PENGARUH EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 4 SURABAYA

Authors

  • Oktavia Maharani Yuli Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Brillian Rosy Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29357

Keywords:

Efikasi diri, Lingkungan Teman Sebaya, Fasilitas Belajar di Sekolah, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri, lingkungan teman sebaya, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 4 Surabaya sejumlah 71 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi dengan teknik sampling total. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Metode analisis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan berbantuan dengan IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri, lingkungan teman sebaya, dan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akomolafe, C. O., & Adesua, V. O. (2016). The Impact of Physical

Facilities on Students’ Level of Motivation and Academic

Performance in Senior Secondary Schools in South West Nigeria.

Journal of Education and Practice, 7(4), 38–42. www.iiste.org

Celcima, D., Osmani, F., Bardhi, E. K., & Icka, E. M. (2024). the

Relationship Between Academic Motivation and Self-Efficacy in

Undergraduate Students: Kosovo Case. Revista de Gestao Social e

Ambiental, 18(1), 1–17. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n1-

193

Cepi Safruddin Abdul Jabar, D. (2016). Manajemen Pendidikan.

Yogyakarta : UNY Press.

Farihah, U., & Rakasiwi, P. (2020). The effect of self efficacy on students’ motivation and learning outcome of class 8 in build flat

side space material. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1).

https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012069

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social Learning Theory:

Cognitive and Behavioral Approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Holistik (JIPH), 1(3), 297–324.

https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/inde

x https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Kusumaningrum, D. (2017). Pengaruh Fasilitas Belajar Teman Sebaya Terhadap Motivasi Dalam Ekonomi Xi Ips Mayoga.

Jurnal Economia, 6(2), 175–180.

Makhmuri, M., & Andini, N. A. (2020). Pengaruh motivasi belajar

siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. JEMARI

(Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 21–29.

https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.541

Nuratri, Y. W. (2016). Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman

Sebaya, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar

Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1

Minggir. Jurnal Pendidikan Dam Ekonomi, 5(2), 132–142.

Reindl, M. (2021). Peer Group Embeddedness and Academic

Motivation: A Developmental Perspective. Frontiers in

Psychology, 12(September), 1–10.

https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.701600

Sholihat, R. I. (2019). Pengaruh Efektivitas Peraturan Sekolahdan

Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Disiplin Belajar Serta

Implikasinya Pada Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran

IPS (Survey pada SMP Negeri klasifikasi SSN di Kabupaten

Bandung Barat). Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3).

https://doi.org/10.17509/jpp.v15i3.1419

Siregar, E. S., & Tarigan, F. N. (2022). Pengaruh Faktor Fasilitas

Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sdn

060880. Jurnal Eduscience, 9(3), 625–634.

https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3308

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta CV.

Triansari, N., & Widayati, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman

Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kemandirian Belajar

Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XVII(2), 101–116.

https://doi.org/10.21831/jpai.v17i2.28697

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di

Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial

Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam

Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 60–66.

https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2060

Wulandari, C., & Efendi, D. (2021). Pengaruh Profitabilitas

terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel

Moderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 1(2), 128–135.

Downloads

Published

2025-08-03