Pengembangan LKPD Pendidikan Pancasila bermuatan Dimensi Gotong Royong melalui Film Animasi Adit Sopo dan Jarwo

Authors

  • Santi Oktapiani Kampus Daerah Tasikmalaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Elan Kampus Daerah Tasikmalaya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rosarina Giyartini Kampus Daerah Tasikmalaya Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29821

Keywords:

LKPD, Pendidikan Pancasila, Dimensi Gotong Royong

Abstract

Penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran, perlu merancang perangkat pembelajaran penunjang proses belajar aktif dan menarik untuk menanamkan karakter serta meningkatkan minat belajar peserta didik. Perkembangan teknologi mempermudah anak untuk mengakses apapun melalui internet sehingga tidak jarang anak meniru apa yang mereka tonton dan berpengaruh terhadap karakter yang dimilikinya. Film animasi Adit Sopo dan Jarwo merupakan film berfokus pada penyampaian berbagai pesan moral yang bermanfaat, terutama bagi anak-anak usia sekolah dasar. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan dimensi gotong royong dengan media film animasi Adit Sopo Jarwo bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disiminate). Hasil validasi dari keempat ahli menunjukkan rata-rata skor kelayakan sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil respon guru memperoleh sebesar skor 100%. Hasil respon peserta didik pada uji coba pertama menunjukkan rata-rata skor 85%, sedangkah pada uji coba kedua respon peserta didik menunjukkan rata-rata skor 92%. Dengan demikian, LKPD Pendidikan Pancasila bermuatan dimensi gotong royong melalui film Adit Sopo Jarwo dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahira, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Penerapan 5 Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 649–660. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1074

Kumara, D. F., Purnamasari, I., & Saputra, H. J. (2023). Analisis muatan dimensi profil pelajar Pancasila dalam film animasi Adit dan Sopo Jarwo. Pena Edukasia, 1(3), 286–290. https://journal.cvsupernova.com/index.php/pe/article/view/64/48

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.

Muhdhor, M., Nafiah, N., Akhwani, A., & Susanto, R. U. (2023). Implementasi Lkpd Berbasis Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Gotong Royong Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Siswa Kelas Iv Sd Khadijah Surabaya. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 774–780. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1461

Nafiah, K. D., & Indihadi, D. (2017). Analisis Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 96–105.

Nur Wijayanti, D., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Samiha, Y. T., Zakiyah, A. N., Anisah, N., Riyani, R., Putri, S. P., & Juliana, S. A. (2023). Penerapan konsep dasar bahasa indonesia di sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. JIMR: Journal of International Mutidisciplinary Research, 02(1), 53–65.

Saputri, D., Mellisa, Hidayati, N., & Fauziah, N. (2023). Lembar Validasi: Instrumen yang Digunakan Untuk Menilai Produk yang Dikembangkan Pada Penelitian Pengembangan Bidang Pendidikan. Biology and Education Journal, 3(2), 133–151.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Edisi 3. Alvabeta.

Sukidi, M. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas 3 SDN Kebaron I Tulangan Sidoarjo. Jpgsd, 6(13), 2458–2467.

Sulistiowati, A. P., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Praktikum Akuntansi Dagang Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 9(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/jpak.v9i1.25210

Sutiyani, F., Adi, T. T., & Meilanie, R. S. M. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Film Adit dan Sopo Jarwo Ditinjau dari Aspek Pedagogik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2201–2210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1133

Suweta, I. M. (2023). Sinergi Teknologi dalam Kurikulum Pembelajaran yang Positif (Studi pada Sekolah Harapan Mulia Bali). Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(4), 425–438. https://doi.org/10.37329/metta.v3i4.3074

Downloads

Published

2025-08-04