PERAN LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MENCEGAH EKSPLOITASI ANAK USIA DINI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI PAUD BINTANG RANGGASOLO

Authors

  • Mardiantu Rahmah Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ihlas, Ade S Anhar Universitas Muhammadiyah Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.29182

Keywords:

Eksploitasi Anak, Peran Keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD

Abstract

Eksploitasi anak dalam dunia pendidikan merupakan masalah yang sering kali tidak

disadari oleh keluarga, terutama dalam bentuk tekanan akademik atau pemberian

tanggung jawab yang tidak sesuai usia anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji

peran lingkungan keluarga dalam mencegah eksploitasi anak usia dini di PAUD

Bintang Ranggasolo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif

dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan

orang tua, serta penyebaran kuesioner kepada wali murid dan guru. Hasil penelitian

menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua belum memahami secara utuh

bentuk eksploitasi anak dalam konteks pendidikan. Banyak orang tua yang, tanpa

disadari, membebani anak dengan tugas atau tekanan belajar yang berlebihan.

Namun, setelah adanya sosialisasi dari pihak sekolah dan keterlibatan dalam

kegiatan parenting, pemahaman orang tua mulai mengalami perubahan.

Lingkungan keluarga yang terbuka, mendukung, dan memperhatikan kebutuhan

perkembangan anak terbukti berperan penting dalam mencegah eksploitasi

Kesimpulannya, keluarga memiliki peran utama dalam memberikan perlindungan

kepada anak dari eksploitasi, dengan cara memahami kebutuhan anak sesuai tahap

usianya, memberikan waktu bermain yang cukup, serta menghindari tuntutan

berlebihan dalam aspek pendidikan. Upaya edukasi dan pendampingan kepada

orang tua perlu terus dilakukan agar hak-hak anak usia dini dapat terjaga dengan

baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020).

Pengaruh lingkungan keluarga

terhadap perkembangan sosial

Emosional Anak Usia

Dini. SELING: Jurnal Program

Studi PGRA, 6(1), 84-88.

Wahidin, U. (2021). Peran strategis

keluarga dalam pendidikan

anak. Edukasi Islami: Jurnal

Pendidikan Islam, 1(02), 1-9.

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S.

B., & Saputra, A. A. (2020).

Pengaruh lingkungan keluarga

dan lingkungan sekolah terhadap

prestasi belajar siswa. Syntax

Literate; Jurnal Ilmiah

Indonesia, 5(8), 555.

Zutema, A. K. S., & Nurwati, N. (2020).

Hubungan Eksploitasi Anak

Dalam Perspektif Hak Asasi

Manusia Dengan Tingkat

Kematian Anak. Focus: Jurnal

Pekerjaan Sosial, 3(2), 91-109.

Downloads

Published

2025-06-29