IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DAN PENANGANAN GURU SERTA KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA KEMBAR KARYA I

Authors

  • kitri aprida Universitas Negeri Jakarta
  • Adilah riza anindya Universitas Negeri Jakarta
  • Afifah ambaryanti Universitas Negeri Jakarta
  • Alya jenny firmansyah Universitas Negeri Jakarta
  • Annissa nur afifah Universitas Negeri Jakarta
  • Dilla nurul aulia Universitas Negeri Jakarta
  • Kharisma Nurrohimah Universitas Negeri Jakarta
  • Wianda vinka virgie Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29128

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa, Observasi

Abstract

Dalam identifikasi siswa anak berkebutuhan khusus merupakan langkah utama dalam membuktikan penyediaan pendidikan yang baik dan tepat. Proses mengidentifikasi menyertakan pengamatan terhadap berbagai karakteristik fisik, kognitif, emosional, dan sosial yang unik dari anak pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi siswa di Sekolah Luar Biasa Kembar Karya I, Perumnas Klender. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, meliputi observasi langsung dan wawancara kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini dapat membantu sekolah menciptakan lingkungan belajar yang baik dan mendukung. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara pihak sekolah dan keluarga dalam mendukung perkembangan dan kesejahteraan anak. Pemahaman yang meluas tentang kebutuhan siswa ABK, diharapkan pendidikan bisa merata dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Nandiyah. 2013. “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus.” Magistra 25 (86): 1– 10

Hafiansyah, M. B., & Rasyidina, Y. G. (2024). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dan cara penanganan guru kepada anak berkebutuhan khusus serta kebijakan kepala sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1142

Hasanah, I. M., Puspitasari, W. P., Husnah, F. M., Rahmiati, & Meilani, S. F. (2025). Assesmen Awal Berdasarkan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1385–1391. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2832

Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. QUALITY: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 6(1), 1–15. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/5744/3660

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-11-09