METODE PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR DALAM AJARAN ISLAM

Authors

  • Budi Johan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Alvira Febriana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Anita Yulia Safitri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Hanna Yasmin Shupaeroh Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Marsha Atika Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka
  • Sipaus Sa'adah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.29204

Keywords:

islamic teachings, children's education, character building

Abstract

Children's education in Islamic teachings is very important to form noble character and morals from the age of elementary school to 7-12 years. This article discusses the method of Islamic education for children elementary school, the role of the family as the main educator, the concept of children's education in the Qur'an and Hadith, methods and approaches to Islamic education, and its relevance in shaping children's character in the modern era. This study uses a type of qualitative research with a literature study approach (library research) to analyze various scientific and religious sources related to children's education in Islam. The results show that Islamic education from the elementary school age, which is 6-12 years old, is very effective in forming the foundation of children's faith, morals, and character, as well as helping them face the challenges of the times.   Metode pendidikan anak Sekolah Dasar dalam ajaran Islam sangat penting untuk membentuk karakter dan akhlak mulia sejak usia sekolah dasar 7-12 tahun. Artikel ini membahas metode pendidikan Islam pada anak sekolah dasar, konsep pendidikan anak dalam Al-Qur’an dan Hadits, metode serta pendekatan pendidikan Islam, serta relevansinya dalam membentuk karakter anak di era modern. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur (library research) untuk menganalisis berbagai sumber ilmiah dan keagamaan terkait pendidikan anak dalam Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa pendidikan Islam sejak usia sekolah dasar yaitu 6-12 tahun sangat efektif dalam membentuk fondasi keimanan, moral, dan karakter anak, serta membantu mereka menghadapi tantangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustriani, D., & Fauziyah, L. A. (2022). Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Menuju Insan Kamil Perspektif Ary Ginanjar Agustian. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 6(2), 121–136. https://doi.org/10.30762/happiness.v6i2.557

Besari, A. (2022). Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak. Besari, Anam, 13(1), 165.

Chasanah Abidatul. (2019). Anak Usia Dini Dalam Pandangan Al-Quran, Al-Hadist Serta Pendapat Ulama. Mafhum ( Jurnal Ilmu Al-Qu’ran Dan Tafsir Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir), 4(1), 1–8. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/1610/1286

Dewi, W. C., Balqis, A. F., Wahid, M. N., Sagita, I. N., & Sulaiman, M. S. (2024). IMPLEMENTASI PERKEMBANGAN MORAL DAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 7, 11859–11865.

Dikdayanto, R. R., & Hariyanto, D. (2024). Persepsi Orang Tua tentang Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar. Journal of Technology and System Information, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i2.2494

Irfan, A., Karimah, U., Ayuhan, Risdianto, Amriani, Husna, N., & Jannah, N. N. (2023). Konsep Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an (Analisis Tafsir Tarbawi Q.S. Luqman Ayat 12-15). Al-Burhan, 1, 299–309.

Kholida, N. M., & Satria, R. (2021). Peran Kegiatan Pengajian Sebagai Wadah Pelaksanaan Pendidikan Islam Berbasis Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3825–3830.

Kurniawan, W., Mulyanto, A. W., & Zen, B. Y. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Kurikulum Nasional : Tantangan dalam Konteks Pendidikan di Indonesia. 2.

Lubis, Z., Ariani, E., Segala, S. M., & Wulan, W. (2023). Pendidikan Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Anak. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 92–106. https://doi.org/10.56832/pema.v1i2.98

Maghfiroh Lailatul. (2024). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Menurut Imam AL-GHAZALI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 53–67.

Mighfar, S. (2023). Islamic Parenting Perspektif Imam Al-Ghazali. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2972

Rostitawati. (2016). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 44–54. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/1132

Sabri, R. (2019). URGENSI PENDIDIKAN AGAMA DALAM K ELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK. TRANSFORMASI: Jurnal Kepemimpinan Dan Pendidikan Islam, 3 No. 1, 58–72.

Uksan, A. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BANGUN PERADABAN UMAT. Jejak Publisher.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Wismawati, Kamila, et al. (2023). Transformasi Budaya Permainan Tradisional Ke Game Online Pada Remaja di Desa Wonosari Kabupaten Jember. Jurnal Sosial Terapan, 1(1).

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)