UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PUISI SISWA KELAS V SDN 21 SEMBAWA

MENULIS KREATIF CERITA PENDEK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA PUISI

Authors

  • Dwi Aryani Universitas PGRI Palembang
  • Dessy Wardiah, Siti Rukiyah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29758

Keywords:

Menulis, Cerita, Pendek, PBL, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan dan besarnya persentase peningkatan kemampuan menulis kreatif cerita pendek melalui model pembelajaran  problem based learning dengan media puisi  peserta didik kelas V SDN 21 Sembawa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 21 Sembawa, dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 orang peserta didik Sekolah Dasar Negeri 21 Sembawa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif cerita pendek melalui penggunaan metode PBL  dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dan guru peserta didik dalam pembelajaran menulis kreatif cerita pendek menjadi menarik minat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar pada pretest yaitu rata-rata hasil belajar 68 ketuntasan belajar 32% yang mempunyai arti bahwa dari 25 orang peserta didik yang melakukan pretest hanya 8 orang peserta didik yang tuntas. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata hasil belajar 74,4 ketuntasan belajar 64 % yang mempunyai arti bahwa dari 25 orang peserta didik ada 16 orang peserta didik yang tuntas. Pada siklus II diperoleh hasil rata-rata hasil belajar 80,2 ketuntasan belajar 84 % artinya bahwa dari 21 orang peserta didik ada semua peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Abidin, Y. (2018). Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta

Daryanto. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Istinigtiyas. (2018). Model-Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Jakarta : Rineka Cipta

Rinawati, Ningsih. (2020). Strategi dan Teknik Menulis. Jakarta: Pustaka Publisher.

Sudjana. Nana. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung PT Remaja Rosda Karya.

Jurnal:

Elza, Wardiah, Dessy. Puspita, Yuspita. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PBjL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SEKOAH DASAR PGRI 2 Palembang. Journal on Teacher Education. Jilid 4. Terbitan 4. Halaman 91-96. Diakses Pada Tanggal 18 Oktober 2024. Pukul 09.00 WIB.

Khofifah, Suci. Wardarita, Ratu. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Teks Deskripsi. Journal on Teacher Education. Volume 4. Issue 2. Pages 823-830. Diakses Pada Tanggal 20 Oktober 2024. Pukul 11.00 WIB.

Downloads

Published

2025-07-22