PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMARTBOX UNTUK MENINGKATKAN RESILIENCE BELAJAR MATEMATIKS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SDN SENDANGHARJO 3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.29514Keywords:
mathematics, learning resilience, smart box media, elementary schoolAbstract
This study aims to develop innovative game-based learning media called smartbox, to improve the resilience of learning mathematics in grade 1 elementary school students on addition and subtraction materials. Using a research approach and the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), the product is tested for validity, practicality, and effectiveness. The results show that the smart box media is valid in terms of content and design, practical in use in the classroom, and effective in improving resilience indicators such as self-confidence, perseverance, and the ability to face difficulties in learning mathematics.Downloads
References
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
IKHSAN, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Samosir, K., & Simatupang, N. (n.d.). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika. 3(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1 Jurnal
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086.
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Azmin, N., Program, M., Pendidikan, S., Barat, N. T., Barat, N. T., Simulasi, M., & Darah, S. P. (2022). Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Urnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 02(02), 83–90.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
IKHSAN, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Samosir, K., & Simatupang, N. (n.d.). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika. 3(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1 Jurnal
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086.
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Azmin, N., Program, M., Pendidikan, S., Barat, N. T., Barat, N. T., Simulasi, M., & Darah, S. P. (2022). Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Urnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 02(02), 83–90.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
IKHSAN, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Samosir, K., & Simatupang, N. (n.d.). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika. 3(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1 Jurnal
Aminah, S., & Yusnaldi, E. (2024). Pengembangan Media Smart box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077–3086.
Azizah, R. N., & Abadi, A. P. (2022). Kajian Pustaka: Resiliensi dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2061
Azmin, N., Program, M., Pendidikan, S., Barat, N. T., Barat, N. T., Simulasi, M., & Darah, S. P. (2022). Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Urnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 02(02), 83–90.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hutauruk, A. J. B. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
IKHSAN, K. N. (2022). Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(3), 119–127. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447
Marfu, S. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. 5, 50–54.
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Rahmawati, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Samosir, K., & Simatupang, N. (n.d.). Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika. 3(1), 22–29. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jfi.v2i1 Jurnal
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.