ANALISIS KETERLAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SDN 1 SAKRA SELATAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.29457Keywords:
Keterlaksanaan, Program GLS, Faktor penghambatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Sakra Selatan dan untuk mendeskripsikan faktor penghambat Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Sakra Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SDN 1 Sakra Selatan dilaksanakan berdasarkan tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan terdapat beberapa aspek yang dilakukan, antara lain: kegiatan membaca 15 menit terdiri dari membaca nyaring dan membaca dalam hati, kegiatan membaca 15 menit yang dilaksanakan setiap hari, pojok baca di kelas, bahan bacaan kaya teks di kelas, lingkungan kaya literasi dan keterlibatan kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dalam kegiatan membaca 15 menit. Pada tahap pengembangan ada beberapa aspek yang dikembangkan antara lain: kegiatan membaca 15 menit dilakukan sebelum pembelajaran berlangsung, kegiatan menanggapi buku pengayaan di jam pelajaran, jam kegiatan di perpustakaan/sudut baca, atau jam yang relevan dan Kegiatan apresiasi capaian literasi siswa. Pada tahap pembelajaran ada beberapa aspek yang dikembangkan antara lain : penggunaan buku pengayaan untuk pembelajaran di semua mata Pelajaran dan strategi membaca untuk meningkatkan pemahaman bacaan siswa di semua mata pelajaran. Faktor penghambat yang dihadapi dalam keterlaksanaan gerakan literasi di SDN 1 Sakra Selatan antara lain : perpustakaan yang seharusnya tempat membaca dijadikan kelas, sumber bacaan yang belum bisa ditambah dalam waktu yang dekat, kurangnya minat membaca selama waktu pelaksanaan literasi, siswa cenderung bermain dengan temannya sehingga guru kesulitan untuk mengontrol siswa. Kata Kunci : Keterlaksanaan, Program GLS, Faktor penghambatDownloads
References
Akbar, B. P., Asrin, A., & Syazali, M. (2023). Pengelolaan Program Gerakan Literasi di SDN 1 Bungtiang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 590- 598.
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal Ar-Raniry Vol. 9 No. 1 (2017)
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SD. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Faizah, dewi utami dkk. (2016) Panduan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan: Teori, penlitian, dan pengembangan, Vol 3, No.6, Hal 810817https://jurnal um.acid/index.php/itpp/artcle/view/11213/50. Kement rian pendidikan dan kebudayan RI. 2016. Desian induk Gerakan Literasi Sekolah . jakarata: Kementerian pendidikan dan kebudayan RI.
Hasni. L., Witono. A. H., Khair, B. N. (2021). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS). JCAR, Volume 4 Nomor 3, 60- 61.
Kemenko PMK. (2021, November 19). Tingkat Literasi Indonesai Memperhatinkan, Kemenko PMK Siapkan Peta Jalan Pembudayaan Literasi Nasional. Retrieved May 26,2022, from Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan
Langi, W. L. (2022). Analisis Minat Baca Siswa melalui Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Pasca Pandemi Covid-19 di SDN 8 Sesean. Jurnal KIP, 11(2), 41–46.
Lestari, D. A.,Nisa.,& Khair, B. N. (2022). Analisis Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada Kemampuan Membaca Siswa Kelas VI di MI Raudiatuil Jannah AL Ma`arif.” Jurnal Llmiah Perfesi Pendidikan ,7(2). 3-94049.
Lestari, I. M., Gunayasa,I. B. K., Zain, M. I. (2021). Ketrelaksanaan Program Literasi Baca- Tulis Pada Kelas Tinggi Di SDN 26 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 7. No. 4Oktober 2021. P- ISSN: 2442 – 9511 e- ISSN : 2656-5862.
Miles, M. B., Huberman & Saldana. (2014). Qualitatif Data Analysis: A Methods Sourcebook. Arizona State Univerity: Sage Publication.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23 tahun 2015
Sobri, M., Tahir, M., Novitasari, S., Anar, A. P., & Nurmawanti, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Budaya Guru Muatan Lokal Dalam Mendukung Gerakan Literasi Nasional Di Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Mataram. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 5(1), 09-18.
Wiradnyana, I. G. A. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SDN 1 Gitgit Dalam Menumbuhkan Budaya Membaca Pada Anak. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(1), 26- 33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.