ANALISIS PROGRAM P5 UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Penelitian Kualitatif Deskriptif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30465Keywords:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Peduli lingkungan, Karakter, Kurikulum Merdeka, Sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam menumbuhkan nilai karakter peduli lingkungan pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN 37 Ampenan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program P5 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan telah dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, sekolah membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan, tema topic dan alokasi waktu, menyusun modul pembelajaran berbasis proyek. Tahap pelaksanaan melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan proyek, seperti pengelolaan sampah organik dan anorganik, pembuatan pot dan vas bunga dari botol plastik. Sementara itu, evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif melalui observasi, refleksi siswa, serta penilaian terhadap sikap dan hasil karya. Kegiatan ini terbukti berhasil membangun kesadaran dan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Program P5 dinilai efektif dalam menanamkan nilai karakter peduli lingkungan melalui pendekatan berbasis proyek yang kontekstual, kolaboratif, dan menyenangkan. Dengan demikian, program ini memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa yang sejalan dengan tujuan Kurikulum MerdekaDownloads
References
Biggs, J. (1996). Enhancing teaching through constructive alignment. Higher Education, 32(3), 347–364
Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365–377.
Fadlullah, M., Tahir, M., Sobri, M., (2025). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter Berbabis Nilai Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri 5 Sila. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1080-1090.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Laghung, R. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3(1), 1–9.
Lathif, M. A., & Suprapto, N. (2023). Analisis Persiapan Guru dalam Mempersiapkan Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Implementasi Kurikulum Merdeka. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 1(2), 271–279.
Maulida, F. N., & Sudrajat, A. (2022). Penggunaan Modul Pembelajaran P5 Berbasis Proyek untuk Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 215–228.
Nugroho, T., & Lestari, D. (2022). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Melaksanakan P5 pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 101–110.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14– 20.
Ramadhani, D., & Marlina, L. (2023). Analisis Perencanaan Pembelajaran P5 dalam Penguatan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 15(1), 77–89.
Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Utami, N. W., & Rahayu, S. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Tematik untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 187–196
Wulandari, M., & Mahfud, F. (2023). Efektivitas Projek P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 102–114.
Weiner, B. J. (2009). A theory of organizational readiness for change. Implementation Science, 4(67), 1–9.
Yuliastuti, S., Ansori, I., & FAthurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan. http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/LIK, 51(2), 76–87.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.