INTEGRASI KURIKULUM UMUM DAN ENTERPENEURSHIP DALAM SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MODERN (STUDI KASUS DI POMOSDA TANJUNGANOM NGANJUK)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29505Keywords:
Curriculum Integration, Entrepreneurship, Modern Pesantren, POMOSDAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk integrasi antara kurikulum pendidikan umum dan pendidikan entrepreneurship dalam sistem pendidikan pesantren modern, dengan studi kasus di Pesantren Modern Sumber Daya At-Taqwa (POMOSDA) Tanjunganom, Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POMOSDA menerapkan integrasi kurikulum secara tematik dan kontekstual, dengan menyatukan pelajaran umum seperti Matematika, IPA, Bahasa, dan IPS dengan pembelajaran kewirausahaan dalam bentuk praktik langsung. Santri tidak hanya belajar secara teoritis di kelas, tetapi juga terlibat dalam kegiatan usaha seperti pertanian organik, pengolahan limbah menjadi produk ekspor, produksi kerajinan tangan, hingga pelatihan teknologi digital yang dibimbing oleh mahasiswa STT POMOSDA. Model integrasi ini dilakukan melalui strategi pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), kolaborasi lintas mata pelajaran, serta pelibatan langsung dalam unit usaha pesantren. Integrasi ini terbukti efektif dalam membentuk karakter santri yang mandiri, kreatif, dan memiliki jiwa wirausaha, sekaligus tetap menjaga nilai-nilai spiritual khas pesantren.Downloads
References
V’kovski, P., Kratzel, A., Steiner, S., Stalder,
H., & Thiel, V. (2021). Coronavirus
biology and replication: implications for
SARS-CoV-2. Nature Reviews
Microbiology, 19(3), 155-170.
Fadhillah, Z. N. (2020). Peran Guru
Pendidikan Agama Islam dalam
Membina Akhlak Siswa Di SMP Islam
Al Hidayah Jatiuwung
Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya
Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1), 83-
103.
Azra, A. (2019). Pendidikan Islam: tradisi dan
modernisasi di tengah tantangan
milenium III. Prenada Media.
Qomar, M. (2002). Pesantren: dari
transformasi metodologi menuju
demokratisasi institusi. Erlangga.
Aziz, A. R., & Ibrahim, F. (2018). Sumber
Belajar. Sumber Belajar, 1-7.
Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian
Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta,
Bandung.
Sujarweni, V. W. (2019). Manajemen
Keuangan: Teori, Aplikasi dan Hasil
Penelitian.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian
pendidikan: metode penelitian kualitatif,
metode penelitian kuantitatif dan
metode penelitian kombinasi (Mixed
Method). Jurnal Pendidikan
Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.