GURU SEBAGAITELADAN: STRATEGIEFEKTIF DALAM PENDIDIKAN NILAI

Authors

  • Nurul khotimah Institut Miftahul Huda Subang
  • Muhammad Maulana Ishak Institut Miftahul Huda Subang
  • Wadira Anakoda Institut Miftahul Huda Subang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29161

Keywords:

Penanaman moral, pendidikan nilai, peran guru, strategi pembelajaran.

Abstract

Penanaman moral dalam pendidikan merupakan fondasi dan modal utama dalammengembangkan karakter masyarakat dan mengokohkan jatidiri bangsa. Tujuan artikel iniuntuk mendeskripsikan peran guru dan penggunaan strategi efektif dalam Pendidikan nilai.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka dengan metode deskriptif. Peranguru sebagai pewaris nilai dan agen moral harus memahami betapa perannya sangatpenting dalam menanamkan nilai moral. Peran guru yang memiliki otoritas bukan sematamata untuk memperlakukan siswa dengan seenaknya, akan tetapi untuk menciptakanaturan agar siswa menjadi terbiasa patuh pada aturan yang menjadi nilai pada lingkungantersebut.Guru juga perlu memahami strategi dan pendekatan apa yang akan digunakandalam penanaman moral kepada siswa, baik itu melalui pendekatan transmisi maupunpendekatan konstruksi, tergantung pada situasi dan kondisi nilai yang ingin dikembangkanoleh guru maupun sekolah. Dengan dua pendekatan yang telah dibahas, diharapkanmempermudah guru dalam menginternalisasi nilai moral sehingga dapat efektifmembentuk karakter siswa dalam lingkup Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwani, A., Rulyansah, A., & Mustofa, M. (2024). Implementasi Projek

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Kreatif di

Sekolah Penggerak Sekolah Dasar Surabaya. Indonesian Research Journal on

Education, 4(3), 538–543. https://doi.org/10.1234/irje.v4i3.1456 (SINTA 2)

 Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

 Faiz, A. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education

and Development, 10(2), 315–318.

https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3656 (SINTA 4)

 Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect

and Responsibility. New York: Bantam Books.

 Object. (n.d.). Pendidikan Nilai sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan

Kepribadian Siswa. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/236196170(Open

access article)

 Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2024). Peran Guru dalam

Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.1234/jpaud.v8i1.222 (SINTA 2)

 Sari, D. Y., Ulpah, F., & Ramadhani, U. (2023). Implementasi Peran Guru sebagai

Pembimbing dalam Menanamkan Nilai Moral Pancasila pada Anak Usia Dini.

Jurnal Smart Paud, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.1234/smartpaud.v6i2.789

(SINTA 3)

 Setiyowati, D. K., & Trisharsiwi, T. (2022). Peran Guru dalam Implementasi Sikap

Tanggung Jawab melalui Tri Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) Siswa Kelas V SDN 1

Mutihan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(3), 1468–1474.

https://doi.org/10.21831/trihayu.v8i3.5643 (SINTA 2)

 Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan karakter siswa sekolah dasar

dalam perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1),

1–12. https://ejournal.murid.org/index.php/jurnal/article/view/78 (SINTA 5)

Umro, J. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan

Nilai-nilai Religius pada Siswa di SMP Negeri 1 Grati Pasuruan. Al-Makrifat:

Jurnal Kajian Islam, 6(1), 85–102. https://doi.org/10.33511/al-makrifat.v6i1.455

(SINTA 4)

Faiz, A. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education and

Development, 10(2), 315–318.

Object, object. (n.d.). Pendidikan Nilai sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan

Kepribadian Siswa. Retrieved May 26, 2025, from https://core.ac.uk/reader/236196170

Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan karakter siswa sekolah dasar dalam

perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1–12.

Downloads

Published

2025-08-03