UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN JIWAN 02 PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI ATURAN DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN BANTUAN MEDIA FLIPBOOK

Authors

  • Renzy Dwi Mawarni Universitas PGRI Madiun
  • Firliana Angela Maulidina Universitas PGRI Madiun
  • Nurul Fitriani Universitas PGRI Madiun
  • Melik Budiarti Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29163

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, STAD, Flipbook

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Jiwan 02, dimana menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN Jiwan 02 pada mapel Pendidikan Pancasila khususnya pada materi Aturan di Lingkungan Sekitar masih tergolong rendah atau masih jauh dibawah KKM. Sebanyak  9 dari 12 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, atau sekitar 75% siswa masih dibawah KKM yang telah ditentukan. Salah satu penyebabnya yaitu model dan media yang digunakan saat pembelajaran masih belum menarik. Salah satu langkah solutif yang bida digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan dengan media Flipbook dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Jiwan 02 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dengan media flipbook pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi aturan di lingkungan sekitar. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas 4 yang berjumlah 12 siswa. Hasil belajar yang diperoleh pada saat pelaksanaan tindakan kelas mengalami peningkatan dari pra-siklus hingga siklus II. Dengan jumlah ketuntasan dari 75% menjadi 100%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Flipbook dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Dwi Pratiwi, A. E. (2023). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPS di Semua Tingkat Pendidikan Formal (SD, SMP dan SMA). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 606-617.

Amilatus Sholihah, R. Y. (n.d.). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR.

Andika Dinar Pamungkas, F. K. (2018). MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS 4 SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 287-293.

Andriyani Afliyanti Dua Lehan, M. S. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA FLIPBOOK BERBASIS MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi.

Dony Apriatama, M. C. (2022, Maret). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Tambuleng, 2.

Downloads

Published

2025-08-04

Most read articles by the same author(s)