Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Media TIK dalam Kegiatan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar 99 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29207Keywords:
Teacher Perception, ICT Media, Mathematics Learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru serta mengidentifikasi kendala dan manfaat dari pemanfaatan media tersebut. Latar belakang penelitian ini dilandasi dengan pemanfaatan media pembelajaran sangat penting untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat penggunaan media TIK dalam proses pembelajaran matematika yang dikenal abstrak dan menantang bagi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari enam orang guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru memiliki persepsi positif terhadap penggunaan media TIK, yang dinilai dapat mempermudah penyampaian materi, meningkatkan minat belajar siswa, dan membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Namun demikian, beberapa kendala juga diidentifikasi, seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan, serta keterbatasan akses internet. Meskipun terdapat hambatan, guru menyadari bahwa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi bagi guru untuk meningkatkan penggunaan media TIK dalam pembelajaran matematika siswa di Sekolah Dasar. Kata kunci : Persepsi Guru, Media TIK, Pembelajaran Matematika.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Sumber & Media Pembelajaran di SD. Kudus : Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Fahmi, D. (2021). Persepsi: Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Konstraksi Berpikir Kita Anak Hebat Indonesia.
Fahmi,D. (2021). PERSEPSI (Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Kontruksi Belajar Kita). Yogyakarta : ANAK HEBAT INDONESIA.
Hana, Y., Wahyu K, S., Utami, R., Wijayanti, L., Wilda, A., & Najikhah, F. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Iv Sdn 3 Karangbener. ADIJAYA Jurnal Multidisiplin, 01, 481–489. Vol.01 https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj
Mandasari, D., Rahman, K., & Faishol, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire. Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Islam, 13(1).
Melati, P. E., Oktavianus, R., Agustina, S., Widiyastuti, I., Harin, Z., & Najikhah, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Panjurang Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sd 1 Prambatan Kidul. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surabaya, 579–586.
Mohammad Salehudin, H. J. S. (2020). Penggunaan Multimedia Berbasis Teknologi bagi Pendidikan Profesi Guru (Ppg): Analisis User Experience (UX). Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Nissa, A. D. A., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., Ahmad, & Solikin, A. (2021). Development of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1).
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(02), 425–436. Https://Doi.Org/10.34005/Akademika.V10i02.1406.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2020.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umami, R. R., Utaminingsih, S., & Riswari, L. A. (2024). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media ARCA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 325–333.
Zulfa, L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep Matematika
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.