UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS VIMENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA EBOP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30329Keywords:
learning outcomes, LKPD, problem based learningAbstract
Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di SDN Sukolilo 3 dalam mata pelajaran IPAS pada materi sistem tata surya dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang ditunjang oleh media Explosion Box of Physics (EBOP). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan lewat dua siklus, yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas VI. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Pada tahap pra-siklus, hanya 48% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan model PBL berbantuan media EBOP pada siklus I, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai sebanyak 92,85. Penemuan ini memperlihatkan jika integrasi model PBL dan media EBOP efektif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Selain itu, media EBOP juga berhasil meningkatkan partisipasi dan antusiasme siswa melalui pendekatan visual yang menarik dan interaktif. Dengan demikian, penerapan model PBL melalui media EBOP dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif di jenjang sekolah dasar.Downloads
References
Mutiaah, A. S., Sinensis, A. R., & Rofiqoh, S. A. (2022). U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher 3 (2) (2022) 37-44 Pengembangan Media Pembelajaran EBOP (Explosions Box of Physics) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. https://jsr.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/U-Teach.
Arianti, L., Theo Jhoni Hartanto, & Pri Ariadi Cahya Dinata. (2025). IMPROVING LEARNING OUTCOMES THROUGH PROBLEM BASED LEARNING ON EARTH AND SOLAR SYSTEM MATERIALS. BALANGA: Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.37304/balanga.v13i1.17341.
Kadek Kurniawan, I., Putu Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 8, Issue 2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU.
Zulfiqor, I., & Purwati, P. D. (2024). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Sistem Tata Surya melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Berbasis Android Siswa SD. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(5), 6111–6122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i5.7648.
Zuryanty, Kenedi, A. K., Chandra, R., Hamimah, & Fitria, Y. (2019). Problem based learning: A way to improve critical thinking ability of elementary school students on science learning. Journal of Physics: Conference Series, 1424(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1424/1/012037.
Darlis, N., & Movitaria, M. A. (2021). Penggunaan Model Assure untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2363–2369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1185.
Khoirudin Hamzah, K., Rulviana, V., Retnowati, A., PGRI Madiun, U., & Kota Madiun, W. (n.d.). PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA.
Ndaumanu, D. D., Koroh, T. R., & Ratu, K. T. R. A. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Menjelajahi Sistem Tata Surya di Kelas VI SD Negeri Nunbaun Sabu. ARZUSIN, 5(3), 1133–1143. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i3.5770.
Ibrahim, M. (n.d.). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM TATA SURYA.
Az’rel Apriliansyah, M., & Hidayatus Sholikah, O. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SDN. 28(2), 99–111.
Ruslani+-+Peningkatan+Kemampuan+Pemahaman+Konsep+Tata+Surya+MelaluidPendekatan+Problem-Based+Learning+di+SD+Negeri+Ketanggungan+06. (n.d.).
Triwulandari, M. U. (2023). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TENTANG TATA SURYA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN SAINS SISWA KELAS VI SD NEGERI TEMAS 01. 2(2), 943–968. https://jurnal.widyahumaniora.org/.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS IV SD N JOHO 02. (n.d.). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.
Kartika Sari, Y., & Hanifah Kustianingrum, E. (n.d.). Penerapan Pembelajaran Model PBL Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VII SMPN 2 Sukorejo. https://doi.org/10.53515/qodiri.
Kelas, D., Sdn, V. C., Putri, P., 1✉, R., Ratna, E., Waty, K., & Astria, R. (n.d.). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Problem Based Learning (PBL). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 4621–4630.
Jurnal, J. :, & Guru, P. (n.d.). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri Sitanggal 04.
Dharma Santi, M., Nursyahidah, F., Andri Nugroho, A., PGRI Semarang, U., Sidodadi Timur No, J., Semarang Tim, K., Semarang, K., Tengah, J., Pandeanlamper, S., Badak Raya No, J., & Lamper, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Canva pada Siswa Kelas V SDN Pandeanlamper 03. Journal on Education, 05(04), 12272–12280.
Ninggar A, D., & Ling Ling, E. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Tata Surya. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(1), 37–43. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i1.556.
Noviati, W. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SD. In Jurnal Kependidikan (Vol. 7, Issue 2).
Dwi Evitasari, A., Dewi Pancasari, T., & Sugoyanta, G. (2025). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 08(1), 1–15. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd.
Yustina Wati, L. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MUATAN MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA). Journal of Education Papua Baru, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.