MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORATIF SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN “PRIME” PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN TELAWANG 4 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29709Keywords:
Aktivitas Belajar, Berpikir kritis, kolaboratif, PRIMEAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas, kemampuan berpikir kritis, kemampuan kolaboratif, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Permasalahan tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat satu arah, kurang bermakna, bersifat individual, serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dampaknya, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi, kurang mampu mengembangkan pengetahuan, memiliki rasa ingin tahu yang rendah, kesulitan bekerja sama dalam memecahkan masalah, serta kurangnya motivasi dalam mengikuti pembelajaran. Sebagai solusi, diterapkan model pembelajaran PRIME yang merupakan gabungan dari Problem Based Learning, Group Investigation, dan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru serta menganalisis aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan selama tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V semester genap SDN Telawang 4 tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi observasi untuk aktivitas guru dan siswa, berpikir kritis, serta kolaboratif, dan tes tertulis individu untuk hasil belajar. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan tabel, grafik, dan persentase. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada semua indikator, yaitu aktivitas guru (96%), aktivitas siswa (85%), kemampuan berpikir kritis (86%), kemampuan kolaboratif (80%), dan ketuntasan hasil belajar siswa (95%). Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran PRIME dapat meningkatkan aktivitas belajar, kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan hasil belajar siswa, serta direkomendasikan sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif di sekolah dasar.Downloads
References
Aslamiah, and Akhmad Riandy Agusta. 2017. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7.” Jurnal Paradigma 10(1):74.
Asniwati, Maulana, Fauzi. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kels IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kula.”
Auliya. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Ciri-Ciri Bangun Datar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas II UPTD SD Negeri 1 Bingkulu KabupatenTanah Laut. Vol. 15.
Hairunnisa. 2024. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Group Investigation Dan Make A Match Pada Siswa Kelas IV SDN Sungai Miai 4.” Αγαη 15(1):37–48.
Hendra, Muhammad. 2023. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ppkn Tema 8 Menggunakan Model Bauntung Dan Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SDN Kelayan Timur 5.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 01(3):643–51.
Humairoh, Amalia. 2024. Keterampilan Mendesain Jaring Kubus Dan Balok Materi Geometri SDN Belitung Selatan 5. Vol. 5.
Lasida, Irpan Bin. 2021. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Borneo Tarakan. Vol. 1.
Muhali, Muhali. 2019. “Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3(2):25. doi: 10.36312/e-saintika.v3i2.126.
Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani. 2020. “Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Berbasis Maasalah Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.
Primasari, Ika Firma Ningsih Dian, Zulela Zulela, and Fahrurrozi Fahrurrozi. 2021. “Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(4):1888–99. doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1115.
Rafianti, Wahdah Refia, and Jono Rahmat Maulana. 2023. “Meningkatkan Aktivitas , Berpikir Kritis , Dan Hasil Belajar Matematika.” 7:1–14.
Raharjo, Semiono. 2023. “The Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dengan Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Andragogi.” Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(1).
Rahmawati, Ika, Arif Hidayat, and Sri Rahayu. 2020. “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya Dan Penerapannya.” Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM 1:hal.13.
Ripandi, Abdul Juki. 2023. “Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan.” Jurnal Al Wahyu 1(2):123–33. doi: 10.62214/jayu.v1i2.129.
Ryan, Joanna, and Jessica Bowman. 2022. “Teach Cognitive and Metacognitive Strategies to Support Learning and Independence.” High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs 3(3):170–84. doi: 10.4324/9781003175735-15.
Suroto, Suroto. 2024. “Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah.” Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(1):1–9. doi: 10.47498/ihtirafiah.v4i1.3067.
T.A.S. Putri, A. Suriansyah, and R. Purwanti. 2023. “Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Peta Pintar Pada Siswa Sekolah Dasar.” PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 7(2):287–309. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2632.
Zaki, Ahmad. 2024. “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII MTsN 5 Tanah Laut Tahun Pelajaran 2023/2024.”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.