PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC MENGGUNAKAN FLIPBOOK BERBANTUAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR KELAS II SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.30015Keywords:
E-komik; Flipbook; Canva; Pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-comic berbasisFlipbook berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelasII SD terhadap sifat-sifat bangun datar. Rendahnya pemahaman konsep siswaterhadap materi bangun datar menjadi latar belakang utama, seringkali disebabkanoleh media pembelajaran yang kurang interaktif. Oleh karena itu, e-comic ini diharapkan menjadi solusi inovatif yang memanfaatkan teknologi untukmenciptakan pengalaman belajar yang lebih visual dan menyenangkan. Metodepenelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitianadalah siswa kelas II SD. Instrumen pengumpulan data meliputi angket kebutuhan,lembar validasi ahli materi dan media, serta tes pemahaman konsep siswa.Berdasarkan penilaian ahli materi presentase 92,5%, ahli media presentase 92,5%,dan ahli bahasa presentase 96,87% dengan kategori kelayakan “sangat layak”,berdasarkan uji kepraktisan oleh guru dengan presentase 92,5%, oleh peserta didikdalam uji coba terbatas presentase 95,31%, dan oleh peserta didik dalam uji cobaluas presentase 96,99% dengan kategori kepraktisan “sangat praktis”, sedangkanuji keefektifan mencapai 76,22% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan hasilpenelitian bahwa media e-komik tidak hanya berfungsi sebagai alat pendidikanpraktis tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkanpemahaman konsep siswa dalam matematika, sehingga menawarkan solusi yanglayak bagi para pendidikDownloads
References
Daulay, M. I. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24-34.
Dewi, N., Harini, B., & Maharani, S. D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbantuan Artificial Intelligence pada Materi Warisan Budaya Kelas V SD. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 4883-4889.
Fahmudita, A., & Zativalen, O. (2024). PENGEMBANGAN E-COMIC BERBANTUAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 432-445.
Fatonah, R. J., Yunizar, D. A., Yunita, N., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Flipbook “Kodiga” Tentang Halal Dan Haram Dalam Kegiatan Berniaga Pada Pembelajaran Pai Kelas 6 Sd. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4698-4712.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.
Husna, N., Putra, M. J. A., & Alim, J. A. (2022). Pengembangan Materi Pembelajaran Komik Digital Komik Celestial Objek Untuk Memfasilitasi Minat Baca Siswa Kelas VI Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1618-1630.
Maesyaroh, S., Asikin, N. A., & Daswa, D. (2023). INNOVATION OF WEB BASED ENGLISH LEARNING MEDIA DEVELOPMENT. English Review: Journal of English Education, 11(2), 451-460. https://doi.org/10.25134/erjee.v11i2.7468
Mu'afifah, A. N., Luthfiyah, R., Jannah, R., Sihabudin, S., & Khoiriyah, N. (2024). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Pkn untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V MI/SD. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 245-255.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Nur, S. A., Atiqoh, A., & Karyono, H. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Berbasis Kearifan Lokal sebagai Sumber Belajar Muatan IPS bagi Peserta Didik Kelas 5. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 8(1), 120-137.
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis problematika pelaksanaan merdeka belajar matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35-45.
Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705.
Pusawidjayanti, K., Asmianto, A., & Kusumasari, V. (2023). Pelatihan Pembuatan Soal Kuis Interaktif Untuk Guru Semua Bidang Akademik. Journal of Social Outreach, 2(1), 24-30.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Shahwa, D. N., Mustamiroh, M., & Iksam, I. (2024). Pengembangan Bahan Ajar E-Comic melalui Aplikasi Canva pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 5(2), 225-242.
Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 302-313.
Suari, B. A. P., Agustika, G. N. S., & Sujana, I. W. (2023). Komik Digital Matematika Bermuatan Multimedia Berbasis Kontekstual pada Materi Pecahan Kelas IV SD. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 7(3), 409-419.
Suci, S. I. S., Dewi, H. R., & Zainuddin, Z. (2024). Media Pembelajaran Matematika Komik Peluang (Kolang) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 102-111.
Sulistriyaniva, R., Gunansyah, G., & Nasution, N. (2024). Media Komik Digital dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4).
Suprananto, Suprananto, and Eviana Hikamudin. "Pengembangan Bahan Ajar Literasi Finansial untuk Siswa Sekolah Dasar." Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 9.3 (2023): 895-904.
Syilviana, I. S., & Qurrotani, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik digital pada materi peninggalan sejarah kelas IV SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 11(1), 1-9.
Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 10(2), 31-41.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi bimbingan dan konseling di sekolah dalam kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138-146.
Yespa Warinta, Kinanti Oktria, Jihan Annisa Zarah, Ariyanto. R, Rahmayuni Rahmayuni, & Wismanto Wismanto. (2024). Analisis Pengembangan Pemilihan Media Bahan Ajar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(2), 32–40. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i2.2064
Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.