PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD

Authors

  • Rahmi Tri Handayani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29753

Keywords:

media pembelajaran, kartu kuartet, kerajaan di nusantara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran Kartu Kuartet Materi Kerajaan-Kerajaan di Nusantara Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD serta untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Kartu Kuartet Kerajaan-Kerajaan di Nusantara yang mendapatkan evaluasi penelitian oleh expert review yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil penilaian validasi dari ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 95,7% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh persentase kelayakan 100% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan 100% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba one to one memperoleh kelayakan 93,3% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba small group memperoleh kelayakan 95% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba field test memperoleh kelayakan sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, tujuan dari penelitian dan pengembangan tercapai dan media layak digunakan untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Milda Asti Widiastika, Nana Hendracipta, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile LearningBerbasis Androidpada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–63.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. 1–213.

Nur, S. (2019). Pendekatan Joyful Learning Sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Kependudukan & Lingkungan Hidup (PKLH) di Madrasah Ibtidaiyah. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 376. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.98

Rahmad. (2016). Lt.Blkg Pend.Ips. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna

Sandjaja, S. S., Psikologi, F., Kristen, U., Wacana, K., Syahputra, Y., Selatan, J., Erwinda, L., Pendidikan, F. I., Padang, U. N., & Barat, S. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. 9(1), 105–117.

Sufiani. (2021). Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121–141.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekaran Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Sumargono, S., Lisnawati, L., Rohmayani, S., & Masdi, M. (2020). Kartu Kuartet Boelang (Boedaya Lampung) Sebagai Media Edukasi Boedaya Lokal Di Smpn Bandarlampung. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 7(2), 243. https://doi.org/10.24127/hj.v7i2.2108

Supardi. (2015). Dasar-dasar dasar ilmu sosial. Penerbit Ombak, Bagian II, 230. https://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/pendidikan/suplemendasar-2-ilmu-sosial.pdf

Viktor Handrianus Pranata Wijaya and Ressa Priskila. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuisioner Survei Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman.

Downloads

Published

2025-08-04