UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SCHEMA BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN PONDOK KELAPA 05 PAGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29323Keywords:
Schema-Based Instruction (SBI), Soal Cerita, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanpenyelesaian soal cerita matematika menggunakan metode Schema BasedInstruction pada kelas IV SDN Pondok Kelapa 05 Pagi. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis datadilakukan pada setiap kegiatan refleksi, yaitu tanya jawab dan diskusi antara penelitiatau pelaksana tindakan dengan observer. Data yang dianalisis berupa hasilevakuasi siswa setiap akhir siklus dan instrument pemantauan tindakan yang telahdiisi. Penerapan metode Schema-Based Instruction dalam pembelajaranmatematika terbukti memberikan dampak positif yang substansial. Peningkatankemampuan penyelesaian soal cerita matematika siswa tercermin dari hasil tesevaluasi. Meskipun pada siklus I persentase ketuntasan masih 28% (9 siswa) danpada siklus II meningkat menjadi 59,3% (19 siswa) namun belum mencapai target, pada siklus III terjadi peningkatan drastis menjadi 75% dengan 24 siswa yangtuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SchemaBased Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian soal ceritamatematika pada materi pengukuran luas dan volume siswa kelas IV SDN PondokKelapa 05 Pagi JakartaDownloads
References
Atkins, S. L. (2018). Making Sense of
Word Problems. Creating a
Language-Rich Math Class, 85–97.
https://doi.org/10.4324/9781315689
753-9Darmayasa, J. B., Wulandari, S., &
Ervana, L. (2023). Matematika
dalam Kurikulum SMK Pasca
Pandemi Covid-19. Jurnal
Pembelajaran Matematika Inovatif,
6(3), 913–924.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.1
7112
Gagne, R. M. (1970). Learning Theory,
Educational Media, and
Individualized Instruction. 1970, h.
1-23.
https://eric.ed.gov/?id=ED039752
Kemdikbud. (2021). Apa itu rapor
pendidikan.
https://pusatinformasi.raporpendidik
an.kemdikbud.go.id/hc/en-
us/articles/6545029651609-Tentang-
Rapor-Pendidikan-dan-Rapor-Mutu
Ramdani, R. (2024). Pengembangan
Model Pembelajaran
Ethnomathematics Realistik untuk
Menumbuhkan Kemampuan
Pemecahan Soal Cerita pada Siswa
SMP. Scientia, 3(2), 85–94.
https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.2
87
Riley, M. S. (1984). Development of
children’s problem-solving ability in
arithmetic. National Institute ofEducation.
Öztürk, M., Akkan, Y., & Kaplan, A.
(2020). Reading comprehension,
Mathematics self-efficacy
perception, and Mathematics
attitude as correlates of students’
non-routine Mathematics problem-
solving skills in Turkey.
International Journal of
Mathematical Education in Science
and Technology, 51(7), 1042–1058.
https://doi.org/10.1080/0020739X.2
019.1648893
Powell, S. R. (2011). Solving Word
Problems Using Schemas: A Review
of the Literature. Learning
Disabilities Research & Practice,
26(2), 94–108.
https://doi.org/10.1111/j.1540-
5826.2011.00329.x
Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka
Ramadhan, Bandung. Analisis Data
Kualitatif, 1, 180.
https://core.ac.uk/download/pdf/228
075212.pdf
Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J.,
& Van Dooren, W. (2020). Word
problems in mathematics education:
a survey. ZDM - Mathematics
Education, 52(1), 1–16.
https://doi.org/10.1007/s11858-020-
01130-4
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.