PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JATINGALEH 01 KOTA SEMARANG

Authors

  • Nadya Puspita Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Farid Ahmad Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29908

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan proses pembelajaran, yang berdampak dengan rendahnya hasil belajar dari peserta didik. Pengembangan media dengan pembelajaran berbasis lectora menjadi salah satu solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dan menguji pengembangan suatu produk berdasarkan kelayakan, kepraktisan, serta efektifitas. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas IV A SDN Jatingaleh 01 dengan populasi 27 peserta didik, 3 peserta didik sebagai uji coba skala kecil, dan 24 peserta didik sebagai uji skala besar. Hasil uji kelayakan berupa penilaian dari validator ahli media dan materi yakni diperoleh presentase 92,2% dan 94% yang berkriteria sangat layak. Uji kepraktisan diambil dari hasil angket respon guru dan peserta didik dengan perolehan sebesar 93% dan 96% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas media berupa nilai pre-test dan post-test yang dilakukan dengan dua tahap skala kecil dan besar, dengan perolehan nilai 0,81 dan 0,74 yang masuk kedalam kriteria tinggi. Secara keseluruhan, temuan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang menggunakan Lectora Inspire layak, dapat diterapkan, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas empat di SDN Jatingaleh 01 Kota Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan RnD. Bandung : Alfabeta.

Andarini, M. R., & Damayanti, M. I. (2024). Pengembangan Media Jenga Board Game Majas Personifikasi untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas IV Sekolah Dasar. Kota Surabaya.

Azzahra, N. T. (2025). Teori Konstruktivisme Dalam Dunia Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(2), 64–75. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i2.4762

Dini Silvina, Shalshabila Shalshabila, & Gusmaneli Gusmaneli. (2025). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Peserta Didik di Era Teknologi. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 91–103. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i2.2616

Elmahasina, N., Amelia, R., & Rahman, A. (2025). Pentingnya Pendidikan Dasar Bagi Anak Di Indonesia. In Karimah Tauhid (Vol. 2).

Fikriyah Safira, R., & Nahdi, D. S. (2024). Jurnal MADINASIKA KERAGAMAN PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal MADINASIKA, 5(2), 68–77.

Fujianti, W., & Wahyuningtyas, N. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PETA JELAJAH EKONOMI KOLONIAL (JEKO) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATERI PERJALANAN EKONOMI INDONESIA SEBELUM KEMERDEKAAN KELAS VIII. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 10 Nomor 02.

Gusti Ayu Putu Widiastari, N., & Dwi Puspita, R. (2024). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES 2 NAMBARU. 4(4).

Irawan, D. B. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER LECTORA INSPIRE DALAM PEMBELAJARAN SUBTEMA LINGKUNGAN SOSIALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(3). Retrieved from http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Isra Miharti, & Epinur. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputational Pada Materi Bentuk Molekul. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1), 49. https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17558

Khalil, N. A., & Wardana, M. R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 121–130. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.45

R Nurhayati, Ulfa Sir, N., Arifin, A., Ningsih, D. A., Syarifuddin, Indirwan, & Sudarsifa, N. A. (2025). Manajemen Kurikulum Pendidikan Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 108–116. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3273

Simatupang, D., Safitri, N., & Muhajang, T. (2025). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI BUNYI DAN SIFATNYA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 10 Nomor 02, 253–266.

Soeratin, H., Fanani, A. I., & I. (2023). Digital Leadership di Era Multieduhealthtainment 5.0 : Transformasi Peningkatan Mutu Pendidikan di Madrasah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(16), 312–318. https://doi.org/10.5281/zenodo.8240331

Suprihatin, H., Handayani, T., & Maryani, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Media Lectora Inspire pada Materi Pokok Panca Indera Manusia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Teacher in Educational Research, 4(1), 111–122. https://doi.org/10.33292/ter.vXiY.00

Wahyuni, P., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(4), 1085. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i4.9300

Zakarina, U., Ramadya, A. D., Sudai, R., & Pattipeillohi, A. (2024). INTEGRASI MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DALAM UPAYA PENGUATAN LITERASI SAINS DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. Damhil Education Journal, 4(1), 50. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2487

Zaza Salsabila, Vira Eka Putri, Rara Salsabila, Wismanto Wismanto, & Pahruddin Pahruddin. (2024). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Sederhana Pada Sekolah Dasar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(2), 26–36. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i2.2858

Downloads

Published

2025-08-06