IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DAN KEMITRAAN INDUSTRI TERHADAP NILAI PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG
PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29859Keywords:
Pembelajaran berbasis pabrik, Kerjasama industri, Pencapaian Siswa, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Pendidikan VokasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dan kemitraan industri, serta dampaknya terhadap prestasi akademik siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Teaching Factory adalah pendekatan pembelajaran berbasis produksi yang berorientasi pada dunia kerja, menekankan keterampilan praktis yang relevan dan kontekstual. Kemitraan industri meliputi kolaborasi antara sekolah dan sektor bisnis serta industri (DUDI) melalui magang, pelatihan, pengembangan kurikulum, dan sertifikasi kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, kuesioner, dan catatan akademik sebelum dan sesudah pelaksanaan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Teaching Factory dan kemitraan industri memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan nilai siswa, terutama dalam keterampilan praktis dan pemahaman materi kejuruan. Terdapat korelasi signifikan antara tingkat keterlibatan industri dan skor prestasi siswa. Oleh karena itu, mengintegrasikan pembelajaran Teaching Factory dan kemitraan industri dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah vokasi yang siap kerja dan kompeten secara profesionalDownloads
References
Buku :
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Terry, G. (2020). Prinsip Prinsip Manajamen. Jakarta: PT Bumi Askara.
Wahjusaputri, S., & Bunyamin. (2019). Teaching Factory. Jakarta: Seva Bumi Persada.
Jurnal :
Jatmiko, D. (2013). Relevansi kurikulum SMK kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan terhadap kebutuhan dunia industri di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2.
Lestari, B. Pardimin. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Industri Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan
Nurtanto, M., Ramdani, D. S., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory Di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2017.
Nuryake (2018). E-Module Development For The Subject Of Measuring Instruments And Measurement In Electronics Engineering Education. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan. Volume 23 Nomor 2.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.