PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENCEGAH EKSPLOITASI ANAK USIA DINI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI PAUD BINTANG RANGGASOLO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29182Keywords:
Eksploitasi Anak, Peran Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, PAUDAbstract
Eksploitasi anak dalam dunia pendidikan merupakan masalah yang sering kali tidak
disadari oleh keluarga, terutama dalam bentuk tekanan akademik atau pemberian
tanggung jawab yang tidak sesuai usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji
peran lingkungan keluarga dalam mencegah eksploitasi anak usia dini di PAUD
Bintang Ranggasolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan
orang tua, serta penyebaran kuesioner kepada wali murid dan guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua belum memahami secara utuh
bentuk eksploitasi anak dalam konteks pendidikan. Banyak orang tua yang, tanpa
disadari, membebani anak dengan tugas atau tekanan belajar yang berlebihan.
Namun, setelah adanya sosialisasi dari pihak sekolah dan keterlibatan dalam
kegiatan parenting, pemahaman orang tua mulai mengalami perubahan.
Lingkungan keluarga yang terbuka, mendukung, dan memperhatikan kebutuhan
perkembangan anak terbukti berperan penting dalam mencegah eksploitasi
Kesimpulannya, keluarga memiliki peran utama dalam memberikan perlindungan
kepada anak dari eksploitasi, dengan cara memahami kebutuhan anak sesuai tahap
usianya, memberikan waktu bermain yang cukup, serta menghindari tuntutan
berlebihan dalam aspek pendidikan. Upaya edukasi dan pendampingan kepada
orang tua perlu terus dilakukan agar hak-hak anak usia dini dapat terjaga dengan
baik.
Downloads
References
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020).
Pengaruh lingkungan keluarga
terhadap perkembangan sosial
Emosional Anak Usia
Dini. SELING: Jurnal Program
Studi PGRA, 6(1), 84-88.
Wahidin, U. (2021). Peran strategis
keluarga dalam pendidikan
anak. Edukasi Islami: Jurnal
Pendidikan Islam, 1(02), 1-9.
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S.
B., & Saputra, A. A. (2020).
Pengaruh lingkungan keluarga
dan lingkungan sekolah terhadap
prestasi belajar siswa. Syntax
Literate; Jurnal Ilmiah
Indonesia, 5(8), 555.
Zutema, A. K. S., & Nurwati, N. (2020).
Hubungan Eksploitasi Anak
Dalam Perspektif Hak Asasi
Manusia Dengan Tingkat
Kematian Anak. Focus: Jurnal
Pekerjaan Sosial, 3(2), 91-109.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















