Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Melalui Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Berseri Pada Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29543Keywords:
Narrative Writing Skills, Think Pair Share, Cooperative LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media gambar berseri. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi yang sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 32 orang. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan MC. Taggart, yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Data penelitian terdiri dari data proses dan data hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, ketuntasan belajar meningkat menjadi 66%, meskipun belum memenuhi indikator keberhasilan minimal 80%. Setelah perbaikan pada siklus II, ketuntasan meningkat menjadi 87,5%, dengan peningkatan total sebesar 56,5% dari pra-siklus. Selain itu, skor keterlaksanaan tindakan guru meningkat dari 86,6% menjadi 100%, dan aktivitas siswa meningkat dari 78,3% menjadi 98,3%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan menyenangkan, serta efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa.Downloads
References
Adam, N., Abid, & Bantulu, Y. (2021). Challenges in teaching English writing skills: Lessons learnt from Indonesian high school English language teachers. Jambura Journal of English Teaching and Literature (Vol. 2, Issue 1). https://doi.org/10.37905/jetl.v2i1.10632.
Amalia Zuliazani, B., & Purnamasari, V. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Tema 9 Kayanya Negeriku Kelas IV SDN 2 Kalilumpang. 11(1). 10.26877/malihpeddas.v11i1.8813.
Apriliana, A. C. (2022). Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. ISBN: 978-623-6535-44-8.
Fitriani, F., & Maemonah. (2022). Perkembangan Kognitif, Implikasi Pembelajaran Menurut Teori Vygotsky. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 37-45.
Haryanti, E. (2019). Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (Tps) Sebagai Model Pembelajaran Sastra (Mengenal Teks Puisi).
Herlina. (2016). The Effect of Interest in Reading on Mastery of English Vocabulary with Fifth Grade Elementary Students’. Studies in English Language and Education. 3. 192. https://doi.org/10.24815/siele.v3i2.4965.
Huda, Miftahul. (2012). Coperative Learning Metode, Teknik, Struktur serta Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud Ristek. (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2022. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Kosasih, E. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E. (2023). Dasar-dasar keterampilan menulis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nikmah, A. (2020). Improving Student’s Reading Comprehension on Narrative Text Through Directed Reading Think pair share (TPS) at Madrasa Aliyah. Journal of English Teaching and Learning Issues, 3(1), 43. 10.21043/jetli.v3i1.7465.
Nurjannah, S & Faisal, A.N. (2021). Using Think Pair Share in Improving Student’ Writing in Descriptive Text. EDULEC : Education, Language, and Culture Journal. 1(1) 67-74. https://doi.org/10.56314/edulec.v1i1.6.
Nyoman Krismasari Dewi, N., Rini Kristiantari, M., & Nyoman Ganing, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology. Vol. 3, Issue 4. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.
Ramadhani, M.I & Fuady, Rizal. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin. Anterior Jurnal. Vol. 20 Issue 1. 10.33084/anterior.v20i1.1649.
Saputra, A. D., & Pratama, R. A. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Teori Pemerolehan Bahasa. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 87–98. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1438.
Siregar, M. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran TPS terhadap Potensi Akademik Siswa. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 274-276. https://doi.org/10.55868/jeid.v1i4.102.
Sukmawati, N. M., Dantes, N., Dibia, I. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, H. G. (2013). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarihoran, D., Ritonga, M. H. N., & Lubií, R. (2021). Teori Belajar Robert Mills Gagne Dan Penerapan Dalam Pembelajaran Matematika. Mathematic Education Journal)MathEdu. Vol. 4, Issue 3.
Wardhani, P. A., Hasanah, U., & Yarmi, G. (2023). Keterampilan berbahasa Indonesia sekolah dasar. Edupedia Publisher.
Yasmine Zaidi, M. (2021). Application of Think Pair Share Learning Model and Video to Improve Students’ Writing Skill. JELITA:Journal of English Language Teaching and Literature, 2(2), 105–115. https://jurnal.umbarru.ac.id/index.php/jelita/article/view/89.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.