PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fitri Handayani Universitas Megarezky
  • Muh. Khaedar Universitas Megarezky
  • Perawati Bte Abustang Universitas Megarezky
  • Nurhadifah Amaliyah Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29734

Keywords:

Model Pembelajaran Literasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran literasi disekolah dasr, dikelas IV B Siswa UPT SPF SD Negeri Pannara. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta desain penelitian yaitu One-Group Pretest-Posttest Design, dengan kelas IV B yang terdiri dari 30 siswa dengan memperhatikan beberapa kriteria tertentu dalam pemilihannya. Instrument penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran literasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi esensial yang perlu dikembangkan sejak pendidikan dasar. Namun, masih banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam mengolah informasi secara mendalam dan logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kegiatan literasi dalam proses pembelajaran, seperti membaca kritis, dan penulisan reflektif, dapat mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengevaluasi informasi, mengemukakan pendapat, serta menyusun argumen yang logis. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis literasi dapat menjadi strategi efektif dalam menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abustang, P. B., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2023). Dampak Budaya Literasi Terhadap Karakter Tanggungjawab Peserta Didik Pada Abad 21. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 7(1), 53. https://doi.org/10.32934/jmie.v7i1.510

Agustin Reni Pitasari, M., & Dwi Febriyanti, B. (2023). Analisis Kelengkapan dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran pada Mahasiswa PGMI Semester V. Qalam : Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 35–42. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2554

Fitriana, E., Handayani, F., & Damayanti, N. S. (2023). Transformasi mutu pendidikan sekolah dasar melalui penguatan literasi dan numerasi pada program kampus mengajar angkatan 5 di kota makassar. Communnity Development Journal, 4(2), 211–217.

Khaedar, M., & Alam, S. (2023). The Effect of Using Crossword Puzzle Model on Learning Interest in Indonesian Learning Based on Students’ Literacy. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 56(1), 160–171. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i1.52533

Khaedar, M., Muslimin, N., & Indriani, F. (2023). Pengembangan Kemampuan Literasi dan Numerik Siswa Sekolah Dasar. Abdi Samulang: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 58–64. https://doi.org/10.61477/abdisamulang.v2i2.18

Nasrul Nasrul. (2023). Implementasi Model-Model Pembelajaran Akidah Akhlah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kabupaten Barru. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 2(1), 115–129. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v2i1.1033

Nurfijriah, H. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Indonesia Siswa Sekolah Dasar The Influence Of Multiliterate Learning Models On Critical Thinking Ability In Indonesian Language Learning Primary School Students. EduCurio Journal, 2(1), 66–71.

Pristiwanti, D. (2023). jurnal pendidikan dan konseling. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305

Saiful Bahri, M. (2023). Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Masa Merdeka Belajar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2871–2880. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Wardani Sulistiyawati1, Kusmiyati2, V. M. L. T. T. (2024). 3 1,2,3. 10(March), 947–953.

Downloads

Published

2025-08-04