hotmaulina, S. (2013). Pengaruh Suasana Rumah Tempat Tinggal Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sman Dki Jakarta. Jurnal Dinamika Pendidikan, 6(3), 100–156.

Ika, E. (2021). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viid Di SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 220–225.

Indah, S. D. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 375.

Jayanti, M. (2022). Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Se-Kecamatan Prembun. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 21.

Kurniasih, H. S., & Suryana, Y. (2022). Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Kelas V Dalam Pembelajaran Online Di Whatsapp Group. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 109–122.

Lailiyah, N. (2021). Konsep Pola Asuh Orang Tua Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 155–174.

Luftiah. (2024). Kondisi Lingkungan Keluarga Berdampak Pada Kepatuhan Siswa Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah Di Sd Negeri 193 Kotanopan. Jurnal Edukatif, 2(2), 375–382.

Mainanda, R. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sdn Ks 01 Jakarta Barat.

Mardiani, S. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439.

Meita, S. S. (2019). Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, Dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura. 21.

Nadia, S. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36.

Nasution. (2022). Hubungan Lingkungan Keluarga Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Di Sma Negeri 1 Panyabungan. Skripsi, 2(2), 120.

Rehia, K. I. B. (2011). Pengaruh Komunikasi Antar Budaya Dalam Keluarga Di Komplek Setia Budi Indah. Jurnal Ilmu Sosial-Fakultas Isipol Uma, 4(2), 154–161.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta,

Robiprtatama. (2008). Pengaruh Bullying Terhadap Hubungan Antar Manusia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 282.

Rizki, K. N. (2018). Hubungan Perilaku Bullying Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Bandar Sakti Lampung Tengah. Skripsi.

Rusdiana Fendi. (2022). Status Sosial Dan Relasi Keluarga Pada Self-Esteem Remaja. Pintar Harati : Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 18(1), 89–100.

Sartika, N. (2022). Pengaruh Bullying Terhadap Hubungan Sosial Siswa Di SMP N 17 Kota Jambi. Skripsi, 20–132.

Sawkani, A., & Suhaimi, F. (2024). Konsep Orang Tua Dalam Mendidik Anak Menurut Ajaran Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 124–141.

Downloads

Published

2025-09-12