GURU SEBAGAITELADAN: STRATEGIEFEKTIF DALAM PENDIDIKAN NILAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29161Keywords:
Penanaman moral, pendidikan nilai, peran guru, strategi pembelajaran.Abstract
Penanaman moral dalam pendidikan merupakan fondasi dan modal utama dalammengembangkan karakter masyarakat dan mengokohkan jatidiri bangsa. Tujuan artikel iniuntuk mendeskripsikan peran guru dan penggunaan strategi efektif dalam Pendidikan nilai.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka dengan metode deskriptif. Peranguru sebagai pewaris nilai dan agen moral harus memahami betapa perannya sangatpenting dalam menanamkan nilai moral. Peran guru yang memiliki otoritas bukan sematamata untuk memperlakukan siswa dengan seenaknya, akan tetapi untuk menciptakanaturan agar siswa menjadi terbiasa patuh pada aturan yang menjadi nilai pada lingkungantersebut.Guru juga perlu memahami strategi dan pendekatan apa yang akan digunakandalam penanaman moral kepada siswa, baik itu melalui pendekatan transmisi maupunpendekatan konstruksi, tergantung pada situasi dan kondisi nilai yang ingin dikembangkanoleh guru maupun sekolah. Dengan dua pendekatan yang telah dibahas, diharapkanmempermudah guru dalam menginternalisasi nilai moral sehingga dapat efektifmembentuk karakter siswa dalam lingkup Pendidikan.Downloads
References
Akhwani, A., Rulyansah, A., & Mustofa, M. (2024). Implementasi Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Kreatif di
Sekolah Penggerak Sekolah Dasar Surabaya. Indonesian Research Journal on
Education, 4(3), 538–543. https://doi.org/10.1234/irje.v4i3.1456 (SINTA 2)
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Faiz, A. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education
and Development, 10(2), 315–318.
https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3656 (SINTA 4)
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect
and Responsibility. New York: Bantam Books.
Object. (n.d.). Pendidikan Nilai sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan
Kepribadian Siswa. Retrieved from https://core.ac.uk/reader/236196170(Open
access article)
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2024). Peran Guru dalam
Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.1234/jpaud.v8i1.222 (SINTA 2)
Sari, D. Y., Ulpah, F., & Ramadhani, U. (2023). Implementasi Peran Guru sebagai
Pembimbing dalam Menanamkan Nilai Moral Pancasila pada Anak Usia Dini.
Jurnal Smart Paud, 6(2), 89–100. https://doi.org/10.1234/smartpaud.v6i2.789
(SINTA 3)
Setiyowati, D. K., & Trisharsiwi, T. (2022). Peran Guru dalam Implementasi Sikap
Tanggung Jawab melalui Tri Nga (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) Siswa Kelas V SDN 1
Mutihan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(3), 1468–1474.
https://doi.org/10.21831/trihayu.v8i3.5643 (SINTA 2)
Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan karakter siswa sekolah dasar
dalam perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1),
1–12. https://ejournal.murid.org/index.php/jurnal/article/view/78 (SINTA 5)
Umro, J. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan
Nilai-nilai Religius pada Siswa di SMP Negeri 1 Grati Pasuruan. Al-Makrifat:
Jurnal Kajian Islam, 6(1), 85–102. https://doi.org/10.33511/al-makrifat.v6i1.455
(SINTA 4)
Faiz, A. (2022). Peran guru dalam pendidikan moral dan karakter. Jurnal Education and
Development, 10(2), 315–318.
Object, object. (n.d.). Pendidikan Nilai sebagai Suatu Strategi dalam Pembentukan
Kepribadian Siswa. Retrieved May 26, 2025, from https://core.ac.uk/reader/236196170
Tira, Y., Suwandi, I., & Rifki, M. (2024). Pendidikan karakter siswa sekolah dasar dalam
perspektif Islam. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 2(1), 1–12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.