PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29403Keywords:
Differentiated Instruction, Student Learning Outcomes, ScienceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses, konten, dan produk pembelajaran berdasarkan karakteristik individu siswa, seperti minat, kesiapan belajar, dan profil belajar mereka. Studi ini dilaksanakan di dua sekolah dasar, yaitu SDN Cinangsi dan SDN Mulyasari, yang berada di Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Guru juga menunjukkan peningkatan dalam kemampuan merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan melalui nilai evaluasi siswa yang mengalami peningkatan setelah penerapan strategi berdiferensiasi dibandingkan dengan sebelum penerapan.
Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi solusi strategis dalam menghadapi keberagaman di kelas dan meningkatkan efektivitas pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini mendorong praktik pendidikan yang lebih inklusif, adaptif, dan berpusat pada siswa. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi direkomendasikan sebagai pendekatan yang relevan untuk diterapkan dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar, terutama dalam mata pelajaran sains.
Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Hasil Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Downloads
References
A. Buku
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria: ASCD.
B. Jurnal
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, [Volume & halaman tidak disebutkan].
Rohmaniyah, A., Untari, M. F. A., & Kurniasari, N. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas 5 SDN Sawah Besar 01 Semarang. Journal on Education, [Volume & halaman tidak disebutkan].
Salsabila, S. A., Fahmi, I., & Faizin, M. (2024). Implementasi Pendidikan Multibudaya dalam Proses Pembelajaran di SDN Sukamahi 03. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), [Volume & halaman tidak disebutkan].
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student's well-being di masa pandemi. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, [Volume & halaman tidak disebutkan].
Ummah, K. K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, [Volume & halaman tidak disebutkan].
Yusak Yokoyama. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru penggerak di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 16(1), April 2023.
C. Undang-Undang / Sumber Daring (Online)
Ryandini Dwi Puspita & Hendrik Pandu Paksi Sutaji. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi (Gaya Belajar) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPAS Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Sukowati Kapas Bojonegoro. Diakses dari: http://jonedu.org/index.php/joe
Suhartono, Indah Anita Rahayu, Sri Rejeki, Fini Suci Nuswantari. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Peningkatan Hasil Belajar IPAS di Kelas VI SDN Tegalayu. Diakses dari: https://jurnal.uns.ac.id/shes
Yuliana Putri & Yosi Gumala. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Materi Cahaya Kelas V Sekolah Dasar. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/388026726
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















