ANALISIS PENERAPAN INTEGRASI KURIKULUM MERDEKA DAN KURIKULUM PESANTREN DI PP AN-NUR SIDOARJO

Authors

  • Nadila Indah Kurnia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dzulfikar Akbar Romadlon. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29355

Keywords:

Integrasi Kurikulum, Kurikulum Merdeka, Kurikulum Pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan integrasi kurikulum merdeka dan kurikulum pesantren di pondok pesantren (PP) An – Nur Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data, penelitian ini merujuk pada teori integrasi interkoneksi yang dikembangkan oleh Amin Abdullah, yang menekankan pentingnya menghargai keilmuan umum yang sudah ada serta upaya mengintegrasikan segitiga keilmuan: Hadlarah an-nash (teks keagamaan), Hadlarah al-ilm (ilmu pengetahuan), dan Hadlarah al-falsafah (filsafat) sebagai fondasi pendidikan yang komprehensif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan integrasi kurikulum Merdeka dan kurikulum pesantren di PP An-Nur Sidoarjo menunjukkan komitmen untuk menghubungkan ilmu agama dan ilmu umum, meskipun terdapat ketidakseimbangan alokasi waktu antara keduanya. Pondok pesantren ini mengimplementasikan pendekatan integrasi interkoneksi dengan memadukan Hadlarah an-nash (pemahaman teks keagamaan), Hadlarah al-ilm (pengetahuan umum), dan Hadlarah al-falsafah (kemampuan berpikir kritis) dalam setiap mata pelajaran, termasuk yang berkaitan dengan ilmu umum. Meskipun ada tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan fasilitas dan kelelahan pada santri, PP An-Nur Sidoarjo terus berupaya melakukan evaluasi dan perbaikan untuk memastikan kurikulum dapat dioptimalkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmal, M. I. (2024). Pemikiran Amin Abdullah Seputar Integrasi Keilmuan. Fathir: Jurnal Studi Islam, 1(2), 120–136.

Anggini, I. T., Riana, A. C., Suryani, D., & Wulandari, R. (2022). Jurnal Multidisipliner Kapalamada. 1(3), 398–405.

Barlian, U. C., & Solekah, Siti, P. R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Hidayat, M. (2014). Pendekatan Integratif-Interkonektif: Tinjauan Paradigmatik Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dib, 19(02), 276–290.

Hosaini, H., Qomar, M., Kojin, K., & Sibilana, A. R. (2024). Integration of School Curriculum and Islamic Boarding Schools in Preparing the Golden Generation with holistic intelligence. 03001.

Huda, M. N., & Huda, K. (2024). Harmonisasi Agama dan Kemajuan: Manfaat Integrasi Keilmuan Islam dalam Era Kontemporer. Journal of Islamic Education, 10(1), 146–162. https://doi.org/10.18860/jie.v11i1.24012

Iqlima. (2020). Problem Penerapan Kurikulum Mata Pelajaran Umum Pada Pendidikan Kesetaraan Di Pondok Pesantren Salafiyah Se-Kotawaringin Timur .

Jamalia, J., Afif, H. S., & Mansyuri, A. (2021). Intergrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Madrasah di Madrasah Aliyah Al-Machfudzoh Sidoarjo. Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 252–260. https://doi.org/10.15642/jkpi.2021.11.2.252-260

Khozin, Abdul Haris, A. (2021). TADARUS : Jurnal Pendidikan Islam. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 84–94.

Kusumawati, I., & Nurfuadi. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293

Leksono, S., Kualitatif, P., Ekonomi, I., Metode, M., Persada, R., Bab, J., & Eskriptif, A. M. E. D. (2013). Pendekatan deskriptif.

Lucia Maduningtias. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 323–331. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.378

M. Sastrapratedja, S. J. (2013). Islam, Agama-agama dan Nilai Kemanusiaan. In Islam, Agama-agama, dan Nilai Kemanusiaan: Feschrift untuk M. Amin Abdullah.

Machendrawaty, N. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren di Madrasah Aliyah. 2.

Mardiansyah, A. dan D.A. Romadlon (2024). Pembinaan Kedisiplinan Santri Secara Humanistik di Pondok Pesantren An-Nur, Jurnal PAI Raden Fatah, 6(3), 820-830. https://doi.org/10.19109/pairf.v6i3.24224

Masyitoh, D. (2020). Amin Abdullah dan Paradigma Integrasi-InterkoneksI. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 4(1), 81. https://doi.org/10.30595/jssh.v4i1.5973

Natalia Aristina Dewi, Ifana Sari, Y., & Ba’diya Kusufa, R. A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Tema Kebhinekaan Global Dengan Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) Di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Malang, ( Studi Deskripsi Di Sekolah Menengah. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(2), 155–162. https://doi.org/10.21067/jppi.v17i2.9183

Ningsih, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik. Didaktia : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 144. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i1.5326

Nugraha, A., Ihsani, A. F. A., Pradana, H. H., & Hariri, M. M. (2022). Integration of The K13 Curriculum and Islamic Boarding School with Implementation in Madrasah Tsanawiyah Fadllillah Tambak Sumur Waru Sidoarjo. Komunikasi Penyiaran Islam, 7(2), 458–471. http://www.jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant

Romadlon, Dzulfikar Akbar, Biyanto. (2023). Indonesian Salafist Interpretation of Anthropomorphism Verses on YouTube. Tsaqafah, 19(2), 289-313, https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v19i2.8846

____, P. Handayani. (2024). Tracing the Quality of the Sanad in Hadith Learning Using al-Maktabah al-Shāmilah Application. Procedia of Social Sciences and Humanities 5, 42-51, https://doi.org/10.21070/pssh.v5i.490

____, Istikomah, B. Haryanto (2023 A), Developing Progressive Islamic Aqidah Teaching Materials For Middle School Students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(3), 681-698. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i3.3335

_____, Istikomah, B. Haryanto (2023 B), Progressive Islamic teaching and learning: Integrating knowledge and practice for societal advancement. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 14 (2), https://doi.org/10.21070/ijccd.v14i2.962

Sahrandi, S., & Bahri, S. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), 100–108. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6712

Sunaryo, H., & Chamisijatin, L. (2009). Pengembang Dan Strategi Pengembangan Kurikulum Sekolah. Jurnal Pendidikan, Unit 5, 1–26.

Syafi’i, M. P. (2022). Integrasi ilmu agama dan ilmu umum pada lembaga pendidikan islam (studi kasus di pondok pesantren al-muhajirin purwakarta). 32–67.

Turiansyah, M., & Mila Hasanah, S. (2024). Makna Kurikulum dalam Perspektif Islam: Implikasinya terhadap Pendidikan dan Pengajaran. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(3), 698–711.

Ummi Salamah, Yuni Listiyani, & Mustafiyanti Mustafiyanti. (2024). Analisis Konsep Dan Struktur Kurikulum Merdeka Dan Merdeka Belajar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(2), 123–129. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i2.3234

Wantiana, I., & Mellisa, M. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461–1465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149

Downloads

Published

2025-08-03