ANALISIS PEMAHAMAN KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SUDUT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM DARING DI KELAS IV B SDN PINTUKISI

Authors

  • Dini Nuraeni PGSD UMMI
  • Din Azwar Uswatun PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2915

Keywords:

Analisis, Pemahaman Kognitif, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan pemahaman kognitif matematika pada materi “sudut” ketika menggunakan video pembelajaran dengan sistem daring di kelas IV B SDN Pintukisi Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan Conclusion Drawing/Verification. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV B tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman kognitif matematika pada materi sudut, 2 orang siswa mendapatkan nilai tertinggi dan 12 orang siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman kognitif matematika siswa kelas IV B berdasarkan indikator pertama dapat dikategorikan tinggi, indikator kedua dikategorikan tinggi,dan indikator ketiga dapat dikatakan sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50.

Ahmad. (2014). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pelajaran IPS Melalui Model Pembelajaran Picture. Jurnal Pendidikan, 1(2), 34–41.

Amalia, D., & Wahyudi, I. (2019). Matematika 4 untuk Tingkat SD (1st ed.). Depok: DAR EL ILM LI AWLAD.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (E. D. Lestari, ed.). Kabupaten Sukabumi: CV Jejak.

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.

Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring (1st ed.). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137.

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(01), 17–25.

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai (1st ed.). Jakarta: KENCANA.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. In Walisongo Journal of Information Technology (Vol. 1).

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 37–41.

Rohmatun, Y. (2019). Asyiknya Belajar Pengukuran Garis dan Sudut (D. Supriyono & U. Widuri, Eds.). Semarang: ALPARIN.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif (1st ed.). Yogyakarta: DEPUBLISH.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sma Ii. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 57–71.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.

Downloads

Published

2020-07-04