Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Modifikasi RME Kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30044Keywords:
Problem Based Learning, Realistic Mathematic Education, Soal CeritaAbstract
Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika karena siswa sering menghadapi hambatan dalam memahami isi soal, memilih strategi yang sesuai, serta mengubah permasalahan ke dalam bentuk matematika. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut memerlukan model pembelajaran yang relevan yaitu Problem Based Learning (PBL) yang dimodifikasi dengan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) modifikasi Realistik Mathematic Education (RME) pada siswa kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dimodifikasi dengan Realistic Mathematic Education (RME) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase dan skor pada siklus III yang sudah mencapai target yang ditentukan yaitu pada pengamatan guru yaitu 95% dan pengamatan siswa yaitu 92,5 %. Adapun kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika yaitu 93,10 %. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) modifikasi Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN Gedong 03 Pagi.Downloads
References
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322
Aminah, A., & Kurniawati, K. R. A. (2018, Oktober 30). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122.
Winahyu, F. H., Nulhakim, L., & Rumanta, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berdiferensiasi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika
Suparman, Juandi, D., & Tamur, M. (2021). Review of problem-based learning trends in 2010-2020: A meta-analysis study of the effect of problem-based learning in enhancing mathematical problem-solving skills of Indonesian students. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012103
Siregar, H. S., & Harahap, M. S. (2019, 23 Mei). Efektivitas kemampuan representasi matematis siswa menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 7–18.
Fitriani, S., & Fauzi, A. (2024). Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 10(1), 45–55.
Anisa, W. N., & Prasetyo, A. K. (2023). P PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI BLOTONGAN 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2550-2562.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.