MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI KEMANDIRIAN ANAK PADA MASA GOLDEN AGE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.30376Keywords:
Montessori; Golden Age; potensi anak; pendidikan anak usia diniAbstract
Masa Golden Age merupakan periode emas dalam perkembangan anak yang
berlangsung sejak usia 0 hingga 6 tahun, di mana stimulasi yang tepat sangat penting
untuk mengoptimalkan seluruh aspek potensi anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode Montessori dalam mengembangkan potensi anak
selama masa Golden Age (Dwiyanti &Khan, 2020). Metode yang digunakan adalah
studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa
pendekatan Montessori, yang menekankan pada kemandirian, kebebasan dalam batas
yang terstruktur, serta pembelajaran melalui eksplorasi sensorik dan aktivitas konkret,
mampu mendorong perkembangan kognitif, sosial-emosional, serta motorik anak secara
seimbang. Lingkungan belajar yang disiapkan secara khusus dan peran guru sebagai
fasilitator menjadi faktor kunci dalam keberhasilan metode ini. Penelitian ini
merekomendasikan integrasi prinsip Montessori dalam pendidikan anak usia dini di
Indonesia untuk memaksimalkan potensi anak sejak dini.
Downloads
References
Anatasya, dkk. (2024). Peran Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Upaya Pelestarian
Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0. BERSATU:
Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 1–12.
Andersen, Christopher. (2004). Learning in. Theory Into Practice, 43(4), 281–286.Elisabeth Revika Hadrianti, Cicilia Novita Ayundasari Poto
8 Syntax Literate, Vol. 6, No. 13, Juni 2025
Aziza, dkk. (2020). Pengaruh Metode Montessori dalam Meningkatkan Pemahaman
Konsep Matematika Anak Usia Dini di Banjarmasin. Al-Athfal : Jurnal
Pendidikan Anak, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.14421/al-
athfal.2020.61-02
Chapnick, Adam. (2008). The Golden Age. International Journal, 64(1), 205–221.
https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Melalui APE. SENASTER" Seminar Nasional Riset …, Vol. 1, pp. 1–8.
Retrieved from
https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/view/2754
Irawati, dkk. (2023). Tinjauan Kritis Model Pembelajaran Montessori dalam
Pengembangan Kemandirian Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu
Pendidikan, 6(6), 4033–4038. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1577
Lillard, Angeline Stoll. (2006). Montessori: the science behind the genius. In Choice
Reviews Online (Vol. 43). https://doi.org/10.5860/choice.43-5409
Lillard, dkk. (n.d.). Optional ERIC Coversheet — Only for Use with U . S . Department
of Education An Alternative to “ No Excuses ”: Considering Montessori
as Culturally Responsive Pedagogy.
Mumtazah, dkk. (2019). Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran
AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini,
3(2), 91–102. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-03
Randolph, dkk. (2023). Montessori education’s impact on academic and nonacademic
outcomes: A systematic review. Campbell Systematic Reviews, 19(3).
https://doi.org/10.1002/cl2.1330
Sumitra, Agus. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam
Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian
Deskriptif Di Paud Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal
Empowerment, 4(2252), 62–65.
Tanzeh, dkk. (2004). Metode Penelitian Sugiyono 2019. Metode Penelitian.
Tanzeh, Ahmad, & Arikunto, Suharsimi. (2004). Metode Penelitian Sugiyono 2019.
Metode Penelitian.
Untung, dkk. (2023). The Gold Age of Childhood: Maximizing Education Efforts for
Optimal Development (Vol. 1). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-
052-7_30
Yusshinta, dkk. (2023). Implementasi Model Montessori Dalam Pembelajaran
Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 7(01), 178–183.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















