Tantangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital

Authors

  • Dyah Farissa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Budi Haryanto Drs.,M.Pd Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.30260

Keywords:

slamic Religious Education, Digital Era, Learning Challenges.

Abstract

This research discusses the learning challenges of Islamic Religious Education (PAI) in the digital era, with a focus on improving teacher competence, material relevance, and students' readiness to face technological developments. The research method used is library research with content analysis and a hermeneutic approach to understand the contextual meaning of various sources. The results of the study show that digitalization brings significant changes in the PAI learning process, starting from a paradigm that shifts from conventional methods to technology-based learning, to the use of digital media to support the teaching and learning process. However, there are challenges such as low digital literacy, technology access gaps, potential internet abuse, and the need for innovation in the preparation of teaching materials to remain relevant and effective. This research emphasizes the importance of strengthening teacher competence, developing digital learning materials, and improving students' digital literacy to ensure that PAI learning is still able to shape the character and spiritual values of the younger generation in the midst of changing times.

Downloads

Download data is not yet available.

References

abdillah, rahman, adhityo kuncoro, fajar erlangga, and vickry ramdhan. 2022. “pemanfaatan aplikasi kahoot ! dan quizizz sebagai media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi.” jurnal pendidikan sains dan komputer 2(1): 92–102.

abdul aziz, and supratman zakir. 2022. “tantangan pembelajaran pendidikan agama islam di era 4.0.” irje: jurnal ilmu pendidikan 2(3): 1070–77.

afif, nur. 2019. “pengajaran dan pembelajaran di era digital.” pendidikan islam 2(01): 117–29.

ahmad, khatib ramli, lalu sibuan amir, and muh hapipi. 2024. “pengaruh media sosial terhadap pola komunikasi dan hubungan sosial dalam kalangan generasi z.” sanskara ilmu sosial dan humaniora 1(02): 85–94. doi:10.58812/sish.v1.i02.

akbar, rahmadani, and nur saidah. 2025. “transformasi kompetensi guru pai di abad 21 : perubahan paradigma pembelajaran di era digital.” ilmiah kajian islam 9(2): 137–50.

asfiati. 2021. redesign pembelajaran pendidikan agama islam menuju revolusi industri 4.0 di sekolah. edisi revi. ed. ihwanuddin pulungan. jakarta: kencana.

azhar kholifah. 2022. “strategi pendidikan pesantren menjawab tantangan sosial di era digital.” jurnal basicedu 6(3): 4967–78.

azizah, emma, and fahyuni baharuddin. 2021. “hubungan antara fear of missing out (fomo) dengan kecanduan media sosial instagram pada remaja.” psikologi humanistik 9: 15–25.

dwiputro, retna maskur. 2022. “pembelajaran pendidikan agama islam berbasis b lended learning di sekolah menengah atas.” pendidikan islam 15(2): 339–56. doi:10.32832/tawazun.v15i2.8597.

erlin, and muhammad aqil. 2025. “the influence of social media on the motivation to learn history of grade xi students in high school.” education journal of social studies 3: 45–54.

fauzi, muhammad, and moh samsul arifin. 2023. “teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam pendidikan islam.” al-ibrah jurnal pendidikan dan keilmuan islam 8(1).

fransori, arinah, nur irwansyah, and friza youlinda parwis. 2024. “inovasi pendidikan dan penerapan pembelajaran interaktif di era digital.” pendidikan impola (jpi) 01(02): 138–45.

fricticarani, ade, amalia hayati, ramdani r, irva hoirunisa, and gina mutiara rosdalina. 2023. “strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0.” jurnal inovasi pendidikan dan teknologi informasi (jipti) 4(1): 56–68. doi:10.52060/pti.v4i1.1173.

hamzah, amir. 2019. metode penelitian kepustakaan library research kajian filosofis, teoritis dan aplikatif. pertama. batu: literasi nusantara.

hariyadin, nasihudin. 2021. “pengembangan keterampilan dalam pembelajaran.” jurnal pendidikan indonesia 2(4): 733–43.

hasanah, uswatun, and muhammad sukri. 2023. “implementasi literasi digital dalam pendidikan islam : tantangan dan solusi.” pendidikan xi(2): 177–88.

hasanuddin, puryadi, and agus jayadi. 2022. “analisis kesiapan digitalisasi sekolah jenjang smp di kabupaten sumbawa bara.” jurnal ilmiah universitas muhammadiyah buton 8(1): 1–13.

hasmar, sastrawati arni, and ismail. 2024. “menggali peran filsafat pendidikan dalam membentuk pemikiran kritis di era teknologi.” jurnal pendidikan dan ilmu sosial 3(1).

iman firmansyah, mokh. 2019. “pendidikan agama islam : pengertian, tujuan, dasar, dan fungsi.” pendidikan agama islam -ta’lim 1(2): 79–90.

iqbal syahrijar, ildira az zahra, udin supriadi, and agus fakhruddin. 2023. “pembelajaran pendidikan agama islam berbasis digital.” jurnal al-hikmah 5(1).

irnawati, sri tangahu, kasim yahiji, muh arif, and yanty k. manoppo. 2024. “pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran pai di sekolah umum berbasis digitalisasi.” indonesian research journal on education 4(2): 187–93.

laily, irene mardiatul, anita puji astutik, and budi haryanto. 2022. “instagram sebagai media pembelajaran digital agama islam di era 4.0.” munaddhomah: jurnal manajemen pendidikan islam 3(2): 160–74. doi:10.31538/munaddhomah.v3i2.250.

mahanum. 2021. “tinjauan kepustakaan.” journal of education 1(2): 1–12.

mahsup. 2024. “desain pengembangan kurikulum abad 21 dalam perspektif progresivisme.” kompasiana.

manan, abdul. 2023. “pendidikan islam dan perkembangan teknologi : menggagas harmoni dalam era digital.” jurnal pendidikan dan kebudayaan 5(1): 56–73.

melani, bahtiar siregar, januari simarmata, m randi al farizi, karmila astuti, and lubis trisnawati. 2024. “hubungan pendidikan spiritual dengan tingkat kedisiplinan siswa.” journal on education 06(02): 14475–81.

miftahussaadah, and subiyantoro. 2021. “paradigma pembelajaran dan motivasi belajar siswa.” keislaman dan ilmu pendidikan 3: 97–107.

muhartini, amril mansur mansur, and abu bakar. 2023. “pembelajaran kontekstual dan pembelajaran problem based learning.” jurnal inovasi ilmu pendidikan 1(1): 66–77.

mustofa. 2018. “digitalisasi koleksi karya sastra balai pustaka sebagai upaya pelayanan di era digital natives.” perpustakaan universitas airlangga 8(2): 61–68.

neliwati, hasi lapian pohan, and faisal fahmi rambe. 2024. “manajemen kurikulum pembelajaran pendidikan agama islam di era digital.” program studi pgmi 11: 246–53.

nila nirwana. 2023. “peran guru pendidikan agama islam di era digital.” jurnal pendidikan profesi guru agama islam 3(2): 235–41.

pandie, yohanis remegises danial. 2022. “literasi digital berbasis pendidikan kristiani sebagai sarana pembentukan karakter era disrupsi teknologi.” ilmu pendidikan 4(4): 5995–6002.

puspita lestari, santi arum, and dwi sulistya kusumaningrum. 2023. “implementasi digitalisasi pendidikan terhadap pembelajaran di sdn ciptamargi 1.” prosiding konferensi nasional penelitian dan pengabdian universitas buana perjuangan karawang 3(1): 718–25.

puspitarini, dyah. 2022. “blended learning sebagai model pembelajaran abad 21.” jurnal karya ilmiah guru 7(1): 1–6.

rahman, musyirah, ifah nursyabilah, peni astuti, muh irfan syam, sam’un mukramin, and wa ode ingra kurniawati. 2023. “pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran.” journal on education 05(03): 10646–53.

riadi, muchlisin. 2022. “motivasi belajar - pengertian, fungsi, prinsip dan cara menumbuhkan.” kajianpustaka.com.

ristanti octiana, choirrudin candra, dinanti lutfita kurnia. 2020. “pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional telaah terhadap uu nomor 20 tahun 2003.” pendidikan islam 13(2): 152–59. doi:10.32832/tawazun.v13i2.2826.

riyadi, slamet, al munip, ahmad junaidi, taslim buaja, syahrial shaddiq, and nining andriani. 2025. “transformasi pendidikan luar biasa di era digital : inklusi dan teknologi di tahun 2025.” jurnal edu research indonesian institute for corporate learning and studies (iicls 6(1).

rizfani, muhammad, muhammad mauladi, and arya wardana. 2024. “pendidikan agama di era digital.” islamic education 3: 145–54.

robiah, khofifatur, nur rahmah putri, firotul jannah, and nita yuli astuti. 2024. “peran teknologi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran pendidikan islam.” pendidikan islam al-affan 4(2): 218–23.

sajdah, meilisa, and halen dwistia. 2022. “pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam.” ar rusyd: jurnal pendidikan agama islam 1(2): 78–93. doi:10.61094/arrusyd.2830-2281.33.

salamah, wiladatus. 2020. “deskripsi penggunaan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran.” jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan 4: 533–38.

santi, komputri apria, and sefri kandi ja’far yazid. 2020. “konsep pemikira ahmad tafsir dalam ilmu pendidikan islam.” jurnal tarbiyah islamiyah 5.

sembiring, irvan mustofa, ilham, eka sukmawati, and opan arifudin. 2024. “pendidikan agama islam berwawasan global sebagai dasar paradigma dan solusi dalam menghadapi era society 5.0.” journal of social science research 4(2): 305–14.

silalahi, dumaris e, eka apriliyah hadayani, bangun munthe, melvin m simanjuntak, sri wahyuni, ramlan mahmud, jamaludin, et al. 2024. litrasi digital berbasis pendidikan. edisi pert. ed. herman. padang sumatra barat: pt. global eksekutif teknologi.

sitompul, baginda. 2022. “kompetensi guru dalam pembelajaran di era digital.” pendidikan tambusai 6(3): 13953–60.

siwitomo, dhina puspita anjeli, nadia nur fitriyani fitriyani, nofah nur fadhilah, and mafiqoh. 2023. “kolaborasi pendidikan : strategi inovasi mengatasi permasalahan.” proceedings of unimbone 1: 64–68.

sugiarto, toto, ambiyar, wakhinuddin, wawan purwanto, and hendra dani saputra. 2023. “efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar : metaanalisis.” jurnal pendidikan 21(1): 128–42. doi:10.31571/edukasi.v21i1.5419.

sugiyarti, sri, and muhammad isa anshory. 2024. “pendidikan islam di era digital.” jurnal penelitian guru indonesia 4(1): 779–86.

suprapno, fadqur, totok, haryanto, moh. nur hidayatullah, muhammad hasan, agung wijaksono, et al. 2021. tantangan pendidikan di masa pandemi covid 19. batu: literasi nusantara.

susanti, sani, fitrah aminah, intan assa’idah mumtazah, mey aulia wati, and tania angelika. 2024. “dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar siswa.” jurnal pendidikan dan rrset 2(2): 86–93.

syaputra, achmad firmansyah, dian hidayati, and nor maya. 2023. “digitalisasi pendidikan pada implementasi kurikulum merdeka.” syntax admiration 4(11): 2207–17.

triyatno, endang fauiziati, and maryadi. 2022. “implementasi kurikulum merdeka belajar dalam prespektif filsafat progresivisme john dewey.” jurnal ilmiah kependidikan 17(2): 17–23.

yuni, setia ningsih. 2024. “meta analisis strategi pembelajaran agama islam di era digital.” : jurnal manajemen dan pendidikan agama islam 2(3).

yusuf, syaifulloh. 2019. “konsep pendidikan akhlak syeikh muhammad syakir dalam menjawab tantangan pendidikan era digital (eksplorasi kitab washāyā al - ābā’ lil abnā’).” ta’dibuna: jurnal pendidikan agama islam 2(1): 1–18.

zain, asmuni, zainul mustain, and rokim. 2024. “penguatan nilai-nilai spiritual dan moralitas di era digital melalui pendidikan agama islam.” jemari: jurnal edukasi madrasah ibtidaiyah 6(2): 94–103.

Zulfikar, Said. 2021. “Penggunaan Website Dan Internet Dalam Pembelajaran.” Journal of Instructional and Development Researches 1(3): 106–11.

Downloads

Published

2025-09-29