PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU KUARTET MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI NUSANTARA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29753Keywords:
media pembelajaran, kartu kuartet, kerajaan di nusantaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran Kartu Kuartet Materi Kerajaan-Kerajaan di Nusantara Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD serta untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Kartu Kuartet Kerajaan-Kerajaan di Nusantara yang mendapatkan evaluasi penelitian oleh expert review yaitu ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil penilaian validasi dari ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 95,7% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh persentase kelayakan 100% dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase kelayakan 100% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba one to one memperoleh kelayakan 93,3% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba small group memperoleh kelayakan 95% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba field test memperoleh kelayakan sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, tujuan dari penelitian dan pengembangan tercapai dan media layak digunakan untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar.Downloads
References
Kane, S. N., Mishra, A., & Dutta, A. K. (2016). Preface: International Conference on Recent Trends in Physics (ICRTP 2016). Journal of Physics: Conference Series, 755(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001
Milda Asti Widiastika, Nana Hendracipta, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile LearningBerbasis Androidpada Konsep Sistem Peredaran Darah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–63.
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. 1–213.
Nur, S. (2019). Pendekatan Joyful Learning Sebagai Metode Pembelajaran Pendidikan Kependudukan & Lingkungan Hidup (PKLH) di Madrasah Ibtidaiyah. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 376. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.98
Rahmad. (2016). Lt.Blkg Pend.Ips. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna
Sandjaja, S. S., Psikologi, F., Kristen, U., Wacana, K., Syahputra, Y., Selatan, J., Erwinda, L., Pendidikan, F. I., Padang, U. N., & Barat, S. (2020). Validasi skala penilaian instrumen perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. 9(1), 105–117.
Sufiani. (2021). Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121–141.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekaran Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sumargono, S., Lisnawati, L., Rohmayani, S., & Masdi, M. (2020). Kartu Kuartet Boelang (Boedaya Lampung) Sebagai Media Edukasi Boedaya Lokal Di Smpn Bandarlampung. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 7(2), 243. https://doi.org/10.24127/hj.v7i2.2108
Supardi. (2015). Dasar-dasar dasar ilmu sosial. Penerbit Ombak, Bagian II, 230. https://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/pendidikan/suplemendasar-2-ilmu-sosial.pdf
Viktor Handrianus Pranata Wijaya and Ressa Priskila. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuisioner Survei Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.