PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF WORDWALL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30358Keywords:
Kata Kunci: Media Pembelajaran, IPAS, Wordwall, PBL, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya media pembelajaran yang ada di sekolah terutama media pembelajaran digital. Media pembelajaran di sekolah masing menggunakan media pembelajaran konkrit sehingga kurangnya minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran IPAS menggunakan Media Interaktif Wordwall berbasis Problem Based Learning (PBL) di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Proses penelitian menggunakan model ADDIE ini terdiri dari (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Perancangan, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap Penerapan, (5) Tahap Evaluasi. Hasil penelitian media pembelajaran IPAS menggunakan media wordwall berbasis Problem Based Learning (PBL) pada mata Pelajaran IPAS di kelas IV Sekolah Dasar sudah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A.,Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur- unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.
Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili,and Rachil Amalia Mufidah. "Analisis teknologi pembelajaran dalam pendidikan Sekolah Dasar." Fondatia, 4.1 (2020): 150-157.
Marzuki, Gilang Achmad, and AgungSetyawan. "Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak." Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1.4 (2022): 53- 62.
Harsiwi, Udi Budi, and Liss Dyah DewiArini. "Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 4.4 (2020): 1104-1113.
Janti, Suhar. "Analisis validitas dan reliabilitas dengan skala likert terhadap pengembangan si/ti dalam penentuan pengambilan keputusan penerapan strategic planning pada industri garmen." Prosiding Snast (2014): 155-160.
Marlina, Rina, and Yeni Erita. "AnalisisSoal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 8.2 (2022): 3004- 3015
Oktariyanti, Ditania, Aren Frima, andRiduan Febriandi. "Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi wordwall tema indahnya kebersamaan pada siswa sekolah dasar." Jurnal Basicedu 5.5 (2021): 4093- 4100.
Sayfullooh, Istiqomah As, Yeni Erita,and Nafsi Latifah. "Peningkatan Hasil Belajar Materi Hak dan Kewajiban Dengan Game-based Learning Berbantukan Permainan Kartu Kwartet." Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 13.1 (2023): 159-170
Suprayitno, S. (2022).Pengembangan Game Edukasi Wordwall Dalam Pembelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1355- 1364.
Sahida, Nabila Nur, Siti Rokmanah, and Ahmad Syachruroji. "Literature Review: Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.3 (2023): 3491-3503
Wardani, Nirmala Wahyu, Widya Kusumaningsih, and Siti Kusniati. "Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4.1 (2024): 134-140.
Yolanda, N. S., & Laia, N. (2022). Praktikalitas media pembelajaran matematika menggunakan aplikasi powtoon. Jurnal kepemimpinan dan pengurusan sekolah, 7(4), 516-523.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.