MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI UNTUK MENGEMBANGKAN POTENSI KEMANDIRIAN ANAK PADA MASA GOLDEN AGE

Authors

  • Elisabeth Revika Hadrianti Universitas Sanata Dharma
  • Cicilia Novita Ayundasari Poto Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.30376

Keywords:

Montessori; Golden Age; potensi anak; pendidikan anak usia dini

Abstract

Masa Golden Age merupakan periode emas dalam perkembangan anak yang
berlangsung sejak usia 0 hingga 6 tahun, di mana stimulasi yang tepat sangat penting
untuk mengoptimalkan seluruh aspek potensi anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode Montessori dalam mengembangkan potensi anak
selama masa Golden Age (Dwiyanti &Khan, 2020). Metode yang digunakan adalah
studi literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa
pendekatan Montessori, yang menekankan pada kemandirian, kebebasan dalam batas
yang terstruktur, serta pembelajaran melalui eksplorasi sensorik dan aktivitas konkret,
mampu mendorong perkembangan kognitif, sosial-emosional, serta motorik anak secara
seimbang. Lingkungan belajar yang disiapkan secara khusus dan peran guru sebagai
fasilitator menjadi faktor kunci dalam keberhasilan metode ini. Penelitian ini
merekomendasikan integrasi prinsip Montessori dalam pendidikan anak usia dini di
Indonesia untuk memaksimalkan potensi anak sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatasya, dkk. (2024). Peran Literasi Budaya dan Kewargaan dalam Upaya Pelestarian

Kebudayaan Lokal Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0. BERSATU:

Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 1–12.

Andersen, Christopher. (2004). Learning in. Theory Into Practice, 43(4), 281–286.Elisabeth Revika Hadrianti, Cicilia Novita Ayundasari Poto

8 Syntax Literate, Vol. 6, No. 13, Juni 2025

Aziza, dkk. (2020). Pengaruh Metode Montessori dalam Meningkatkan Pemahaman

Konsep Matematika Anak Usia Dini di Banjarmasin. Al-Athfal : Jurnal

Pendidikan Anak, 6(1), 15–26. https://doi.org/10.14421/al-

athfal.2020.61-02

Chapnick, Adam. (2008). The Golden Age. International Journal, 64(1), 205–221.

https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Dwiyanti, L., & Khan, R. I. (2020). Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Melalui APE. SENASTER" Seminar Nasional Riset …, Vol. 1, pp. 1–8.

Retrieved from

https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/senaster/article/view/2754

Irawati, dkk. (2023). Tinjauan Kritis Model Pembelajaran Montessori dalam

Pengembangan Kemandirian Anak. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan, 6(6), 4033–4038. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1577

Lillard, Angeline Stoll. (2006). Montessori: the science behind the genius. In Choice

Reviews Online (Vol. 43). https://doi.org/10.5860/choice.43-5409

Lillard, dkk. (n.d.). Optional ERIC Coversheet — Only for Use with U . S . Department

of Education An Alternative to “ No Excuses ”: Considering Montessori

as Culturally Responsive Pedagogy.

Mumtazah, dkk. (2019). Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran

AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini,

3(2), 91–102. https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-03

Randolph, dkk. (2023). Montessori education’s impact on academic and nonacademic

outcomes: A systematic review. Campbell Systematic Reviews, 19(3).

https://doi.org/10.1002/cl2.1330

Sumitra, Agus. (2014). Proses Pembelajaran Berbasis Metode Montessori Dalam

Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini (Penelitian

Deskriptif Di Paud Assya’idiyah Kab. Bandung Barat). Jurnal

Empowerment, 4(2252), 62–65.

Tanzeh, dkk. (2004). Metode Penelitian Sugiyono 2019. Metode Penelitian.

Tanzeh, Ahmad, & Arikunto, Suharsimi. (2004). Metode Penelitian Sugiyono 2019.

Metode Penelitian.

Untung, dkk. (2023). The Gold Age of Childhood: Maximizing Education Efforts for

Optimal Development (Vol. 1). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-

052-7_30

Yusshinta, dkk. (2023). Implementasi Model Montessori Dalam Pembelajaran

Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Golden Age, 7(01), 178–183.

Downloads

Published

2025-07-16