METODE PENGAJARAN BAHASA ARAB PADA SANTRI PONDOK PESANTREN TINGKAT SMP

Authors

  • M. Nurman Ardiansyah STIT Internasional Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29714

Keywords:

Teaching Methods, Arabic Language, Students, Islamic Boarding School, Junior High School Level

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren tingkat SMP memiliki peranan penting dalam membentuk kompetensi santri dalam memahami literatur keislaman klasik serta komunikasi dasar dalam bahasa Arab. Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi dalam proses pengajaran, seperti keterbatasan metode yang variatif, minimnya media pembelajaran modern, serta perbedaan latar belakang kemampuan santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pengajaran bahasa Arab yang diterapkan pada santri tingkat SMP di pondok pesantren serta menilai efektivitasnya terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di salah satu pondok pesantren di Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan santri, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang paling dominan digunakan adalah metode qawā‘id wa tarjamah, metode langsung (direct method), dan metode komunikatif. Dari ketiga metode tersebut, kombinasi antara pendekatan komunikatif dan metode langsung lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan lisan dan pemahaman santri, terutama pada aspek mufradāt dan muḥādatsah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemilihan metode pengajaran yang sesuai dengan karakteristik santri dan disertai penggunaan media interaktif mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Arab di lingkungan pesantren tingkat SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2014). Pengajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Salafiyah Kalimantan Timur. Dinamika Ilmu, 14(1), 97–108.

Arieshandy, R. A., Angganing, P., & Riyadi, S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 47–56.

Creswell, Jhon W. (2012). Education Research, Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. USA: Person Education. Inc.

Creswell, John W. (2012). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.

Efrizal, D. (2012). Improving students’ speaking through communicative language teaching method at Mts Ja-alhaq, Sentot Ali Basa Islamic boarding school of Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science, 2(20), 127–134.

Fadila, H. N., Koderi, K., Sodiq, A., & Sagala, R. (2025). Literature Review: Aplikasi Mobile Fun Easy Learn Arabic dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 7(1), 37–51.

Fikar, J., Tahir, M., & Nurhayati. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Make a Match Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas Vi Pps. Stq-Ask Batam. Jurnal AS-SAID, 2(1), 176–188.

Jalil, M. A., & Saman, S. A. (2024). Optimalisasi Komunikasi Bahasa Arab dalam Konseling Islami di Lingkungan Pesantren. Khidmat| Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 103–122.

Mazlina, Fidri, N. (2024). Pengaruh Metode Imla ’ Terhadap Maharah Kitabah Siswa Madrasah Aliyah an - Ni ’ Mah Batam. 2(2), 156–164.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mu’allimah, S. K., Anisah, Z., & Ulya, V. F. (2023). PENERAPAN METODE QAWAID WA TARJAMAH PADA KETERAMPILAN QAIRA’AH DAN KITABAH KELAS V SDI AL HADAD KEDUNGJAMBE SINGGAHAN TUBAN. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145–155.

Mulu, B. (2013). Penerapan Thariqah Al-Qawaid Wa Al-Tarjamah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al Munawwarah Wawolemo Sulawesi Tenggara. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 39–55.

NIM, M. R. (2009). EFEKTIVITAS METODE LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHASISWA PROGRAM KHUSUS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DEPARTEMEN AGAMA RI (Analisis Proses Di Pondok Pesantren Al Muhsin Yogyakarta). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurhayati, Fidri, M., & Saputra, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Batam. 1(1), 1–9.

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.

Nurhayati, W. S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS II DI SDI INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM. JURNAL AS-SAID, 1(2), 52–59.

Ristanti, O., Suri, A., Choirrudin, C., & Dinanti, L. K. (2020). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Telaah Terhadap UU No. 20 Tahun 2003. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 152–159.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (Cetakan I). Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.

Sapri, M. Z. S. (2025). Pengembangan Modul Digital Berbasis Pendekatan Komunikatif untuk Pembelajaran Maharah al-Qira’ah di Era Kurikulum Merdeka. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 13(1), 137–147.

Saputra, D., Fidri, M., Fatoni, & Nurhayati. (2022). Penggunaan Media Flashcard Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Penguasaan Kosa Kata. Jurnal AS-SAID, 2022(1), 127–137.

Suci, Ramia Saputri, Sulkaidah Kanang, N. (2024). SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU SECARA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Suryani, Z. (2014). Penerbitan karya hadith di Malaysia: Sumbangan Dewan Bahasa dan Pustaka/Suryani Zakaria. Universiti Malaya.

Downloads

Published

2025-08-02