PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29357Keywords:
Efikasi diri, Lingkungan Teman Sebaya, Fasilitas Belajar di Sekolah, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri, lingkungan teman sebaya, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya sejumlah 71 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi dengan teknik sampling total. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Metode analisis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan berbantuan dengan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri, lingkungan teman sebaya, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Surabaya.Downloads
References
Akomolafe, C. O., & Adesua, V. O. (2016). The Impact of Physical
Facilities on Students’ Level of Motivation and Academic
Performance in Senior Secondary Schools in South West Nigeria.
Journal of Education and Practice, 7(4), 38–42. www.iiste.org
Celcima, D., Osmani, F., Bardhi, E. K., & Icka, E. M. (2024). the
Relationship Between Academic Motivation and Self-Efficacy in
Undergraduate Students: Kosovo Case. Revista de Gestao Social e
Ambiental, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n1-
193
Cepi Safruddin Abdul Jabar, D. (2016). Manajemen Pendidikan.
Yogyakarta : UNY Press.
Farihah, U., & Rakasiwi, P. (2020). The effect of self efficacy on students’ motivation and learning outcome of class 8 in build flat
side space material. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1).
https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012069
Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory:
Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Holistik (JIPH), 1(3), 297–324.
https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/inde
x https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Kusumaningrum, D. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar Teman Sebaya Terhadap Motivasi Dalam Ekonomi Xi Ips Mayoga.
Jurnal Economia, 6(2), 175–180.
Makhmuri, M., & Andini, N. A. (2020). Pengaruh motivasi belajar
siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI
(Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 21–29.
https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541
Nuratri, Y. W. (2016). Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman
Sebaya, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1
Minggir. Jurnal Pendidikan Dam Ekonomi, 5(2), 132–142.
Reindl, M. (2021). Peer Group Embeddedness and Academic
Motivation: A Developmental Perspective. Frontiers in
Psychology, 12(September), 1–10.
https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.701600
Sholihat, R. I. (2019). Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolahdan
Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Serta
Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
IPS (Survey pada SMP Negeri klasifikasi SSN di Kabupaten
Bandung Barat). Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3).
https://doi.org/10.17509/jpp.v15i3.1419
Siregar, E. S., & Tarigan, F. N. (2022). Pengaruh Faktor Fasilitas
Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn
060880. Jurnal Eduscience, 9(3), 625–634.
https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3308
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta CV.
Triansari, N., & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman
Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kemandirian Belajar
Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(2), 101–116.
https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di
Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial
Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam
Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66.
https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060
Wulandari, C., & Efendi, D. (2021). Pengaruh Profitabilitas
terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel
Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1(2), 128–135.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.