UPAYA PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 160 PALEMBANG
SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI SD NEGERI 160 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29497Keywords:
Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik, Mutu SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis : (1) faktor pendukung supervisi akademik; (2) pelaksanaan supervisi akademik; (3) evaluasi supervisi akademik dan secara bersama-sama dalam meningkatkan Kompetensii Pedagogik Guru. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 160 Palembang dengan melibatkan delapan informan, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, operator sekolah, guru kelas dan guru mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor pendukung supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru meliputi dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat, fasilitas sekolah, kepercayaan diri guru, serta peran peserta didik dalam meningkatkan keterampilan pedagogik guru; (2) Pelaksanaan supervisi akademik melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut membantu pengembangan keterampilan mengajar, penyesuaian kurikulum, serta efektivitas pembelajaran, sehingga meningkatkan kualitas pengajaran dan hasil belajar peserta didik; (3) Evaluasi supervisi akademik yang dilakukan secara terstruktur di SD Negeri 160 Palembang berkontribusi pada peningkatkan kualitas pendidikan melalui umpan balik yang membangun, pelatihan, dan pemanfaatan teknologi seperti PMM, Ekinerja, yang terintegrasikan dalam penerbitan SKP. Hal ini mendorong inovasi guru dalam meningkatkan kinerja sekaligus mendukung mutu sekolah secara keseluruhan.Downloads
References
Buku : Dimyati dan Mudjiono. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kunandar. (2015). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum 2013 dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyanto, & Jihad, A. (2019). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Kencana.
Jurnal :
Anwar, B. (2018). Kompetensi pedagogik sebagai agen pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 114-125
Ekawati, V., Fitria, H., & Mulyadi, M. (2023). Pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kecamatan Pangkalan Lampam. Journal on Education, 5(3), 7968-7977.
Erfy Melany Lalupanda (2019). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 7 No. 1.ISSN 2461-0550 Universitas Negeri Jogyakarta.
Leniwati, L., & Arafat, Y. (2017). Implementasi supervisi akademik kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 106-114.
Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi peningkatan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.