PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) BERBANTUAN GAMBAR SERI SISWA KELAS III SD INPRES LANGKOWA KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29771Keywords:
Strategi Directed Reading Thingking Activity, Media Gambar seri, Keterampilan Membaca IntensifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca intensif melalui strategi Directed Reading Thingking Activity (DRTA) berbantuan gambar seri siswa kelas III SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini bertempat di SD Inpres Langkowa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan jumlah keseluruhan yaitu 13 siswa, Adapun Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) aktivitas siswa siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata yang diperoleh adalah dengan kriteria 30,83 dengan kriteria baik. Pada siklus II dengan skor yang diperoleh sebanyak 31,75 dengan kriteria sangat baik; b) keterampilan membaca intensif siswa pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 68,25 dengan persentase ketuntasan yang dicapai adalah 38,46% dengan sebanyak 5 siswa sudah mencapai ketuntasan dan 8 siswa lainnya belum. Pada siklus II rata-rata yang diperoleh adalah 83,65 dengan persentase ketuntasan sebesar 84,62% dengan sebanyak 11 siswa mencapai ketuntasan dan 2 siswa belum mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitiaan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi directed reading thingking activity (DRTA) berbantuan gambar seri dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas III SD Inpres Langkowa Kabupaten Gowa.Downloads
References
Afni, N., ’ M., Abi, A. R., & Bahri, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Kartu Kata pada Siswa Kelas III SD Negeri 10 Jaya Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Edukasi El-Ibtida’I Sophia, 1(2), 41–49.
Amelia, D. (2024). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Intelektual Edu Media.
Apriana, M., Syamsuri, A. S., Alam, A. S., Makassar, U. M., Islam, U., Alauddin, N., Reading, D., & Activity, T. (2023). Melalui Strategi Directed Reading Thinking. 1, 180–203.
Arikunto, Suharsimi, 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Atik. (2018). Pengaruh Penerapan Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Hasil Belajar Kemampuan membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDK Dea Kaju Kabupaten Enrekang. Makassar: Unismuh Makassar.
Cayati, K. O. (2023). Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Sd Inpres Perumnas Antang II Dengan Menggunakan Metode Reading Guide. Selecta Education, 6(2), 93–102.
Fitri, N. L. (2024). Pemahaman Teks Sederhana melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Siswa Kelas III MIN 3 Kota Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vo.8,No. 1, 3311–3316.
Hafid, B. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Belajar Siswa Upt Spf Sd Inpres Manggala Kota Makassar. Journal GEEJ, 7(2), 80–87.
Khaedar, M., Sabillah, B. M., & ... (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kemampuan Menulis Permulaan Murid Melalui Penerapan Metode Struktur Analisis Sintesis (Sas) Kelas I …. JKPD (Jurnal Kajian …, 6(38), 191–197.
Mahmud Fasya, F. M. Y. M. (2009). Bahasa Indonesia. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Nurulanningsih. (2023). Classroom action research as the professional development of indonesian language teachers. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61.
Putri, A., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya peningkatan keterampilan membaca di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62.
Sugiharti, R. E., & Anggiani, R. A. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 9–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.