PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Pupun Patmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Atep Sujana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucun Sunaengsih Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29985

Keywords:

Model Pembelajaran RADEC 1, Pemahaman Konsep Peserta Didik 2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas V sekolah dasar pada materi sistem pencernaan manusia. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas V sekolah dasar, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran RADEC sebanyak 32 orang dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Lembar observasl dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas uji homogenitas uji Paired Sample T-Test, uji Wilcoxon, uji Mann-Whitney U, dan uji N-Gain. Hasil penelitian pelaksanaan model pembelajaran RADEC memberikan pengaruh terhadap kinerja guru dan aktivitas peserta didik dengan kategori sangat baik. Pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol, namun tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas setelah perlakuan diberikan. Model pembelajaran RADEC cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen yang menghasilkan rata-rata lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Sehingga, model pembelajaran RADEC dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriansah, A., Sujana, A., Ismail, A., Guru, P., & Dasar, S. (2024). Pengaruh pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik kelas IV pada materi transformasi energi. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 1). https://jurnaldidaktika.org

Az Zahra, F., & Erianjoni, E. (2022). Pengembangan LKPD menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik mata pelajaran sosiologi kelas X SMAN 1 Suliki. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 84–92. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.30

Iwanda, C. N. S., Malika, H. N., & Aqshadigrama, M. (2022). RADEC sebagai inovasi model pembelajaran pendidikan agama islam pasca pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(24), 430–440. https://doi.org/10.5281/zenodo.7494585

Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika.

Meilawati, D. F. (2020). Analisis pemahaman konsep matematis kelas 4 sekolah dasar.

Merya Ikstanti, V., Yulianti, Y., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK. In Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (Vol. 2, Issue 1).

Nurhidayah, I., & Wangid, M. N. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU DONGENG BERBASIS SAINSMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 259. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2688

Putri, T. A., Ali, E. Y., & Ismail, A. (2024). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep dan kolaborasi peserta didik kelas V pada materi bencana alam. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 300–313. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.639

Saputra, R., Anitra, R., & Utama, E. G. (2024). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas V SD pada materi siklus air.

Satuti, R., & Widianto, I. R. (2025). Mengatasi miskonsepsi dalam pembelajaran IPA: Tantangan dan strategi untuk peningkatan pemahaman sains di sekolah dasar pada materi iklim dan perubahan. Elementary School, 12(1), 150–161.

Sholehuddin, & Fiolanisa, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep belajar PPKN peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 11–25. https://doi.org/10.15408/elementar.v4i1

Sopandi, W., & Handayani, H. (2019). The impact of workshop on implementation of Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC) learning model on pedagogic competency of elementary school teachers.

Sopandi, W., Sujana, A., Sukardi, R. R., Sutinah, C., & Yanuar, Y. (2021). MODEL PEMBELAJARAN RADEC: Teori dan Implementasi di Sekolah. UPI PRESS.

Suharti, Sumardi, Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar.

Ulfa, S., Sulistyorini, & Ratna Dewi, N. (2023). Peningkatan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan media diorama kelas VII SMP Negeri 19 Semarang.

Yulianti, Y., Lestari, H., Rahmawati, I., Agama, I., & Sahid, I. (2022). Penerapan model pembelajaran RADEC terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915

Downloads

Published

2025-08-04