Pengembangan Media Panggung Boneka Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Fase A Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30240Keywords:
: Pengembangan Media Pembelajaran, Keterampilan Berbicara, Fase AAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik fase A Sekolah Dasar khususnya dalam aspek keberanian, kelancaran, pelafalan, diksi, dan volume suara. Kurangnya media pembelajaran yang konkret, menarik, dan kontekstual menjadi salah satu penyebab peserta didik kurang aktif dalam kegiatan berbicara di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Panggung Boneka Berbasis Kearifan Lokal yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik fase A Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, observasi terstruktur, wawancara, dan tes. Partisipan penelitian ini terdiri dari 17 peserta didik fase A di salah satu SD Negeri Kota Bandung, praktisi pembelajaran, ahli media, dan ahli materi. Hasil rata-rata validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran menunjukan bahwa media termasuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan. Hasil dari perolehan tes peserta didik sebelum dan sesudah uji coba media menunjukan peningkatan dengan nilai n-gain berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media panggung boneka berbasis kearifan lokal ini layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik fase ADownloads
References
Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kulikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek No 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidkan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.
Napitupulu, E. E., Luga, N., & Simamora, N. (2023). Pelatihan Public Speaking Yang Baik Dan Benar Bagi Mahasiswa Yang Dilaksanakan. Journal Abdimas Mutiara, 4(1), 82–85.
Pranata, Y. . . S. P. . & S. A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan. JurnalPendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan. Jurnal Pendidikan: Toeri, Penelitian Dan Pengembangan, 627–636.
Rahmawati, A., Lubis, F., Gulo, F. T., Nadzifa, N. H., Yulina, R., Theresia, T., & Wijaya, Y. (2024). Analisis Kemampuan Menyimak Anak Kelas V SDN 064037, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 890–895. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2216
Rummar, M. (2022). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Syntax Tranformation, 3(12).
Siahaan, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Prociding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 649–651.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 BAB XIV Pasal 50 ayat 5
Utami, R., Agustiani, R., & Septy, L. (2024). Pengembangan Vlog Pembelajaran Matematika Dengan Konteks Zakat Mal Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Integrasinya, 2(2), 14–23. https://doi.org/10.62426/pi.v2i2.68
Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 5(02), 73–85. https://doi.org/10.58176/eciejournal.v3i01.679
Wulandari, O. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. 1(4), 132–143.
Yeni, D. F., Rahmatika, D., Muriani, M., & Armi Eka Putri, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 93–102. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.571
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.