PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL PADA SISWA KELAS V (Studi Kualitatif di SD Islam Dian Didaktika)
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29371Keywords:
kecerdasan moral, Pendidikan Pancasila, Peran Guru, Pembelajaran, siswa sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mengembangkan kecerdasan moral siswa kelas V di SD Islam Dian Didaktika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data model Miles dan Huberman. Subjek penelitian dipilih secara purposive, melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila berlangsung aktif dan kontekstual dengan guru berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, pembimbing, demonstrator, motivator, dan evaluator. Pengembangan kecerdasan moral didukung oleh faktor-faktor seperti kesadaran moral siswa, metode dan media pembelajaran yang variatif, materi yang kontekstual, budaya sekolah, program sekolah, sarana prasarana yang mendukung, dan kolaborasi dengan orang tua. Namun, terdapat hambatan berupa keterbatasan waktu, kurangnya variasi metode, faktor keluarga, serta pengaruh lingkungan dan teman sebaya. Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai moral dalam pembelajaran yang bermakna serta keterlibatan semua pihak dalam proses pendidikan moral di sekolah dasar.
Downloads
References
Agustina, N. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Moral dalam Pembelajaran PPKn Kelas IV SDN 1 Langkapura Bandar Lampung. Lampung: Skripsi Strata S1, Universitas Negeri Intan.
Ambarita, M. P., & Jamaludin. (2025). Praktik Baik Berkarakter Siswa Berdasar pada Teori Michele Borba Dalam. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, Vol. 3, No.1.
Belgradoputra, R., & Mardani. (2023). Pentinganya Etika Moral dan Hukum Dalam Masyarakat. Begawan Abioso, Volume 14, Nomor 1.
Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Asyari, D., Setiawati, R., & Istiqomah, Y. Y. (2021). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mewujudkan Identitas Dan Integritasi Nasional. Jurnali Basicedu, Vol. 5, No. 6.
Dian Didaktika Islamic School. (n.d.). Retrieved from Dian Didaktika Islamic School: https://diandidaktika.sch.id/unit/SD
Durasa, H. (2023). Telaah Filsafat Moral Imanuel Kant dan Urgensinya . Jurnal Filsafat Indonesia.
Erlina. (2022, November 15). Memahami Perkembangan Anak Kelas V SD saat Pembelajaran. Retrieved from joglojateng.com: https://joglojateng.com/2022/11/15/memahami-perkembangan-anak-kelas-v-sd-saat-pembelajaran/
Flick, U. (2018). An introduction to qualitative research. London: SAGE.
Gunawan, R. Z., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Moral Pelajar di Era Modern. Jurnal Kewaganegaraan.
Hasanah, E. (2019). Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kholberg. JIPSINDO, No. 2, Volume 6.
Heriyanti. (2021). Pengaruh Peran Guru Terhadap Efektifitas Pembelajaran. Universitas Negeri Makassar, 2.
Hidayat, W., & Putro, Z. K. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar: Profil Pelajar sebagai Aset Bangsa. Journal of Nusantara Education, Volume 3, Nomor 2.
Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta.
Kemendikbud RI. (2024, Februari 7). Hadapi Era Digital, Kemendikbudristek Optimalkan Peran Orang Tua dan Guru dalam Membimbing Anak. Retrieved from kemendikbud.go.id: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/02/hadapi-era-digital-kemendikbudristek-optimalkan-peran-orang-tua-dan-guru-dalam-membimbing-anak
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2023). Data kasus perlindungan anak dari pengaduan ke KPAI tahun 2023. Jakarta: Komisi Perlindungan Anak Indonesia.
Lennick, D., & Keil, F. (2005). Moral Intelligence. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc.
Liana, W. S. (2016). Metode Pengembangan Kecerdasan Moral Siswa oleh Guru PPKn Tahun Pembelajaran 2015/2016 di SMA N 1 Slawi Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Lickona, T. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books.
Lubis, T. Y. (2021). Peran Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter.
Madiong, B. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa' : Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman.
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya: Rosdakarya.
Mulyani, S., Nurmeta, I., & Maula, L. (2024). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Education FKIP UNMA.
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: UPN "Veteran" Yogyakarta Press.
Nurhasanah, N. (2021). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berbasis Active Learning dalam Membangun Kecerdasan Moral Pelajar Pancasila (Studi Kualitatif di Kelas V SD Laboratorium PGSD FIP UNJ). Disertasi, Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta.
Nusraini, M. (2021). Peran Guru PPKN dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa di SMP Negeri 3 Parigi. Skripsi, Program Strata Satu, Universitas Negeri Parigi. Dipublikasikan.
Pranoto, Y. K. (2020). Kecerdasan Moral Anak Usia Prasekolah. Edukasi Journal Unnes, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.962.
Prasanti, D. &. ((2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). 13.
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? (Studi Kualitatif tentang Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keluarga, Sekolah, dan Komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , Vol 2 No 1 Page 18.
Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 142-152.
Punggeti, R., & Arifin, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Komik Sejarah Pancasila Pada Kelas Tinggi Di SDN Babalan Sumenep. Elementary School Education Journal: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Rapoho, B. D. (2019). Teori Perkembangan Moral atau Etika Menurut Piaget. ResearchGate.
Rosyida, A., Darsinah, & Ernawati. (2023). Pembudayaan Pendidikan Moral pada Anak Sekolah Dasar. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Samsu. (2021). Metode Penelitian: Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research and Development. Jambi: Pustaka Jambi.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, Kencana.
Sudirman. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan . Jurnal Edukasi.
Sudirman. (2022). Peranan Pembelajaran PPKn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa. Jurnal Edukasi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Susanti, S. E. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Pemikiran Thomas Lickona "Strategi Pembentukan Karakter Yang Baik". YASIN: Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 728.
Susanti, S. E. (2022). Pendidikan Karakter dalam Membangun Kecerdasan Moral Bagi Anak Usia Dini Perspektif Thomas Lickona. Jurnal Trilogi: Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora, 10-17.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruz Media, 17.
Utami, A., & Prabowo, M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Paris Langkis.
Wahid, A. (2023). Buku Ajar PKn SD. Yogyakarta: Samudra Biru.
Wahyudi, A. E., Sunarni, & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, Vol. 8, No. 2.
Wahyudi, A., Setiawan, D., & Jamaludin. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Perspektif Moral dan Karakter. Banten: Banten.
Wahyuni, Y. (2021). Problematika Moralitas Anak pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Immanuel Kant: Studi Kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut . Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 240-259.
Wulandari, A. D., Suargana, L., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Upaya Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Moral pada Anak Sekolah Dasar melalui Pembelajaran PKn. Jurnal Basicedu, 5462-5471.
Yayuk, K. (2021). Analisis Perkembangan Moral SD/MI. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, Volume 4 Nomor 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















