EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP AL-ITTIHAD

Authors

  • Rohman Hamid STKIP PGRI Bangkalan
  • Dian Eka Indriani STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30091

Keywords:

media audio visual, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Al-Ittihad Desa Batokorogan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keaktifan siswa dalam pelajaran PPKn, serta rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data utama berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari enam orang, termasuk siswa dengan kualitas belajar berbeda serta seorang guru PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual mampu meningkatkan pemahaman siswa, minat belajar, serta partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih termotivasi dan mampu mengingat materi terutama pada topik hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dengan demikian, media audio visual efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz. (2021). PENINGKATAN APRESIASI KONSEP KARYA TARI BERBANTUAN MEDIA REKAMAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IX SEMESTER 2 SMPN 1. 1(1).

Aliyah, G. H., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Motivasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kotabaru. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(2), 361–364. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i2.6797

Ariyana, I. S. ramdhani, S. (2020). Published by LP4MK STKIP PGRI LUBUKLINGGAU MERDEKA BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI. 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay Company.

Faridatul Hasanah, C. M. K. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin Kota Bogor. http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/vie

Indrawati. (2016). PENERAPANMEDIA FILM STRIP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS CERITA MURID KELAS III SDN 174 SUKADAMAI KECAMATAN SUKAMAJU KABUPATEN LUWU UTARA Indrawati.

Iwan Pratono, Z. D. U. J. N. S. I. H. S. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO MEDIA PEMBELAJARAN SENI RUPA TRADISIONAL DAYAK KALIMANTAN TENGAH BERBASIS VIRTUAL REALITY SMPN 2 PALANGKA RAYA. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10.

Kanisius Supardi. (2017). MEDIA VISUAL DAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Kanisius Supardi.

Kirani, F., & Guntur, M. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Walahar. Kajian Pendidikan Dasar, 8(1), 1–10.

Achadiyah, I., & Indriani, D. E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Keberagaman dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika Kelas VII SMP Sabilush Sholihin Socah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 5(2), 516-525.

Indriani, D. E. (2017). Character education based on Pancasila values through curriculum 2013 on primary education children in Madura. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 2(1), 13-17

Indriani, D. E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Cooperative Scripts Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengeliminasi Miskonsepsi Pkn Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2).Desi Pristiwanti1, B. B. (2022). jurnal pendidikan dan konseling. jurnal pendidikan dan konseling, 2.

Hamdani, R., & Indriani, D. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII MTs Miftahul Mubtadiin. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN dan Sosial Budaya, 3(2), 185-194..

Mariatun, I. L., & Indriani, D. E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila melalui Kurikulum K13 di Sekolah Dasar. CIVIC-CULTURE: jurnal ilmu Pendidikan PKN dan sosial budaya, 2(2).

Downloads

Published

2025-08-04