PENGEMBANGAN WORDLESS PICTURE BOOK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Nurul Afiah Universitas Negeri Jakarta
  • Linda Zakiah Universitas Negeri Jakarta
  • Ika Lestari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29687

Keywords:

Wordless Picture Book, Problem-Based Learning, Critical Thinking, Pancasila Education, Elementary School

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan media pembelajaran inovatif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya pada materi gotong royong dalam Pendidikan Pancasila. Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media Wordless Picture Book (WPB) digital berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi satu guru dan 32 siswa kelas V di SDN Tanjung Barat 07. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara, observasi, angket validasi ahli, angket respons siswa, serta soal pretest dan posttest. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan media sebesar 89,16% dari ahli materi, media, dan bahasa dengan kategori sangat baik. Uji coba dilakukan melalui tiga tahap, yaitu one to one, small group, dan field test, dengan respons siswa sebesar 92,15%. Hasil tes menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata nilai pretest 56,5 dan posttest 81,25, serta N-Gain sebesar 0,57 (kategori sedang). Dengan demikian, WPB digital berbasis PBL dinyatakan layak dan cukup efektif digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.

 

Kata kunci: Wordless Picture Book, Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan (Edisi Pertama). Kencana.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya

Fauzi, B. B. N. (2023). Problem Based Learning Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Peserta Didik Di Abad 21. CV Diva Pustaka.

Ghozalli, E., & Sn, S. (2020). Panduan Mengilustrasi Dan Mendesain Cerita Anak Untuk Tenaga Profesional.

Salisbury, M., & Styles, M. (2012). Children’s Picturebooks: The Art of Visual Storytelling.

Santrock, J. W. (2017). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). PrenadaMedia.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Erzatama Karya Abadi.

Artikel in Press :

Wulandari (2025), Proceedings of the International Conference on Education Practice (ICEP 2024) (Vol. 906, hlm. 74–87). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-376-4_8

Jurnal :

Arizpe, E. (2013). Meaning-making from wordless (or nearly wordless) picturebooks: What educational research expects and what readers have to say. Cambridge Journal of Education, 43(2), 163–176. https://doi.org/10.1080/0305764X.2013.767879

Bachtiar. (2022). Tantangan dan Strategi Penerapan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online: Kajian Pustaka. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 145–159. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.22308

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.

Iordanaki, L. (2021). Older Children’s Responses to Wordless Picturebooks: Making Connections. Children’s Literature in Education, 52(4), 493–510. https://doi.org/10.1007/s10583-020-09424-7

Laela, I. N., Badarudin, B., & Prasetianingtyas, K. I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pancasila Dalam Kehidupan Di Kelas V Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(2), 166. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.19521

Lestari, I. (2018). Developing Wordless Picture Book To Improve The Storytelling Ability Of 5 To 6 Years Old Children. Cakrawala Pendidikan, 1.

Linda Zakiah. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PPKN SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(02), 272–281. https://doi.org/10.21009/jpd.v11i02.19056

Marini, A., Sari, Y., & Mufida, W. (2023). Develop A Wordless Picture Book to Improve Critical Thinking Skills in Elementary School. PrimaryEdu : Journal of Elementary Education 7(1).

Mike, P., & Tsilimeni, T. (2021). Developing children’s critical thinking through wordless book. Journal of Literary Education, 5, 54–74. https://doi.org/10.7203/JLE.5.21392

Momo, A. H., Saleh, M., Iru, L., Syahbudin, S., Salimin, S., Irawaty, I., Reni, W. O., Nerlin, N., & Piara, M. (2024). Implementation of a media-based citizen science project learning model using a scientific approach in Civic Education to enhance student critical thinking skills. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 21(2). https://doi.org/10.21831/jc.v21i2.71095

Pantaleo, S. (2007). “How Could That Be?”: Reading Banyai’s “Zoom” and “Re-Zoom.” National Council of Teachers of English, 84 (3), 222-233.

Rossytasari, I. O., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Meta Analisis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2067–2080.

Serafini, F. (2014). Exploring Wordless Picture Books. The Reading Teacher, 68(1), 24–26. https://doi.org/10.1002/trtr.1294

Tathahira, T. (2020). Promoting Students’ Critical Thinking Through Online Learning In Higher Education: Challenges And Strategies. Englisia: Journal of Language, Education, and Humanities, 8(1), 79. https://doi.org/10.22373/ej.v8i1.6636

Widiyaningrum, K., Purwanta, E., & Parsi, P. (2019). Penumbuhan Kemampuan Berpikir Kritis PKN Melalui Model Numbered Head Together. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 199–208. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.21518

Zakiah, L., Komarudin, K., & Somantri, M. (2025). The Sundanese Cultural Story Book As A Learning Media For Local Wisdom-Based in Pancasila and Civic Education Learning For Elementary School Students In Bandung.

Downloads

Published

2025-11-09