HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN 101786 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29117Keywords:
Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Ddasar, Hubungan KorelasionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi dan prestasi, serta signifikansi hubungan keduanya pada aktivitas belajar siswa di SDN 101786 pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan digunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek penelitian berjumlah 87 siswa kelas IV-VI. Data diperoleh melalui angket yang mengukur motivasi belajar dan nilai rapor yang berfungsi sebagai indikator prestasi belajar. Analisis menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya keterkaitan motivasi belajar dengan prestasi akademik, dilihat dari nilai korelasi (r) sebesar 0,862 dan signifikansi (2-tailed) adalah 0,000, yang kurang dari nilai signifikansi 0,05. Koefisien determinasi (r²) adalah 0,743 menandakan penyebab kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi akademik adalah sebesar 74,3%. Ini mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi siswa akan diikuti oleh peningkatan prestasi belajar mereka. Temuan ini didukung oleh berbagai teori motivasi seperti yang diungkapkan oleh Sardiman dan Carl Rogers, serta hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan pengaruh positif motivasi terhadap pencapaian akademik siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi belajar memiliki peran penting yang signifikan dalam meningkatkan keberhasilan akademik di sekolah dasar. Peningkatan motivasi belajar menjadi kunci dalam mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal.Downloads
References
Desy, T. E. L., & Naswan, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.
Eka Wafiani Umi, & Siti Rahmadhani Siregar. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Iv Sdn 14 Bukit Batu. Jurnal Binagogik, 10(2), 187–194. https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.585
Giawa, M., Mahulae, S., Remigius, A., & Silaban, P. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 067245 MEDAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6, 327–332. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.483
Hasyim, M., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., Sultan, J., 36, A. N., & Gowa, S. (2014). Penerapan Fungsi Guru dalam Proses Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265–276. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/556
Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302
Marzuqoh, F., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. (2020). Hubungan Antara Motivasi, Keaktifan, Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Se-Kecamatan Banguntapan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8, 53. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5022
Mustakin, M., Yunus, M., & Hastuti, H. (2022). Pengaruh Motivasi dan Keaktifan terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4, 3067–3075. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2598
NASIONAL), U.-U. S. (SISTEM P. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Records Management Journal, 1(2), 1–15. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/downloaddoi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt
Perni, N. (2019). PENERAPAN TEORI BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 105. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.889
Pratiwi, N., Asri, I. G. A., & Kristiantari, M. G. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2, 192. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15958
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Ridwan, A. (2016). Pendidikan IPS dalam membentuk SDM beradab. JURNAL PENDIDIKAN ILMU SOSIAL, 23. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2060
Sadiman, & S, A. (2020). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Sadirman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
See, S. (2022). Hubungan Antara Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDI Onekore 5 Kabupaten Ende. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.37478/jpe.v7i1.1787
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2022). Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=tvPItQEACAAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Usman, A., Dewi, N., & Indraswati, D. (2023). Bahan Ajar Elektronik Flipbook pada Materi Kegiatan Ekonomi untuk siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9, 1293–1301. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5300
Victorynie, I. (2018). Kompetensi Spiritual Guru Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan yang Komprehensif. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(11), 92–107.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.