ANALISIS PEMAHAMAN KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SUDUT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM DARING DI KELAS IV B SDN PINTUKISI

  • Dini Nuraeni PGSD UMMI
  • Din Azwar Uswatun PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan pemahaman kognitif matematika pada materi “sudut” ketika menggunakan video pembelajaran dengan sistem daring di kelas IV B SDN Pintukisi Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data yang digunakan adalah menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan Conclusion Drawing/Verification. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV B tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman kognitif matematika pada materi sudut, 2 orang siswa mendapatkan nilai tertinggi dan 12 orang siswa mendapatkan nilai kurang dari KKM. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman kognitif matematika siswa kelas IV B berdasarkan indikator pertama dapat dikategorikan tinggi, indikator kedua dikategorikan tinggi,dan indikator ketiga dapat dikatakan sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 4, 2020
How to Cite
NURAENI, Dini; AZWAR USWATUN, Din; NURASIAH, Iis. ANALISIS PEMAHAMAN KOGNITIF MATEMATIKA MATERI SUDUT MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM DARING DI KELAS IV B SDN PINTUKISI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 61 - 75, july 2020. ISSN 2548-6950. Available at: <https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/2915>. Date accessed: 21 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.23969/jp.v5i1.2915.