INTEGRASI KURIKULUM UMUM DAN ENTERPENEURSHIP DALAM SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MODERN (STUDI KASUS DI POMOSDA TANJUNGANOM NGANJUK)

Authors

  • Rini susanti UIN Syekh Wasil Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29505

Keywords:

Curriculum Integration, Entrepreneurship, Modern Pesantren, POMOSDA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk integrasi antara kurikulum pendidikan umum dan pendidikan entrepreneurship dalam sistem pendidikan pesantren modern, dengan studi kasus di Pesantren Modern Sumber Daya At-Taqwa (POMOSDA) Tanjunganom, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POMOSDA menerapkan integrasi kurikulum secara tematik dan kontekstual, dengan menyatukan pelajaran umum seperti Matematika, IPA, Bahasa, dan IPS dengan pembelajaran kewirausahaan dalam bentuk praktik langsung. Santri tidak hanya belajar secara teoritis di kelas, tetapi juga terlibat dalam kegiatan usaha seperti pertanian organik, pengolahan limbah menjadi produk ekspor, produksi kerajinan tangan, hingga pelatihan teknologi digital yang dibimbing oleh mahasiswa STT POMOSDA. Model integrasi ini dilakukan melalui strategi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), kolaborasi lintas mata pelajaran, serta pelibatan langsung dalam unit usaha pesantren. Integrasi ini terbukti efektif dalam membentuk karakter santri yang mandiri, kreatif, dan memiliki jiwa wirausaha, sekaligus tetap menjaga nilai-nilai spiritual khas pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V’kovski, P., Kratzel, A., Steiner, S., Stalder,

H., & Thiel, V. (2021). Coronavirus

biology and replication: implications for

SARS-CoV-2. Nature Reviews

Microbiology, 19(3), 155-170.

Fadhillah, Z. N. (2020). Peran Guru

Pendidikan Agama Islam dalam

Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam

Al Hidayah Jatiuwung

Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya

Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 83-

103.

Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan

modernisasi di tengah tantangan

milenium III. Prenada Media.

Qomar, M. (2002). Pesantren: dari

transformasi metodologi menuju

demokratisasi institusi. Erlangga.

Aziz, A. R., & Ibrahim, F. (2018). Sumber

Belajar. Sumber Belajar, 1-7.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian

Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta,

Bandung.

Sujarweni, V. W. (2019). Manajemen

Keuangan: Teori, Aplikasi dan Hasil

Penelitian.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian

pendidikan: metode penelitian kualitatif,

metode penelitian kuantitatif dan

metode penelitian kombinasi (Mixed

Method). Jurnal Pendidikan

Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Downloads

Published

2025-07-22