MANAJEMEN GURU SEBAGAI PELAKSANA PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK ( STUDI KASUS DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG )

MANAJEMEN GURU P5

Authors

  • Hergo Herius Universitas PGRI Palembang
  • Tri Widayatsih, Mahasir Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29738

Keywords:

Manajemen guru, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, karakter, peserta didik, SMP Negeri 9 Palembang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen guru sebagai pelaksana Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 9 Palembang. Fokus kajian terletak pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi peran guru dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam proses pembelajaran berbasis projek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen guru dalam pelaksanaan P5 di SMP Negeri 9 Palembang telah dilakukan secara terstruktur melalui kolaborasi tim, penguatan kompetensi guru, dan penyusunan modul projek yang relevan dengan konteks peserta didik. Guru berperan tidak hanya sebagai fasilitator, tetapi juga sebagai pembimbing karakter dengan menanamkan nilai-nilai gotong royong, kebhinekaan global, kemandirian, dan nilai-nilai luhur Pancasila lainnya. Evaluasi dilakukan secara holistik dengan menekankan pada proses dan perkembangan karakter siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa manajemen guru yang efektif dan kolaboratif berperan penting dalam kesuksesan implementasi P5 serta memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter peserta didik. Temuan ini merekomendasikan perlunya peningkatan kapasitas guru secara berkelanjutan dan penguatan sistem monitoring dalam pelaksanaan projek P5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Hasibuan. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Jurnal :

Hasanah, U. (2022). Mengenal Kurikulum Merdeka - BPMP Provinsi DKI Jakarta. https://lpmpdki.kemdikbud.go.id/mengenal-kurikulum-merdeka/https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2. 578https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1-13.

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakterdalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76-84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Peserta didik di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402

Kearney, 2020, Dalam Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemdikbud Ristek. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/

Nafarida. Ahmad. Maulidia. Gilian, Kesumasari. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional(PROSPEK II)

Wulandari, T. (2022). Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka SD, SMP, SMA & SMK. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6230883/perbedaan-kurikulum-2013-dan- kurikulum-merdeka-sd-smp-sma-smk

Undang-Undang/Peraturan:

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

2025-07-22