Studi Literatur: Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Media Games Kahoot Di SD
Studi Literatur: Analisis Kemampuan Pemahaman Siswa Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Media Games Kahoot Di SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29168Keywords:
Kemampuan Pemahaman matematika, operasi hitung campuran bilangan bulat, media games kahootAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman siswa materi operasi hitung campuran bilangan bulat melalui media games kahoot di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur (literatur review) yang memanfaatkan referensi dari jurnal nasional, artikel ilmiah, serta skripsi menggunakan 10 jurnal dan artikel sumber data yang dikumpulkan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dan kesulitan yang dihadapi siswa sebanyak 88,5% dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal operasi hitung, khususnya yang berkaitan dengan bilangan bulat negatif, operasi campuran, soal cerita, dan penggunaan garis bilangan. Pemahaman siswa terhadap materi ini melalui media games interaktif kahoot dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Peneliti merekomendasikan beberapa solusi untuk mengatasi kesulitan siswa, yaitu dengan menyajikan soal-soal yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, memperkuat pemahaman konsep operasi hitung campuran bilangan bulat, mengenalkan media pembelajaran yang tepat, pemerintah memberikan panduan praktis bagi para pendidik dalam mengimplementasikan teknologi gamifikasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta memanfaatkan permainan interaktif berbasis teknologi agar proses belajar matematika menjadi lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa.Downloads
References
Arummega, Melati Nur, Alfiah Rahmawati, and Arum Meiranny. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III: Literatur Review.” Oksitosin : Jurnal Ilmiah Kebidanan 9(1): 14–30.
Debi, Ririn Widiyasari. 2025. “Pengaruh Model Game-Based Learning Berbatuan Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” 8(April).
Dyah Pitaloka, Yuniyan, and Bambang Eko Susilo. 2022. “KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA.” 1(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme.
Elma Batasia Siregar, Nur Hidayah Br. Karo, Daniel Samosir, Waminton Rajagukguk. 2024. “KUALITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DI INDONESIA.” 12(2): 34–50.
ENDINI, MAULIDA ISNAINI. 2023. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN.” : 1–23.
Fani Nur Anggita, Adhiba Anis Safitri, Fariza Putri Nabila, Amelia Khoiruna. 2025. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN NYORMANIS 2.” 10(4): 1–23.
Hanissa Wandansari Sihombing. 2024. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran.” 1(2): 685–91.
Hidayat, Irwan, Anik Supriani, Agung Setiawan, and Adyanata Lubis. 2023. “Implemantasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Dengan Siswa SMP Negeri 1 Kunto Darussalam.” Journal on Education 6(1): 6933–42.
Juliani, Rezki Putri, Selvia Erita, and Reri Seprina Anggraini. 2025. “Penggunaan Media Pembelajaran Kahoot ! Berbasis Game Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” 09(March): 628–41.
Lale Yasmin, Ida Ermiana, Vivi Rachmatul Hidayati3. 2023. “ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VI DI SDN 1 KUTA.” Sustainability (Switzerland) 11(1): 1–14.
Nur, Iin, Indah Rahmawati, Nurul Manzilatul Uliya, and Samsul Susilawati. 2024. “MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR : STUDI LITERATUR.” 7.
Parni. 2024. “Faktor Internal Dan Eksternal Pembelajaran.” Tarbiya Islamica 5(1): 17–30.
Permendiknas. 2024. “PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006.” 13(Ii): 166–73.
Rahmah, Nur. 2022. “Hakikat Pendidikan Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1(2): 1–10.
Sari, Pramitha. 2022. “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI.” Jurnal Gantang 2(1): 41–50.
Shafira Yaumil Alin, Heni Pujiastuti. 2022. “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN DARING.” 11(August): 1072–80.
Sholihah, Durrotus, Eko Andy Purnomo, Abdul Aziz, and Dwi Ampuni. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Pisa Konten Ruang Dan Bentuk Dengan Prosedur Newman Ditinjau Dari Kecerdasan ….” Seminar Nasional Edusainstek: 221–30.
Stiadi, Elwan, Fitriani Fitriani, and Ari Putra. 2023. “Analisis Kesalahan Siswa Terkait Aspek Communication, Mathematising , Dan Representation Pada Unsur Proses Literasi Matematis Pisa.” JTMT: Journal Tadris Matematika 4(1): 66–75.
Suprabawa, N, and I M Suarjana. 2020. “Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat.” Mimbar Pgsd … 7(1): 37–43.
Tarbiyah, Fakultas, D A N Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-raniry, and Banda Aceh. 2023. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp.”
Unaenah, Een et al. 2020. “ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN GARIS BILANGAN.” 2: 296–310.
Yanala, Novrianus Christian, Hamzah B Uno, and Abas Kaluku. 2021. “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Di SMP Negeri 4 Gorontalo.” Jambura Journal of Mathematics Education 2(2): 50–58.
Zulfah, Ummu, Kukuh Setiyorini, and Arif Widagdo. 2024. “PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 5 SDN ROWOSARI 02 SEMARANG MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TaRL) INTEGRASI DENGAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTU MEDIA INTERAKTIF KUIS.” Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional: 1210–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.